Manfaat Cokelat Hitam untuk Orang Tua Tersayang

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Manfaat coklat hitam utk kesehatan Ibu tercintaBagi sebagian banyak orang, cokelat adalah cemilan manis yang hanya memberikan kelezatan semata. Tapi jangan salah, cokelat dengan jenis tertentu bisa memberikan segudang manfaat kesehatan untuk manusia. Salah satu jenis cokelat yang paling menyehatkan adalah cokelat hitam. Cokelat hitam bukan hanya enak, tapi juga memberikan dampak kesehatan yang baik untuk orang tua yang Anda sayangi. Ada 6 dampak baik yang dibawa cokelat untuk kesehatan orang tua.

  1. Membantu penderita penyakit arteri untuk berjalan lebih baik

Menurut sebuah penelitian, orang tua dengan penyakit arteri di kaki mereka bisa kembali berjalan dengan bantuan cokelat hitam. Setelah mengonsumsi cokelat hitam mereka dapat berjalan 11 meter lebih jauh dan 17 detik lebih lama dibandingkan dengan sebelumnya.

  1. Membantu mencegah penyakit jantung

Kandungan cokelat hitam bisa membantu melawan oksidasi LDL, si kolesterol jahat. Seiring berjalannya waktu, mengonsumsi cokelat hitam bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Mengonsumsi cokelat hitam juga bisa menurunkan tekanan darah, dan tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak untuk mendapatkan hasil maksimalnya.

  1. Menurunkan risiko Alzheimer

Flavonol yang terkandung dalam cokelat hitam terbukti bisa melencarkan aliran darah ke otak, hal ini bisa membantu para lansia untuk mengatur kemampuan kognitif mereka. Para lansia yang sudah terdiagnosa mengidap Alzheimer juga bisa dibantu dengan cokelat hitam. Mengonsumsi cokelat hitam secara teratur bisa membantu meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek berkat kandungan teobromina dan kafeinnya.

  1. Memberikan efek positif pada suasana hati

Cokelat hitam bukan hanya membangkitkan mood karena rasanya yang lezat. Berbagai zat ilmiah yang terkandung dalam cokelat hitam terbukti secara alami membuat seseorang merasa lebih senang. Salah satu zat kimia yang terkandung dalam cokelat hitam yang disebut phenylethylamine (PEA), adalah zat kimia yang juga diproduksi otak ketika seseorang jatuh cinta. Phenylethylamine (PEA) memicu pelepasan hormon endorfin, yang membuat suasana hati menjadi lebih baik.

  1. Meningkatkan jumlah kolesterol baik

Cokelat hitam bukan hanya membantu mengurangi efek kolesterol jahat, tapi juga bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam darah. Kolesterol baik, atau yang biasa disebut HDL, membantu jantung dan pembuluh darah tetap sehat.

  1. Menurunkan risiko kanker kulit

Lansia rentan terkena kanker kulit karena penipisan kulit seiring waktu. Mengonsumsi cokelat hitam bisa membantu mencegah kanker kulit karena kandungan flavonolnya melindungi sel epitel. Flavonol juga melancarkan aliran darah ke kulit dan dapat mengurangi kerusakan yang terjadi akibat sinar matahari.

Memang cokelat hitam mempunyai segudang manfaat untuk kedua orang tua Anda. Namun, Anda harus pastikan kembali asupan nutrisi yang tepat untuk kedua orang tua Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang nutrisi untuk lansia, Anda dapat berkonsultasi dengan perawat dari MyNurz.com. Perawat kami akan memberikan layanan kontrol makanan sehari-hari yang dapat menunjung kualitas hidup kedua orang tua Anda.

Kunjungi MyNurz.com untuk menemukan perawat, terapi fisik, terapi okupasi, dan terapi wicara sesuai kebutuhan Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...