Manfaat Menjalani Terapi Wicara untuk Autisme

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Manfaat Menjalani Terapi Wicara untuk Autisme

Autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang kebanyakan diakibatkan oleh faktor hereditas dan bisa dideteksi sejak bayi berusia 6 bulan. Dikenal sebagai autism spectrum disorder atau ASD, autisme dapat dihubungkan dengan berbagai sifat seperti :

  • Aktivitas berulang
  • Ketahanan ekstrim terhadap perubahan dalam rutinitas sehari-hari
  • Respon yang tidak biasa terhadap hal seperti sentuhan
  • Ketidakmampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan

Orang dengan ASD mungkin memiliki masalah besar dengan komunikasi verbal dan non verbal. Mereka mungkin juga merasa sangat sulit untuk berinteraksi secara sosial. Untuk alasan ini, terapi wicara adalah salah satu solusi untuk pengobatan autisme. Terapi wicara dapat mengatasi berbagai masalah komunikasi bagi orang dengan autisme.

Baca juga : Kenali 10 Tanda Anak Anda Butuh Terapi Wicara

Masalah Bicara dan Komunikasi Pada Autisme

Autisme dapat mempengaruhi bicara, pengembangan bahasa, dan komunikasi sosial. Yang dirasakan seorang dengan autisme yaitu :

  • Susah berbicara
  • Mengucapkan dengang, teriakan, dan jeritan
  • Bersenandung atau berbicara dengan cara musikal
  • Sering mengulangi apa yang dikatakan orang lain (disebut echolalia)
  • Gunakan frasa dan kalimat yang tepat, namun dengan nada suara yang tidak ekspresif

Satu dari tiga orang yang menderita autisme memiliki kesulitan bicara untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Mereka kesulitan untuk mencerna apa yang dikatakan orang lain.

Tantangan Komunikasi Autisme

Seseorang dengan autisme memiliki beberapa tantangan untuk berkomunikasi seperti :

  • Masalah dengan keterampilan percakapan, yang meliputi kontak mata dan gerak tubuh
  • Kesulitan memahami arti kata di luar konteks yang mereka pelajari
  • Penghafalan segala sesuatu yang didengar tanpa mengetahui apa yang telah dikatakan
  • Sedikit pemahaman tentang arti kata atau simbol
  • Kurangnya kosa kata dalam berbicara

Karena tantangan ini, seorang anak dengan autisme harus melakukan lebih dari belajar bagaimana berbicara. Anak juga harus belajar bagaimana menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Hal ini termasuk mengetahui bagaimana untuk membuat percakapan. Selain itu juga mencakup isyarat verbal dan non verbal dari orang lain seperti ekspresi wajah, nada suara, dan bahasa tubuh.

Baca juga : Cara Memilih Terapi Wicara yang Tepat Untuk Pasca Stroke

Peran Ahli Terapi Wicara untuk Orang dengan Autisme

Ahli terapi wicara merupakan seorang yang memiliki ilmu dalam pemulihan permasalahan dalam berbicara dan bahasa. Mereka adalah bagian penting dari proses pengobatan seorang autisme. Setelah mendapat rujukan dari dokter atas diagnosis seseorang dengan autisme, ahli terapi wicara memberikan terapi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan bahasa. Selama menjalankan terapi, seorang ahli terapi wicara juga bekerja sama dengan keluarga, sekolah, dan orang yang berhubungan dengan pasien autisme.

Jika Anda membutuhkan layanan terapi wicara, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail