Memetik Manfaat Kopi untuk Kesehatan Lansia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Memetik Manfaat Kopi untuk Kesehatan Lansia

Apakah Anda termasuk orang yang membutuhkan secangkir kopi untuk membuat Anda segar di pagi hari? Faktanya, meskipun selama ini kopi kerap dicap buruk, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kopi merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan. Terdapat dua jenis kopi yang dikenal selama ini  yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Kopi memiliki kandungan kimiawi secara kompleks, termasuk memiliki polifenol yang kuat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebuah studi besar 13 tahun terkait minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari dengan risiko penurunan kematian sebesar 10 persen. Perlu diperhatikan satu cangkir berukuran 8 ons – jumlah yang lebih kecil dari pada kebanyakan ukuran mug yang besar.

Baca juga : 9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Minum Teh untuk Lansia

Manfaat Kopi  untuk Kesehatan 

Melindungi sistem saraf

Selain membuat tubuh lebih segar, konsumsi kopi secara teratur mengurangi risiko stroke, depresi, demensia, dan penyakit Parkinson. Ketika orang yang memiliki gangguan ringan kognitif (kehilangan memori dan fungsi mental ringan seperti pikun atau demensia) bila minum tiga sampai lima (8 ons) cangkir sehari dapat mengurangi risiko menuju tingkat demensia yang lebih parah. Kopi dapat menurunkan risiko 60% Parkinson. Dan jika  mengonsumsi kopi setiap hari, dapat menghambat pengurangan risiko 65% penyakit Alzheimer.

Memetik Manfaat Kopi untuk Kesehatan Lansia

Menjaga sistem penyakit kardiovaskular

Bila Anda konsumsi kopi secara teratur faktanya juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Paling menggembirakan adalah minum kopi dapat membantu menurunkan berat badan beberapa kilogram. Kelebihan berat badan dan diabetes meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Pastikan Anda minum kopi dengan sedikit atau tanpa gula, creamer atau topping yang mengandung lemak lainnya.

Kurangi risiko beberapa jenis kanker

Kopi termasuk kolon, prostat, uterus, kulit (karsinoma sel basal), dan kanker kepala dan leher.

Menjaga Kesehatan Organ Hati

Seperti diketahui kian tua seseorang, maka organ hatinya akan semakin melemah.  Dengan mengonsumsi kopi hitam setiap hari, mampu mengurangi risiko sirosis hingga 80%. Untuk memaksimalkan fungsi dari kopi pada organ hati, maka para lansia harus benar-benar memerhatikan jenis kopi yang dikonsumsi. Pilih yang berkualitas baik dan diseduh dengan air mendidih serta tanpa gula.

Baca juga : 8 Tanda Orang Tua Anda butuh Perawat Lansia

Meringankan kondisi asma

Karena kafein melemaskan otot polos dapat ‘memuluskan’ jalannya udara, karena itu kopi banyak digunakan sebagai  obat tradisional untuk asma. Dan efeknya pada otot bisa meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh.

Namun begitu, bagi orang  yang mengalami migrain sebaiknya minum kopi secara hati-hati. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Headache Pain mengatakan bahwa kafein mungkin terkait dengan pengembangan dan perawatan dari sakit kepala.  Mengurangi jumlah kafein juga bisa membantu obat migrain bekerja lebih efektif.

Memberi Kesegaran Tubuh

Kalau poin yang terakhir banyak sudah jelas dan pasti. Kopi berguna memberi energi yang baik untuk para lansia yang mungkin energinya tidak sekuat saat masih muda. Aroma kopi yang membangkitkan gairah serta kafein yang mengandung dopamin jelas memberi efek semangat dan rasa bahagia.

Memetik Manfaat Kopi untuk Kesehatan Lansia

Tips Minum Kopi yang Sehat

Untuk sehari-harinya Anda bisa minum kopi dengan beberapa tips berikut :

  • Sebaiknya nikmati kopi di tengah hari
  • Jaga jumlah kopi tidak terlalu banyak dalam konsumsi harian Anda
  • Perhatikan efek samping dan kelebihan berat badan – dan kurangi jika terjadi: kegelisahan, tremor tangan, insomnia, dan peningkatan tekanan darah.
  • Sebaiknya hilangkan sebanyak mungkin kafein dari sistem Anda pada waktu tidur. Dibutuhkan tiga sampai tujuh jam agar tubuh Anda menghilangkan separuh kafein yang beredar di darah Anda.
  • Disarankan juga minum kopi tanpa gula atau tanpa tambahan cream yang membuat berlebihan kalori dan mengurangi manfaat.
  • Ada baiknya yang tidak biasa minum kopi dapat berkonsultasi ke dokter.

Kesehatan lansia memang membutuhkan perhatian besar. Bagi dari lansia sendiri dan juga orang-orang di sekitarnya. Bergaya hidup sehat menjadi satu keharusan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh yang prima saat memasuki hidup sehat. Termasuk diet sehat, olahraga, medical check-up secara teratur.

Paling penting juga adalah menjaga agar tubuh dapat meminimalkan risiko dari gangguan fungsi tubuh, penyakit yang kerap terjadi seperti diabetes, jantung, stroke, hipertensi, dan lainnya.

Jika Anda membutuhkan layanan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...