Inilah 12 Resolusi Terbaik Pola Hidup Sehat 2018

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Inilah 12 Resolusi Terbaik Pola Hidup Sehat 2018

Survei menemukan sebanyak 12 persen ingin resolusi menjadi orang lebih baik pada 2018. Paling menarik adalah keinginan mereka yang kuat untuk menurunkan berat badan.

Hanya sekitar  7 persen mereka ingin disurvei ingin memperbaiki pola hidup sehat mereka secara menyeluruh. Selain itu,  9 persen resolusi ingin makan lebih sehat, lebih aktif berolahraga dan mendapatkan pekerjaan lebih baik.

Inilah beberapa rencana pola hidup sehat 2018. Bagi yang mungkin bingung harus memulai dari mana untuk hidup sehat, Anda bisa mulai dari hal beberapa ide berikut:

1.Lebih banyak makan ikan. Dari banyak penelitian baru-baru ini menunjukkan ikan dapat membantu anak-anak tidur lebih nyenyak dan meningkatkan IQ hingga empat poin bila dikonsumsi setiap minggu. Selain itu, adanya asam lemak omega-3 yang ada pada ikan, maka akan mampu menjaga kesehatan jantung.

2.Miliki koneksi lebih bermakna. Para ahli kesehatan profesional pada Aspen Ideas Festival menyatakan saat ini semakin banyak orang merasa kesepian. Ternyata kesepian ini membawa dampak bagi kesehatan mental dan fisik. Meskipun Anda terlihat memiliki banyak teman atau keluarga, Anda bisa saja merasa tetap kesepian, Anda perlu orang dekat yang dapat Anda membicarakan perasaan Anda dan sekaligus memberikan dukungan sosial. Anda bisa mencoba menemukan orang-orang yang benar-benar care pada Anda.

3.Menjadi relawan atau volunteer. Menurut  artikel yang dipublikasikan Harvard Health Publications, menjadi sukarelawan akan menjaga tensi darah Anda tetap rendah bahkan dapat membantu relawan hidup lebih lama.

4. Siapkan makanan sendiri. Hal ini bisa Anda lakukan untuk menjadikan Anda hidup  lebih sehat dan hemat. Namun, berikan juga sesekali Anda makan di restoran atau kafe favorit Anda. Dari suatu penelitian Universitas Johns Hopkins menemukan pada orang yang memasak makanannya sendiri, ternyata mengonsumsi lebih sedikit kalori dibanding mereka yang tidak memasak.

5.Latihan olahraga. Terlepas dari menurunkan berat badan dan kesehatan jantung, olahraga menunjukkan manfaat baik untuk otak Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan bulan lalu, mengindikasikan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan daya ingat dan memperlambat penuaan. Jangan ragu tetap lakukan olahraga sebagai bagian resolusi pola hidup sehat.

Inilah 12 Resolusi Terbaik Pola Hidup Sehat 2018

6.Tidur lebih awal. Kurang tidur menurut Centers for Disease Control, dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti  diabetes, penyakit jantung, obesitas dan depresi. Karena itu, buatlah waktu tidur yang Anda butuhkan sekitar 7-8 jam sebagai bagian pola hidup sehat 2018.

7.Jangan makan setelah jam 9 malam. Ya, Anda pernah mendengarnya berkali-kali sebelumnya, tapi seperti yang telah dilaporkan sebelumnya, ‘ngemil’ larut malam bertentangan dengan jam biologis tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa makan di malam hari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung Anda.

8.Lebih rajin membaca buku dan novel. Membaca itu bagus untuk otak Anda, namun profesional kesehatan mengatakan bahwa hobi juga bisa memperkaya keterampilan sosial Anda. “Orang yang membaca fiksi bisa lebih mengerti dan memahami orang dari yang lain. Sebuah karya fiksi adalah bagian dari kesadaran yang bisa berpindah dari satu pikiran lake pikiran lain, dan  pembaca dapat membuatnya sendiri,” jelas Keith Oatley, seorang  psikolog kognitif.

Inilah 12 Resolusi Terbaik Pola Hidup Sehat 2018

9.Makan salad sekali seminggu. Dalam sebuah artikel diterbitkan awal bulan ini, Newsweek melaporkan bahwa mengonsumsi sayuran segar setiap minggu, bisa membuat otak Anda tetap  dalam kondisi 11 tahun lebih muda dari usia sebenarnya.

10.Luangkan lebih banyak waktu di luar. Suatu penelitian Mounting menunjukkan bahwa menikmati alam dan ruang hijau dapat membantu menurunkan stres dan dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Jadi mulailah Anda jalan-jalan ke sekitar rumah, taman, atau tempat rekreasi lainnya.

11.Kurangi aktivitas sosial media Anda. Bisa jadi Anda senang terhubung dengan banyak teman di Facebook. Namun, ada baiknya untuk membatasi waktu Anda. Karena baru-baru ini Facebok mengakui bahwa terlalu banyak waktu online bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja pada khususnya mungkin memiliki harga diri yang rendah karena pengaruh media sosial. Batasi berapa banyak waktu yang Anda habiskan setiap hari dan gantilah dengan aktivitas positif misalnya  melakukan hobi tertentu, komunitas, organisasi, dan lainnya.

12.Menabung untuk masa depan. Banyak orang terjebak dengan banyaknya pengeluaran sehari-hari dan tidak dapat menabung untuk masa depannya, atau menyiapkan keadaan daruratnya. Namun begitu, Anda bisa menyisihkan uang untuk hang out sesekali, membeli obat generik, meminjam buku di perpustakaan dibanding membeli, membawa bekal ke kantor, untuk Anda menabung. Transfer tabungan ke rekening berbeda dan tidak dapat Anda ambil.

Cara-cara ini termasuk mudah untuk Anda lakukan. Anda hanya perlu mengubah beberapa kebiasaan buruk Anda yang lama dengan memulai pola hidup sehat. Segera bertekad untuk memulai hidup sehat mulai hari ini. So, just do it!

Jika Anda membutuhkan layanan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...