Kenali Stroke Dengan F.A.S.T

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Kenali stroke dengan FASTStroke terjadi ketika darah berhenti mengaliri bagian tertentu dari otak. Ini dapat terjadi akibat pecahnya pembuluh darah otak atau adanya sumbatan pada pembuluh darah di otak. Gejala-gejala dari stroke biasanya terjadi tiba-tiba dan merupakan keadaan darurat yang membutuhkan penanganan yang cepat.

Umumnya stroke terjadi pada usia lanjut, penderita hipertensi, perokok, seseorang yang memiliki gangguan pada jantung atau diabetes, atau yang sebelumnya pernah mengalami stroke. Stroke merupakan kondisi yang mengancam nyawa.

Pemeriksaan Stroke

Berikut ini merupakan cara pemeriksaan cepat terhadap seseorang yang kemungkinan mengalami stroke, dikenal dengan sistem F.A.S.T

  • FACE = Wajah; Periksa wajah (F=FACE).  Minta pasien untuk tersenyum. Apakah mulut korban terlihat miring?
  • ARMS= Lengan; Minta pasien untuk mengangkat kedua tangan. Apakah korban dapat mengangkat dan menahan kedua lengannya (A=ARM) dengan baik?
  • SPEECH= Bicara; Minta pasien untuk mengikuti perkataan Anda. Apakah korban berbicara (S=SPEECH) cadel? Apakah korban mengerti Anda?
  • TIME=Waktu; Waktu (TIME) sangatlah penting. Jika Anda menjumpai gejala diatas, segera cari bantuan medis atau bawa ke rumah sakit.

Bagi pasien lansia atau yang sebelumnya pernah mengalami stroke, pengetahuan tentang pemeriksaan sistem F.A.S.T sebaiknya diketahui oleh keluarga, caregiver atau perawat lansia (Baca juga: Mengapa Lansia Harus Dirawat Oleh Perawat lansia?)yang melakukan pendampingan setiap harinya. Hal ini dapat membantu pasien apabila terjadi tanda-tanda yang di jelaskan diatas sehingga keluarga atau perawat dapat bertindak cepat agar segera dapat tertangani oleh tim medis yang ahli. (Oleh: Dewi P, SKP – American Heart Assosiation Instructure)

Jika Anda membutuhkan perawat untuk pemeriksaan stroke, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail