Kurang Tidur Saat Bulan Ramadhan? Berikut Cara Tidur Pulas Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Kurang Tidur Saat Bulan Ramadhan? Berikut Cara Tidur Pulas Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Rasa kantuk sering menyerang saat Anda sedang puasa di bulan Ramadhan, terutama di siang hari. Kondisi ini bisa membuat Anda merasa lemas bahkan menjadi cenderung tidak produktif ketika menjalani berbagai aktivitas. Perlu untuk Anda ketahui bahwa setiap perubahan dalam jam makan memiliki korelasi langsung dengan pola tidur yang berubah. Berikut ini merupakan cara agar Anda tetap bisa tidur pulas saat menjalankan ibadah puasa.

Tetap terhidrasi

Saat menjalankan ibadah puasa sebaiknya Anda mengonsumsi sayuran dan buah-buahan seperti mentimun dan semangka saat sahur atau berbuka puasa. Tubuh manusia terdiri dari 60 – 80% air. Kandungan air yang terdapat dalam tubuh sangat membantu sistem kerja dan pikiran. Jika Anda terhidrasi, sel otak Anda akan tetap seimbang dan memiliki tidur malam yang berkualitas.

Baca juga : 4 Tips Tubuh Lansia Tetap Sehat Saat Berpuasa

Hindari kafein

Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein yang dapat menghambat waktu istirahat tubuh Anda seperti minuman bersoda, kopi, cokelat, dan teh. Sebaiknya tidak mengonsumsinya terutama menjelang waktu tidur. Lebih baik perbanyak minum air putih agar tubuh Anda bisa lebih rileks.

Disiplin tidur di jam yang sama setiap hari

Demi mendukung jadwal tidur yang telah Anda tetapkan, usahakan untuk menepati jadwal tersebut setiap harinya. Tubuh manusia memiliki jam biologis, atau yang dikenal dengan nama ritme sirkadian. Ritme ini mengatur jadwal kerja setiap organ tubuh manusia, termasuk siklus bangun dan tidur serta munculnya rasa lapar.

Sebuah penelitian dari Journal of Sleep Research menemukan bahwa pola tidur yang tidak teratur bisa mengubah ritme sirkadian sekaligus meningkatkan produksi melatonin, yakni hormon alami yang memberi sinyal pada otak untuk tidur. Maka itu, meski terasa sulit di awal, menerapkan jam tidur dan bangun tidur secara konsisten dapat membantu Anda tidur nyenyak saat puasa.

Rutin berolahraga saat puasa

Jangan jadikan puasa sebagai alasan Anda untuk berhenti berolahraga. Pasalnya, rutin melakukan aktivitas fisik dapat membantu Anda tidur pulas saat puasa. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam Journal of Physiotherapy. Dalam penelitian ini disebutkan bahwa olahraga merupakan salah satu cara terbaik dalam mengatasi masalah tidur.

Jika Anda berencana menerapkan olahraga saat puasa, waktu yang paling disarankan yakni beberapa jam setelah sahur dengan intensitas rendah seperti yoga dan stretching atau menjelang waktu berbuka puasa, yaitu sekitar pukul 4-5 sore.

Anda tinggal menentukan waktu mana yang paling pas dengan kondisi tubuh. Penting untuk diingat, sebaiknya hindari melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang terlalu dekat dengan jam tidur Anda. Hal ini justru bisa memicu munculnya gangguan tidur.

Baca juga : Menu Buka Puasa Terbaik untuk Lansia

Ciptakan suasana tidur senyaman mungkin

Kamar tidur bisa dibilang sebagai tempat peristirahatan yang paling nyaman setelah seharian berkutat dengan banyak kegiatan. Tak terkecuali di kala puasa, suasana tidur yang nyaman tentu akan memudahkan Anda agar bisa tidur dengan pulas.

Tidak sulit untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman. Anda hanya perlu memastikan kamar tidur adalah tempat yang santai, tenang, dan sejuk. Hindari penggunaan cahaya lampu yang terlalu terang. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan lampu dengan cahaya yang lebih redup atau mematikan lampu saat tidur.

Jika Anda membutuhkan layanan kesehatan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...