Pentingnya Perawat Medis bagi Pasien Stroke

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Stroke tetap menjadi salah satu masalah utama kesehatan masyarakat di negara-negara maju dan berkembang. Penyakit ini dapat dicegah dan dihindari dengan menjaga pola makan, olahraga secara teratur, berhenti merokok, hindari konsumsi minuman beralkohol dan hindari penggunaan NAPZA.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Nasional tahun 2013, prevalensi penyakit stroke di Indonesia berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan sebesar 7% dan yang terdiagnosis oleh gejala sebesar 12,1%. Jadi, sebanyak 57,9% penyakit stroke telah terdiagnosis oleh nakes. Resiko terkena penyakit stroke meningkat sejak usia 45 tahun. Setelah usia 50 tahun, setiap penambahan usia 3 tahun meningkat resiko penyakit stroke sebesar 11–20%. Orang berusia lebih dari 65 tahun mempunyai resiko paling tinggi, walaupun hampir 25% dari semua penyakit stroke terjadi sebelum usia tersebut, dan hampir 4% terjadi pada orang berusia antara 15 dan 40 tahun.

Baca juga : 10 Tips Merawat Pasien Stroke Setelah Pulang ke Rumah

Temukan Perawat Medis

Perawatan pada pasien stroke merupakan suatu upaya rehabilitasi stroke yang melibatkan berbagai disiplin ilmu kedokteran dan perawat medis serta merupakan kumpulan program yang meliputi pelatihan, penggunaan modalitas, alat-alat, dan juga obat-obatan. Semakin cepat perawatan medis dimulai, maka dampaknya akan semakin baik.

Manfaat yang bisa diperoleh antara lain mengoptimalkan pemulihan, menghindari kontraktur (kekakuan) sendi, mencegah pengecilan otot, dan mencegah komplikasi akibat berbaring terlalu lama (seperti luka pada punggung dan area yang mengalami tekanan terus menerus di tempat tidur) atau biasa disebut dengan Ulkus Dekubitus.

Sangat dianjurkan untuk sesegera mungkin memulai langkah-langkah dalam rangka rehabilitasi pasca stroke. Bahkan pada pasien stroke yang mengalami koma sekalipun, bisa mulai dilakukan latihan gerakan-gerakan secara pasif (dengan digerakkan orang lain) jika kondisi pasien sudah stabil. Ketika pasien sudah sadar, bisa dilanjutkan dengan latihan aktif oleh pasien itu sendiri. Rehabilitasi pasca stroke bisa dimulai ketika pasien masih dalam perawatan medis, jadi tidak perlu menunggu sampai penderita pulang kembali ke rumah.

3 Langkah Dapatkan Perawat Medis

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang mengalami penyakit stroke, saatnya untuk memesan perawat medis yang akan membantu Anda dalam perawatan di rumah. Ada beberapa langkah untuk memesan perawat medis yang terbaik.

Memahami Kebutuhan Pasien

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jenis perawatan medis sesuai kebutuhan pada pasien stroke. Buat list apa saja kebutuhan pasien dan apa yang perlu dilakukan oleh perawat medis untuk kegiatan non-medis seperti memandikan dan memberikan makan.

Menentukan Biaya Perawatan

Biaya yang Anda keluarkan akan mempengaruhi pemilihan perawat medis. Jika Anda menginginkan perawat medis yang sudah berpengalaman, pastinya biaya yang dikeluarkan akan lebih besar dibandingkan dengan perawat medis junior. Silahkan konsultasikan perawatan homecare sesuai kebutuhan Anda di sini.

Memilih Provider Terpercaya

Banyak keluarga memilih menggunakan provider perawatan homecare dengan alasan karena keamanan dan kenyamanan. Lihat sejarah berapa lama provider sudah berdiri, apakah perawat medis sudah memiliki sertifikat merawat atau belum, bagaimana perawat medis di provider itu merawat pasien dan testimoni dari para customer yang sudah memesan perawat medis pada provider yang Anda akan pilih.

Baca juga : 8 Tips Mudah Pulihkan Bicara Pasien Stroke

Dapatkan jasa perawatan medis untuk pasien stroke di MyNurz, telepon (021) 2205 7505 dan 0811 1929 119 atau kunjungi website www.mynurz.com. Anda dapat menanyakan beragam program perawatan homecare seperti program perawatan stroke, program perawatan diabetes, program perawatan pasca stroke dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan online untuk menyediakan perawat, fisioterapis, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Anda merasa nyaman saat tetap berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari perawat medis profesional.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...