Manfaat Olah Raga & Latihan Fisik Bagi Lansia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Salah Satu Kegiatan Sehat Yang Dapat Anda Lakukan

Seperti kebanyakan orang, Anda mungkin pernah mendengar bahwa aktivitas fisik dan olahraga sangat baik untuk Anda. Bahkan, aktif secara fisik & teratur adalah salah satu hal yang paling sehat yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga memberikan banyak manfaat kesehatan dan bahwa lansia bisa mendapatkan banyak manfaat dengan tetap aktif secara fisik. Bahkan olahraga ringan dan aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan orang-orang yang lemah atau yang memiliki penyakit yang menyertai penuaan.

Menjadi aktif secara fisik juga dapat membantu Anda tetap kuat dan cukup fit untuk terus melakukan hal-hal yang Anda ingin lakukan saat pertambahan usia. Melakukan olahraga dan aktivitas fisik yang teratur dan menjadikannya bagian dari hidup Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda dan membantu Anda mempertahankan kemerdekaan Anda sebagai lansia.

Jadilah Aktif

Aktivitas fisik secara teratur dan olahraga penting untuk kesehatan fisik dan mental untuk hampir semua orang, termasuk lansia. Tetap aktif secara fisik dan berolahraga secara teratur dapat menghasilkan manfaat kesehatan jangka panjang dan bahkan meningkatkan kesehatan bagi sebagian orang tua yang sudah memiliki penyakit dan cacat. Itu sebabnya para ahli kesehatan mengatakan bahwa lansia harus bertujuan untuk menjadi seaktif mungkin.

Olah raga untuk lansia

Anggapan Aktif Secara Fisik Bisa Beresiko

Meskipun latihan dan aktivitas fisik adalah salah satu kegiatan sehat yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri, beberapa lansia enggan untuk berolahraga. Beberapa takut jika olahraga akan terlalu keras atau takut jika aktivitas fisik akan menyakiti mereka. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa mereka harus bergabung dengan gym atau harus memiliki peralatan khusus. Namun, studi menunjukkan bahwa “mengambil jalan yang mudah” juga berisiko. Untuk sebagian besar, ketika orang tua kehilangan kemampuan mereka untuk melakukan aktivitas sendiri, hal itu tidak terjadi hanya karena mereka sudah tua. Hal tersebut biasanya karena mereka tidak aktif. Kurangnya aktivitas fisik juga dapat menyebabkan lebih banyak kunjungan ke dokter, lebih banyak melakukan rawat inap, dan lebih banyak menggunakan obat-obatan untuk berbagai penyakit.

Mencegah atau Menunda Penyakit

Para ilmuwan telah menemukan bahwa tetap aktif secara fisik dan berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah atau menunda banyak penyakit dan cacat. Dalam beberapa kasus, olahraga merupakan pengobatan yang efektif untuk banyak kondisi kronis. Misalnya, studi menunjukkan bahwa orang dengan arthritis, penyakit jantung, atau diabetes mendapatkan manfaat dari olahraga teratur. Olahraga juga membantu orang dengan tekanan darah tinggi, masalah keseimbangan, atau kesulitan berjalan.

Mengelola Stres, Meningkatkan Mood

Secara teratur, aktivitas fisik dapat membantu mengelola stres dan meningkatkan mood baik Anda. Selain itu, menjadi aktif secara teratur dapat membantu mengurangi perasaan depresi. Studi juga menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan atau mempertahankan beberapa aspek fungsi kognitif, seperti kemampuan Anda dalam kecepatan menyelesaikan tugas-tugas, merencanakan suatu kegiatan, dan mengabaikan informasi yang tidak relevan.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya apa perbedaan antara aktivitas fisik dan olahraga. kegiatan fisik adalah kegiatan yang membuat tubuh Anda bergerak seperti berkebun, berjalan anjing dan menaiki tangga bukan lift. Latihan adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang secara khusus direncanakan, terstruktur, dan berulang-ulang seperti latihan beban, tai chi, atau kelas aerobik. Kegiatan baik dalam kehidupan Anda akan memberikan Anda banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu Anda merasa lebih baik dan lebih menikmati hidup sebagai lansia.

Kunjungi MyNurz.Com untuk menemukan Perawat lansia, Fisioterapis, Terapis Wicara & Terapis Okupasi.
Email: Support@MyNurz.com

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...