Mengapa Ada Peringatan Hari Wanita Sedunia?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

mengapa ada peringatan hari wanita sedunia-01Hari wanita sedunia adalah hari ketika semua wanita diakui untuk prestasinya tanpa memperhatikan bangsa, suku, bahasa, budaya, ekonomi atau politik. Di tahun 2017, hari wanita sedunia jatuh pada tanggal 8 Maret. Persatuan Bangsa-Bangsa menetapkan tema “Women in the Changing World of Work: Planet 50-50 by 2030”.  Dengan tema ini, diharapkan wanita juga bisa berkontribusi untuk mengurangi kemiskinan di dunia, meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, mengurangi kesenjangan antar negara, dan mencapai kesetaraan gender dengan membuka potensi penuh dari wanita dalam dunia kerja. Namun tahukah Anda apa yang menjadi awal mula diperingatinya hari wanita sedunia?

Hari wanita sedunia pertama terjadi pada tanggal 19 Maret 1911 di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss. Diawali dari perdebatan dan kerusuhan kritis yang terjadi di antara wanita di tahun 1908. Penindasan dan ketidakadilan memicu para wanita untuk lebih vokal dan aktif dalam kampanye untuk perubahan. Saat itu, di New York, sekitar 15,000 wanita berbaris menuntut jam kerja yang lebih pendek, upah yang lebih baik dan hak dalam memberikan suara.

Seorang aktivis bernama Clara Zetkin yang merupakan pemimpinan ‘Kantor Perempuan’ untuk Partai Sosial Demokrat di Jerman mengusulkan adanya hari wanita sedunia. Ia mengusulkan agar setiap tahun diadakan hari spesial dimana tuntutan para wanita bisa ditekankan. Usulan ini diajukan pada Konferensi Internasional yang dihadiri lebih dari 100 perempuan dari 17 negara yang mewakili serikat buruh, partai sosialis, dan kumpulan pekerja wanita. Akhirnya, lahirlah hari wanita sedunia yang kita rayakan di setiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri masih banyak mahasiswi atau ibu muda yang ikut merayakan hari wanita sedunia. Mereka memanfaatkan hari spesial ini untuk mengutarakan pendapat mereka dengan lebih berani tanpa takut dipandang sebelah mata. Kesempatan ini juga bisa Anda gunakan untuk mengekspresikan diri, mengembangkan ilmu dan bakat atau mungkin menggunakan hak Anda untuk terus menikmati hidup sehat dan berkualitas. Selamat hari wanita sedunia!

Kunjungi MyNurz.com untuk menemukan perawat, fisioterapis, terapis okupasi, dan terapis wicara sesuai kebutuhan Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...