Menopause dan Penyakit Jantung Pada Wanita

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

menopause dan serangan jantung pada wanitaResiko terkena penyakit dalam serangan jantung akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pada wanita resiko ini akan meningkat pada saat memasuki masa akhir mengalami haid (menopause).

Dr. Nieca Goldberg, dokter spesialis penyakit jantung dari Universitas Langone New York berpendapat bahwa menopausse bukanlah suatu penyakit tetapi merupakan siklus hidup alami dari seorang wanita dan menopause itu sendiri bukanlah penyebab dari penyakit jantung dan pembuluh darah.

Pada kebanyakan wanita, menopause terjadi pada usia 54 tahun dan menurut studi ditemukan bahwa 1 diantara 3 wanita menopause mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah 10 tahun setelah terjadinya menopause.

Hormon Estrogen Ketika Menopouse Berperan Penting

Menurunnya kadar hormon estrogen ketika menopause diduga sebagai faktor yang dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Dengan estrogen pembuluh darah jantung akan lebih elastis dan fleksibel untuk mengakomodasi aliran darah.

Namun, penurunan estrogen pada wanita yang terjadi saat menopause bukanlah satu-satunya alasan dari faktor resiko serangan jantung.

Faktor gaya hidup tidak sehat yang berkelanjutan sampai pada masa menopause seperti merokok dan pola makan buruk dapat meningkatkan resiko pembekuan darah, menurunkan keelastisitasan pembuluh darah dan kadar HDL (kolesterol baik) yang berpotensi menjadi serangan jantung.

Para wanita yang memasuki usia menopouse juga dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik (baca juga: Manfaat Olahraga & Latihan Fisik Bagi Lansia) sebanyak 150 menit seminggu untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung selain itu lakukan tes kesehatan yang penting dilakukan wanita atau pemeriksaan rutin bagi lansia. (Oleh: Dewi P, SKP – American Heart Assosiation Instructure)

Kunjungi MyNurz.Com untuk menemukan Perawat Homecare (Perawat Orang Tua, Perawat Lansia, Perawat Orang Sakit), Fisioterapis, Terapis Wicara & Terapis Okupasi yang sesuai kebutuhan Anda. Atau hubungi customer service kami melalui, Tlp: (021) 3005-3676 | Mobile: 0851-0835-5373 | Email: Support@MyNurz.com.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...