Inilah Akibatnya Jika Anda Tidak Menjalani Gaya Hidup Sehat

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

WhatsApp Image 2017-03-13 at 2.45.50 PM

Apakah Anda termasuk orang yang tidak menjaga pola hidup sehat? Sebaiknya Anda ubah pola hidup menjadi lebih sehat mulai dari sekarang. Seperti apa itu pola hidup yang tidak sehat? Jika Anda sering makan makanan cepat saji, jarang berolahraga, sering begadang, merokok dan sering minum minuman beralkohol, maka Anda termasuk orang yang tidak menjalani pola hidup sehat.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa orang yang sering merokok, tidak berolahraga, makan sembarangan, dan sering minum-minuman beralkohol berisiko tiga kali lipat mengalami kematian akibat penyakit jantung dan hampir empat kali lipat berisiko mengalami kematian karena kanker. Bukan hanya itu, ternyata kebiasaan-kebiasaan ini juga bisa mempengaruhi performa sehari-hari, lho!

Performa kerja menurun

Seorang ahli nutrisi, Deanna Moncrief, mengatakan bahwa karyawan yang kekurangan nutrisi akibat terlalu banyak makan makanan olahan dan kurang asupan buah dan sayur membuat mereka tidak bisa melakukan pekerjaannya secara maksimal dan output pekerjaan yang mereka hasilkan lebih sedikit dibandingkan dengan karyawan yang menjaga pola makan mereka. Pola makan yang tidak dijaga yang disertai dengan aktivitas duduk seharian yang dialami para karyawan membuat berat badan mereka bertambah. Penambahan berat badan ini membuat kerja jantung lebih berat. Itulah mengapa kebanyakan karyawan yang tidak menjalani pola hidup sehat lebih cepat merasa lelah dan kurang produktif.

Performa seksual menurun

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine mengungkapkan bahwa beberapa faktor gaya hidup tidak sehat seperti masalah berat badan, fisik yang kurang aktif, konsumsi alkohol tinggi, merokok dan pengaruh obat-obatan keras berpengaruh pada disfungsi seksual pada pria. Sedangkan pada wanita, efeknya bisa menimbulkan peningkatan risiko anorgasmia (kesulitan atau ketidakmampuan untuk mencapai klimaks selama melakukan aktivitas seksual dengan pasangan).

Mengurangi penampilan

Pola hidup tidak sehat membuat tubuh mengalami penuaan dini, baik bagian dalam maupun luar. Di dalam, usia organ bisa jadi melebihi usia seseorang yang sebenarnya jika dilihat dari kemampuan fungsinya. Di luar, penuaan pada kulit terlihat dengan jelas ketika seseorang sering merokok, begadang dan minum-minuman beralkohol. Kurangnya nutrisi baik bisa menimbulkan masalah pada kulit seperti kerutan, lingkaran hitam pada mata, kulit kering dan kulit kasar.

Makan makanan bergizi, olahraga teratur dan istirahat cukup merupakan langkah awal untuk menjalani hidup sehat. Dengan menjalani pola hidup sehat sama dengan berinvestasi untuk hidup yang lebih berkualitas di masa depan dan tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk melakukan pengobatan dan perawatan. Yuk, mulai pola hidup sehat mulai dari sekarang!

Kunjungi MyNurz.com untuk menemukan perawat, fisioterapis, terapis okupasi, dan terapis wicara sesuai kebutuhan Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...