Kenali Bidan Doula Untuk Perawatan Ibu Hamil

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Kenali Bidan Doula Untuk Perawatan Ibu Hamil

Di Indonesia, belum banyak orang yang mengenal apa itu bidan doula. Masyarakat Indonesia terbiasa dengan bantuan kerabat atau orang tua saat menjalani proses hamil dan melahirkan. Kata doula berasal dari bahasa Yunani yang bermakna pelayan perempuan. Kini, istilah doula dipakai untuk profesi pendamping bagi ibu yang ingin menjalani proses persalinan lebih cepat, dan pemulihan kondisi emosional dan fisik setelah melahirkan.

Bidan doula memiliki tugas untuk membimbing dan mendampingi ibu selama proses kelahiran, dia bisa menjadi penyambung lidah antara dokter dengan ibu yang akan melahirkan. Doula ini membantu si ibu berkomunikasi dengan dokter atau bidan, mengenai keinginan sang ibu. Bidan doula akan menjadi orang terdekat ibu yang membimbing, memberikan informasi seputar kehamilan dan bayi. Berbeda dengan dokter, bidan doula tidak hanya memberikan pendampingan medis, namun juga memberikan pendampingan emosional sehingga ibu hamil siap menghadapi persalinan.

Pasca melahirkan, tugas bidan doula tidak hanya berpusat pada kesejahteraan bayi, namun juga kesehatan mental dan fisik orang tua si bayi, juga kemandirian keluarga. Orang tua juga dibekali dengan pelatihan untuk membantu mengatasi trauma pasca melahirkan.

Baca juga : Ini Keuntungan Menjalankan Program Kehamilan Bersama Bidan

Kenali Bidan Doula Untuk Perawatan Ibu Hamil

Manfaat Memakai Bidan Doula

Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat kehadiran bidan doula selama persalinan. Kehadiran bidan doula mampu menurunkan risiko melahirkan caesar hingga sebesar 50 persen, mempersingkat waktu persalinan hingga sebesar 25 persen, mengurangi penggunaan induksi (baik dengan obat atau alat seperti forcep) hingga sebesar 40 persen, hingga mengurangi permintaan epidural sebesar 60 persen.

Selama hamil, bidan doula akan menjadi teman diskusi orang tua seputar kehamilan, memberikan dukungan pada ibu hamil, dan memastikan rencana kehamilan.

Peran Bidan Doula

Saat proses persalinan, peran bidan doula adalah sebagai berikut :

  • Membantu ibu mendapatkan kenyamanan melahirkan dengan pernapasan, relaksasi, dan gerakan-gerakan yang merangsang pembukaan jalan lahir.
  • Memberi dukungan emosional melalui afirmasi positif. Bidan doula akan terus berada di samping ibu hingga bayi berhasil dilahirkan.
  • Bidan doula juga bertugas untuk membantu memilih proses persalinan, dengan menjadi perantara antara ibu dan tenaga medis.

Pada intinya, tugas utama seorang bidan doula adalah memastikan ibu nyaman selama melewati persalinan. Merasakan pengalaman yang menarik dan menyenangkan, di detik-detik pertemuan dengan jabang bayi yang selama ini berada dalam kandungan.

Keuntungan Menggunakan Bidan Doula

Keuntungan yang bisa dirasakan pasangan suami istri saat menggunakan jasa bidan doula, seperti :

  • Waktu lahir jadi lebih singkat
  • Mengurangi komplikasi saat kelahiran
  • Memiliki perasaan puas karena melahirkan secara vaginal
  • Mempercepat proses kelahiran tanpa sakit yang berlebihan
  • Mengurangi pemakaian alat bantu kelahiran, termasuk alat medis pengurang rasa nyeri
  • Membantu melakukan proses kelahiran normal tanpa caesar atau kelahiran vaginal instrumental

Jika Anda membutuhkan bidan doula untuk program kehamilan, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...