Jenis Sakit Kepala & Penyembuhan Tanpa Obat Dengan Fisioterapi – Part 2

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

cara menyembuhkan sakit kepala dengan fisioterapi

Pada pembahasan sebelumnya (Baca juga: Jenis Sakit Kepala & Penyembuhan Tanpa Obat Dengan Fisioterapi – Part 1) kita telah membahas jenis sakit kepala primer, selanjutnya kita akan membahas jenis sakit kepala lainnya serta penanganan penyembuhan tanpa obat melalui fisioterapi.

2. Sakit kepala Sekunder

Sakit kepala sekunder merupakan jenis sakit kepala yang disebabkan oleh masalah struktural di kepala atau leher. Ada banyak penyebab dari jenis sakit kepala ini mulai dari perdarahan di otak, tumor, atau meningitis dan ensefalitis.

Gejala Sakit Kepala Sekunder :

Sakit kepala jenis ini merupakan gejala yang terkait dengan banyak penyakit. Sakit kepala sekunder disebabkan oleh penyakit yang mendasari atau cedera yang perlu didiagnosa dan diobati. Mengontrol atau mengobati gejala sakit kepala sangat diperlukan sambil menunggu tes diagnostik untuk mengetahui penyakit yang mendasarinya. Beberapa penyebab sakit kepala sekunder dapat berpotensi mengancam nyawa dan mematikan. Diagnosis dini dan pengobatan sangatlah penting.

International Headache Society menyatakan ada delapan kategori sakit kepala sekunder. Beberapa contoh dalam setiap kategori dicatat. (Ini bukan daftar lengkap). :

  1. Trauma kepala dan leher
  2. Gangguan pembuluh darah pada kepala dan leher, seperti stroke, TIA, AVM.
  3. Gangguan pada otak selain pembuluh darah seperti tumor dan kanker.
  4. Akibat obat-obatan
  5. Infeksi seperti meningitis, ensefalitis, HIV/AIDS, pneumonia, flu,dan lain-lain
  6. Perubahan lingkungan fisik
  7. Masalah dengan mata, telinga, tenggorokan hidung, gigi dan leher
  8. Masalah psikiatri

Yang sering menjadi penyebab sakit kepala sekunder adalah whiplash imjury, gangguan pada sendi TMJ, iritasi akar saraf pada cervical spine atas (C0-C1 dan C1-C2) dan sinusitis

Fisioterapi untuk sakit kepala akibat iritasi saraf leher (Cervicogenic Headache)

Fisioterapi untuk penyembuhan sakit kepala akibat akibat iritasi saraf leher relative lebih mudah dan cepat remisinya. Terapi yang diberikan yaitu:

  • Mobilisasi sendi leher yang kaku
  • Manipulasi sendi facet di Upper Cervical Spine
  • Pengurangan nyeri simptomatis dengan kinesiotaping

3. Neuralgia

Neuralgia berarti nyeri saraf (neur= saraf + algia= nyeri). Neuralgia kranial menggambarkan jenis sakit kepala yang terjadi karena saraf kepala (nervus cranialis) dan bagian atas menjadi meradang dan menjadi sumber rasa sakit di kepala. Nyeri wajah dan berbagai penyebab lain untuk sakit kepala termasuk dalam kategori ini.

Yang sering menjadi penyebab adalah iritasi pada saraf kepala (nervus cranialis) ke V yaitu Saraf Trigeminus yang mempersarafi wajah kita pada tiap sisi. Saraf lain yang sering mengalami iritasi adalah Saraf kepala ke II Opticus, selain itu saraf yang mempersarafi daerah kepala juga sering mengalami iritasi seperti iritasi pada saraf di suprorbital dan occipitalis

Fisioterapi Untuk Neuralgia Akibat Iritasi Nervus Trigeminal

Fisioterapi untuk penyembuhan sakit kepala akibat sinusitis relatif lebih mudah. Terapi yang diberikan yaitu:

  • Pengurangan nyeri simptomatis dengan kinesiotaping
  • MLDV untuk mengurangi oedema yang meniritasi nervus Trigeminus

 

Kunjungi MyNurz.Com untuk menemukan Perawat lansia (Perawat Orang Tua, Perawat Homecare, Perawat Orang Sakit), Fisioterapis, Terapis Wicara & Terapis Okupasi yang sesuai kebutuhan Anda.

Atau Hubungi:
Tlp: (021) 3005-3676
SMS/WA: 0851-0835-5373
Email: Support@MyNurz.com

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...