Lakukan Program Keluarga Berencana (KB) Bersama Bidan Terpercaya

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Lakukan Program Keluarga Berencana (KB) Bersama Bidan Terpercaya

Bidan sejatinya memiliki tugas membantu persalinan seorang ibu hamil. Tapi di luar itu, ternyata bidan sangat berjasa dalam berperan sebagai sosok pendamping ibu hamil. Jadi bukan hanya proses persalinan, sebelum dan sesudah persalinan pun juga menjadi tugas keseharian seorang bidan.

Bidan bertugas memberikan asuhan pada ibu hamil dan pra hamil. Bahkan bidan juga akan memberikan asuhan postpartum (masalah kesehatan mental umum yang biasanya terjadi pada wanita setelah persalinan). Yang paling penting dari tugas bidan ialah memberikan konseling dan KIE (Komunikasi, informasi, dan edukasi). Sehingga tidak hanya menjadi sosok yang membantu persalinan tapi menjadi tempat untuk para ibu hamil untuk bercerita. Misalnya dalam hal ini ialah Program Keluarga Berencana (KB).

Baca juga : Kenali Bidan Doula Untuk Perawatan Ibu Hamil

Bidan Sangat Berperan dalam Penerapan Program KB

Bidan harus bisa memberikan informasi secara menyeluruh mengenai kontrasepsi untuk mewujudkan Program Keluarga Berencana.

Mengenai program keluarga berencana ini ada tiga jenis konseling yang akan diberikan bidan, yaitu :

  • Konseling awal yang bertujuan untuk membantu pasien memilih alat kontrasepsi.
  • Konseling khusus untuk menangani masalah-masalah pasca persalinan.
  • Konseling tindak lanjut jika pasien mengalami masalah-masalah lain yang berhubungan dengan melahirkan.

Harapan Pemerintah Pada Bidan

Menurut UU No. 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga menyatakan bahwa pembangunan keluarga adalah untuk mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup di lingkungan sehat.

Pemerintah terus mengadakan upaya pada bidan yang salah satunya dalam bentuk Program Keluarga Berencana yang mengatur kehamilan, kelahiran anak, jarak lahir, usia ideal melahirkan, termasuk bantuan sesuai hak bereproduksi untuk menuju keluarga berkualitas.

Pengaturan Keluarga Berencana ini dilakukan dengan menggunakan alat kontrasepsi. Melalui sosialisasi pada perempuan di Indonesia, Pil KB atau kontrasepsi hormon berbentuk pil merupakan salah satu alat kontrasepsi yang banyak digunakan sebagai upaya pasangan yang sudah menikah untuk menuju Keluarga Berencana.

Baca juga : Ini Keuntungan Menjalankan Program Kehamilan Bersama Bidan

Di Indonesia, pil KB dipasarkan dalam beragam merek. Di awal penggunaan pil KB biasanya Anda perlu berkonsultasi ke dokter kandungan atau bidan terlebih dahulu. Selanjutnya barulah bisa minta resep lanjutan atau membelinya di apotek terpercaya.

Jika Anda membutuhkan perawatan bidan untuk merencanakan Program Keluarga Berencana, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...