Mengenal 6 Masalah Perawatan Lansia dan Home Care

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Mengenal 6 Masalah Perawatan Lansia dan Home Care

Merawat orang tua khususnya pada yang sedang mengalami sakit sering kali menjadi tantangan tersendiri. Berikut ini 7 masalah yang umumnya ditemui pada perawatan lansia  home care.

Merawat dan menjaga lansia di rumah sebetulnya merupakan hal normal. Apalagi mengingat di Indonesia dengan nilai-nilai timur yang begitu menghargai orang tua, membuat banyak orang yang dihargai dalam keluarga dan masyarakat.

Sebagai bentuk penghargaan ke orang tua, umumnya di Indonesia orang tua akan dirawat dan hidup bersama dengan anak-anaknya. Hanya saja, kadang merawat orang tua yang mengalami kondisi tertentu seperti penurunan fisik, atau mengalami kondisi penyakit tertentu  bukan merupakan hal mudah.

Kebanyakan keluarga urban saat ini, memiliki aktivitas kehidupan yang tinggi. Keluarga umumnya adalah pasangan yang bekerja, mengasuh anak, dan aktivitas lainnya. Merawat orang tua dapat menjadi tantangan tersendiri. Apalagi harus merawat orang tua yang sakit. Sementara itu, di Indonesia  umumnya belum menerima kalau orang tua itu dititipkan di rumah panti jompo.

Mengenal 6 Masalah Perawatan Lansia dan Home Care

Bila Anda sedang merawat orang tua Anda, ada baiknya memperhatikan beberapa  dalam perawatan orang tua:

Mengetahui Masalah Kesehatan Orang Tua

Jika Anda merawat orang tua dan  memiliki kondisi medis yang parah, Anda dapat  langsung memanggil ambulance dan segera dibawa ke rumah sakit.

Namun, bila masalah kesehatan mereka tidak parah, Anda dapat mengamati kondisi orang tua Anda. Apakah mereka memiliki kondisi gejala tertentu dari suatu penyakit. Bila Anda melihat hal ini Anda dapat berkonsultasi ke dokter Anda. Ada beberapa gejala penyakit yang dapat memburuk seperti Alzheimer, demensia, Parkinson, yang dapat terlihat. Anda perlu melakukan konsultasi dan pengobatan dengan cepat sehingga kondisinya tidak bertambah parah.

Ada juga beberapa orang tua yang mengalami sakit tertentu. Misalnya diabetes atau darah tinggi, yang mesti diawasi kesehatannya agar kondisinya tetap sehat. Ada beberapa penyakit dapat dikontrol misalnya dengan minum obat, konsumsi makanan sehat, olahraga dan lainnya.

Baca juga : Liburan Bersama Lansia, Lebih Nyaman dengan Travel Nurse

Orang Tua yang Merasa Bosan

Kebosanan merupakan perasaan umum yang dialami bagi siapa saja yang sakit dan berada di bawah perawatan orang lain. Orang tua kadang merasa bosan di rumah dan berada pengawasan Anda.

Untuk membantu orang yang Anda sayangi menghilangkan rasa bosan mereka, Anda dapat menyarankan berbagai kegiatan seperti pergi ke bioskop, pergi keluar untuk makan, pergi berbelanja, bertemu dengan teman-temanya, atau sekadar berjalan-jalan.

Bisa juga Anda mengecek komunitas-komunitas senior di sekitar Anda. Ada kelompok senior yang melakukan banyak kegiatan mulai dari kesenian, berkebun, musik, dan lainnya. Selain itu Anda dapat mempertimbangkan untuk memberikan seekor anjing atau kucing. Hewan dapat membantu memunculkan semangat dan happy pada lansia.

Orang Tua Tidak Cocok dengan Home Care

Bila Anda dibantu home care untuk merawat orang tua Anda, maka ada kemungkinan orang tua Anda memiliki masalah dengan mereka. Hal yang wajar bagi orang tua Anda sulit untuk menerima orang asing masuk ke rumah dan merawat mereka dalam aktivitas sehari-hari.

Kerap terjadi, orang tua Anda tidak cocok dengan home care. Bila ini terjadi, cobalah bicara dengan orang tua Anda untuk memberi tahu masalah Anda. Lalu coba diskusikan baik-baik dengan care giver Anda. Namun, bila tidak dapat mencapai penyesuaian bisa jadi tanda kalau Anda harus mencari care giver yang baru.

Mengenal 6 Masalah Perawatan Lansia dan Home Care

Orang Tua yang  Mengalami Depresi

Kian menurunnya kondisi fisik dan kesehatan orang tua, maka umumnya lansia merasa depresi. Hal ini terjadi karena mereka merasa kehilangan kemandirian dan harus mulai bergantung pada keluarga atau perawat. Bila hal ini terjadi, cobalah untuk berbicara dengan mereka.

Dengarkan apa yang ingin disampaikan orang tua Anda. Dengan berbicara dapat mengetahui perasaan mereka, dan mereka merasa senang diperhatikan. Bila kondisinya semakin parah bicarakan dengan dokter. Pada kondisi tertentu dokter akan merujuk kepada psikolog atau psikiater untuk membantu mereka mengatasi depresi mereka.

Ketegangan dalam Keluarga

Perawatan di rumah bagi lansia yang sedang sakit merupakan  situasi yang penuh tekanan bagi semua orang yang terlibat. Jika Anda dan keluarga Anda bertindak sebagai pengasuh orang tua di rumah, maka ketegangan dapat muncul di antara keluarga Anda.

Kalau hal ini terjadi, maka Anda harus membicarakan masalah Anda sebelum bertambah buruk. Jika diperlukan, adalah pertemuan keluarga untuk menyampaikan keluhan yang mungkin dimiliki anggota keluarga apa pun, termasuk dari orang tua Anda.

Baca juga :  8 Tanda Orang Tua Anda butuh Perawat Lansia

Perhatikan Emosi Anda Sendiri

Jika Anda bertanggung jawab atas perawatan oran tua, maka kadang menemukan diri Anda yang tanpa sadar menjadi begitu emosional. Merawat orang tua yang sedang sakit itu merupakan menegangkan. Kerap tanpa disadari kemampuan emosi Anda memainkan peran besar saat merawat orang tua Anda.

Sebelum Anda ‘meledak’ karena tertekan, Anda harus memperhatikan kebutuhkan diri Anda. Anda dapat curhat kepada teman, pasangan, atau seorang profesional membicarakan kecemasan Anda dan upayakan untuk mengeluarkan uneg-uneg Anda.

Anda pun tetap memiliki ‘me time’  untuk  memanjakan diri Anda dengan perawatan kecantikan, pijat, liburan akhir pekan, golf, atau bahkan tidur siang dapat membuat Anda happy.

Cara lain untuk menghilangkan stres untuk mengasuh orang tua Anda, Anda dapat  menyewa pengasuh sementara untuk merawat orang tua Anda  yang membuat Anda waktu istirahat atau liburan.  Tetapi terpenting, Anda harus belajar mengenali saat Anda merasa tertekan sehingga Anda dapat mengeluarkan emosi Anda sebelum Anda menjadi terlalu stres.

Cara Mudah Mendapatkan Home Care

Melihat hal demikian, merawat orang tua di rumah bukan hal mudah. Ada beberapa yang mesti diperhatikan dan dipelajari. Namun, bila Anda merasa tak dapat mengurus orang tua Anda sendiri, ada baiknya Anda mencari bantuan home care.

konsultasi mynurz

Salah satunya dengan MyNurz . Anda tidak  lagi bingung mencari perawat untuk mendampingi atau merawat pasien di rumah. Anda tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasanya, dan  Anda tenang bila harus ke luar rumah.

Perawatan home care MyNurz merupakan jasa layanan perawatan kesehatan menyeluruh yang dapat dilakukan di rumah Anda. Layanan perawatan kesehatan mencakup perawat lansia, perawat medis, perawat disabilitas & perawat pendamping orang sakit (pasca stroke, pasca operasi, diabetes).  Selain itu, MyNurz  memiliki perawatan 12 jam per shift atau perawatan singkat (perawatan luka) dan lainnya. Ada juga beberapa layanan paket MyNurz yang merupakan gabungan antara perawat dan terapis.

Bila Anda membutuhkan perawat home care lansia Anda dapat membuka website www.mynurz.com atau hubungi telepon (021) 2205.7505 atau  0811 1929 119. Selain perawat, juga tersedia layanan fisioterapi, terapi okupasi, terapi bicara, dan bidan.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...