Inilah Kebiasaan-kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Tuberkulosis

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

article tb 2Tuberkulosis adalah infeksi yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berkembang di bagian tubuh yang memiliki banyak darah dan oksigen. Itulah mengapa tuberkulosis sering menyerang paru-paru manusia. Biasanya untuk penyembuhan tuberkulosis membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 9 bulan perawatan. Tapi di beberapa kasus infeksi tuberkulosis bisa membutuhkan waktu sampai 2 tahun untuk menyembuhkannya.

Tuberkulosis termasuk penyakit menular. Penyakit ini menular melalui udara ketika si penderita batuk atau tertawa. Ada juga beberapa kebiasaan lainnya yang bisa menyebabkan seseorang terkena tuberkulosis, diantaranya:

  1. Penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol.
  2. Memiliki kontak dekat atau tinggal serumah dengan seseorang yang memiliki tuberkulosis aktif.
  3. Pergi ke daerah yang penduduknya banyak terinfeksi tuberkulosis, seperti Amerika Latin, Afrika, Asia, Eropa Timur, dan Russia.
  4. Merawat seseorang atau pasien yang menderita tuberkulosis aktif.
  5. Bekerja atau menetap di tempat-tempat yang ramai akan orang-orang yang kemungkinan terinfeksi tuberkulosis, seperti panti jompo atau tempat penampungan tunawisma.

Jika Anda sudah terlanjur sering melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, baiknya Anda melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin. Tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan antara lain:

  1. Jangan menghabiskan waktu yang lama di dalam kamar yang pengap, tertutup, dengan seseorang yang terinfeksi tuberkulosis sampai orang tersebut telah dirawat minimal 2 minggu.
  2. Gunakan masker untuk perlindungan jika Anda bekerja di fasilitas yang menampung orang-orang yang terinfeksi tuberkulosis.
  3. Jika Anda tinggal dengan seseorang yang terinfeksi tuberkulosis, bantu dan dorong orang tersebut untuk melakukan pengobatan secara rutin.

Periksa setidaknya sekali dalam setahun untuk mencegah diri Anda dari infeksi tuberkulosis. Jangan sampai Anda atau orang yang Anda cintai terkena tuberkulosis, karena mencegah lebih baik daripada mengobati tuberkulosis.

Kunjungi MyNurz.com untuk menemukan perawat, fisioterapis, terapis okupasi, dan terapis wicara sesuai kebutuhan Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...