Ketahui Tugas Perawat untuk Luka Pasca Operasi

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Ketahui Tugas Perawat untuk Luka Pasca Operasi

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat tentang perawatan luka pasca operasi. Mulai dari pantangan untuk makan ikan, daging dan telur, pantangan untuk beraktivitas, bahkan sampai pantangan mandi. Lalu sebenarnya apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan pasien pasca operasi? Komplikasi apa saja yang mungkin terjadi bila proses penyembuhan luka tidak berjalan sebagaimana mestinya?

Sebelum melakukan perawatan luka pasca operasi, sebaiknya Anda pahami juga hal-hal yang berhubungan dengan luka operasi mulai dari persiapan yang harus dilakukan, cara perawatan luka, ciri-ciri infeksi pada luka, serta proses dan tahapan-tahapan penyembuhan luka pada tubuh.

Pada pasca operasi biasanya akan merasakan nyeri pada daerah luka, terjadi pembengkakan pada daerah luka, suhu tubuh menjadi panas, adanya warna kemerahan pada kulit/bagian tubuh yang luka, dan terjadinya penurunan fungsi tubuh.

Sedangkan proses penyembuhan luka pasca operasi pada tubuh dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah banyaknya asupan nutrisi pada tubuh, cara perawatan luka serta banyaknya istirahat yang dilakukan.

Baca juga : Ini yang Anda Dapatkan Saat Memilih Jasa Perawat Homecare

Ketahui Tugas Perawat untuk Luka Pasca Operasi

Perawatan Luka Pasca Operasi

Perawatan luka adalah suatu tindakan untuk mempercepat proses dalam penyembuhan luka serta mencegah supaya tidak terjadi infeksi pada luka. Perawatan luka pasca operasi diperlukan perhatian khusus karena tindakan yang salah bisa menimbulkan infeksi. Untuk penyembuhannya, Anda bisa memanggil perawat profesional yang bisa datang ke rumah. Berikut tugas perawat untuk luka pasca operasi di rumah:

  • Mencegah terjadinya infeksi pada luka
  • Mencegah bertambahnya kerusakan jaringan
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Membersihkan luka dari benda asing
  • Mencegah terjadinya pendarahan

Ketahui Tugas Perawat untuk Luka Pasca Operasi

Pencegahan Infeksi Luka Pasca Operasi

Selain perawatan luka, diperlukan dukungan dari pasien untuk menjaga luka pasca operasi agar tidak menimbulkan infeksi. Berikut cara mencegahnya yaitu dengan selalu mencuci tangan, kuku harus bersih dan tidak panjang serta menjaga kebersihan luka.

Baca juga : Inilah 7 Keuntungan Home Care Lansia di Rumah

Manfaat Perawat Khusus Luka Pasca Operasi

Dengan adanya perawat untuk luka pasca operasi, pasien menjadi lebih nyaman dan puas dengan perawatan yang profesional sehingga kebutuhan pasien akan dapat terpenuhi. Selain itu, dapat mendorong kemandirian pasien serta keluarga di dalam pemeliharaan dan perawatan bagi anggota keluarga yang menjalani operasi.

Jika Anda membutuhkan layanan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail