Menjaga Kesehatan Untuk Persiapan Mudik Lebaran

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Menjaga Kesehatan Untuk Persiapan Mudik Lebaran

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim. Sebab, di bulan ini umat muslim bisa meraih keberkahan dan segudang pahala dari berbagai aktivitas yang dilakukan. Pada momen ini juga dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk bersilahturahmi dengan teman maupun sanak saudara. Silahturahmi yang bisa dilakukan yaitu dengan mengadakan buka puasa bersama dan melakukan mudik ke kampung halaman.

Selain berlomba-lomba mendapatkan pahala, menjaga kesehatan pada saat bulan puasa juga sangat penting. Hal ini karena saat berpuasa, kita harus menjaga hawa nafsu, termasuk lapar dan haus. Dengan begitu, akan membuat tenaga berkurang menjadi lebih lemas.

Baca juga : Puasa Tetap Aman, Ini Manfaatnya Bagi Pasien Diabetes

Tips Sehat Persiapan Mudik Lebaran

Berikut tips yang bisa dilakukan selama puasa untuk tetap sehat saat mudik lebaran :

Olahraga

Selama berpuasa, olahraga ringan bisa Anda lakukan. Olahraga membuat tubuh lebih berenergi lebih fit. Olahraga ringan yang bisa dilakukan yaitu jogging atau yoga di sore hari menjelang buka puasa.

Hindari Makanan Berminyak Saat Sahur

Pada saat sahur, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang berminyak. Sebaiknya konsumsi makanan yang sehat, seperti sayur dan ikan yang dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang.

Banyak minum air putih

Pada saat berbuka dan sahur, usahakan untuk mengonsumsi air putih yang cukup dan memenuhi kebutuhan harian tubuh akan cairan. Mengonsumsi air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh,  termasuk mencegah terjadi dehidrasi dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Menjaga Kesehatan Untuk Persiapan Mudik Lebaran

Konsumsi kurma dan madu

Kurma merupakan sumber energi yang membantu tubuh bugar kembali setelah berpuasa. Dan, kurma bisa menjaga pencernaan, mencegah sembelit, dan menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang biasanya naik di saat berbuka puasa. Sedangkan madu bermanfaat sebagai sumber energi, vitamin, mineral, maupun dapat menjaga daya tahan tubuh dan stamina.

Baca juga : Cegah Lansia Sakit Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Lakukan Hal Ini Saat Mudik Lebaran

Selain tips kesehatan untuk persiapan lebaran, berikut hal-hal yang bisa dilakukan Anda saat berangkat mudik lebaran :

  • Mempersiapkan diri untuk mudik dengan baik.
  • Membawa obat-obatan yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan kesehatan pribadi. Jika sering mabuk darat, jangan lupa minum obat-obatan yang bisa meredakan mabuk.
  • Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan selama mudik, terutama air putih.
  • Berhenti saat lelah dan meregangkan badan. Duduk berjam-jam selama di perjalanan tentu membuat tubuh pegal dan lelah. Karena itu, hentikan perjalanan saat lelah lalu coba regangkan badan. Stretching sedikit agar badan kembali fit.
  • Minum vitamin. Selain mengonsumsi kurma dan madu, bisa juga minum vitamin di saat sahur agar stamina tetap terjaga.

Jika Anda membutuhkan layanan kesehatan home care saat lebaran atau jasa inval, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail