MotionAid, Teknologi Canggih Mudahkan Lansia Beraktivitas

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

MotionAid, Teknologi Canggih Mudahkan Lansia Beraktivitas

Jangan biarkan lansia hanya di rumah, menyendiri, dan merasa tersisih. Mereka masih bisa beraktivitas, apalagi dengan bantuan beragam produk berteknologi canggih, MotionAid.

Pada lansia umumnya diikuti dengan kondisi penurunan fisik yang membuatnya sulit bergerak dengan bebas. Belum lagi bila orang tua Anda mengalami satu penyakit tertentu, misalnya kelumpuhan usai serangan stroke atau proses pemulihan usai operasi, membuat kondisinya lemah.

Namun begitu, tidak sedikit lansia yang masih aktif dan tetap ingin berjalan-jalan, hanya saja memang tidak memiliki stamina seperti waktu muda. Bukan berarti lansia hanya berdiam diri di rumah saja dan tidak lagi beraktivitas.

Melihat hal ini sebetulnya kita bisa berpaling pada kemajuan teknologi yang dapat membantu gerak seseorang, termasuk orang yang less able, lansia, atau disabilitas. Saat ini banyak kemajuan teknologi yang dapat membantu gerak banyak orang-orang sehingga tetap memungkinkan gerak seseorang. Di Indonesia salah satunya adalah MotionAid.

Awalnya, Sulit Mencari Produk Mobilitas Lansia

MotionAid hadir pertama kali pada tahun 2010. “Saat itu masih bernama PT Hidup Berkat Rahmat Anugerah yang merupakan family business. Singkat cerita awal kami mendirikan perusahaan ini, terinspirasi dari buyut saya. Waktu ini buyut saya berusia 90 tahun namun dia masih aktif dan suka jalan-jalan. Namun yang menjadi masalah adalah ketika memindahkan buyut saya ke mobil, hal tersebut menjadi phsycal burden bagi saya. Sehingga akhirnya ayah saya mencoba mencari kursi mobil yang dapat berotasi keluar sehingga akses naik dan keluar mobil lebih mudah untuk buyut saya,’” jelas Richie Bestianto, General Manager MotionAid saat dijumpai MyNurz beberapa waktu lalu.

“Sejak itu kami berpikir kalau ada kebutuhan dari keluarga kami tentang kursi yang mobile, kami yakin pasti selain kami ada keluarga-keluarga lain yang membutuhkannya. Akhirnya Ayah saya mendaftarkan perusahaan kami, untuk menjadi distributor resmi produk produk mobilitas dari berbagai macam brand baik Eropa dan Amerika, yang memang memiliki teknolgi dan kualitas terbaik,” tambah Richie.

MotionAid, Teknologi Canggih Mudahkan Lansia Beraktivitas

Berjalannya  waktu kian banyak brand yang ditangani. “Namun, kami belum mempunyai nama sendiri yang memayungi seluruh brand. Akhirnya tahun lalu kami berkonsultasi dengan konsultan brand dan kami membuat nama Motion Aid. Kami sekarang kian banyak menangani berbagai brand seperti Autoadapt, Fiorella, Braun Ability, Feal, Unwin, dan lainnya” katanya.

Salah satu tantangan bagi Richie yang menjalani bisnis dengan produk lansia ini memang masih membutuhkan kerja keras untuk memperkenalkannya ke masyarakat.  “Saat ini saya masih harus memberi edukasi masyarakat. Banyak yang belum tahu bagaimana membantu mobilitas orang tua mereka di dalam dan luar rumah. Saya kadang menemui mereka bingung untuk mengajak orang tua mereka jalan-jalan namun mereka tidak tahu cara agar lebih mudah,”  tambahnya.

Namun begitu,  Richie yakin suatu saat saat produk-produknya akan makin laris. “Dengan meledaknya jumlah lansia pada 2030, saya sedang menyiapkan produk yang kian banyak dibutuhkan  banyak lansia.  Dengan edukasi saya yakin suatu saat produk-produk ini  akan banyak dikenal dan digunakan lansia di Indonesia.”

Jenis Produk Khusus Lansia dari MotionAid

Di Indonesia terkait dengan nilai budaya orang tua lebih dihormati, menjadi hal yang wajar lansia  tetap tinggal bersama di rumah anaknya. “Orang memang lebih nyaman tinggal di rumah bersama dengan keluarga dibanding harus ke panti werdha (panti jompo).  Berbeda dengan di luar negeri dengan kondisi lansia yang menuntut kemandirian, teknologi ini dapat membantu lansia di sana. Namun, di sini kita juga dapat memakai untuk memudahkan dan kenyamanan lansia di rumah. Malah lansia tambah senang karena berada di rumah dengan alat bantu gerak mereka,” ungkap Richie.

Beberapa produk favorit  tersedia di MotionAid, seperti Swivel Seat Lifts yang dapat membantu memindahkan dari kursi roda ke kendaraan dengan mudah.

Dengan adanya instalasi Swivel Seat Lifts ini, yang lebih dikenal dengan istilah mobil welcab di Indonesia, akan membantu orang tua dan penyandang disabilitas yang mengalami keterbatasan gerak. Singkatnya, kinerja dari powered rotating side lift up seat ini, dapat berputar ke arah ke luar pintu mobil kemudian turun ke bawah.

Berbeda dengan Wheelchair Lift dan portable ramp di sini pengguna kursi roda harus berpindah dari kursi roda miliknya, namun tetap memberikan kenyamanan karena pengguna duduk di kursi mobil.

Selain itu, ada juga Wheel Chair Ramps, yang dapat membantu dipindahkan ke dalam mobil untuk bergerak dan setelah tiba sampai tujuan dapat turun kembali.

Dengan adanya instalasi Wheelchair Lift ini, menjadi solusi akses naik dan turun dari mobil melalui pintu belakang. Sehingga selama proses pengoperasian lift berlangsung pengguna kursi roda tetap berada di kursi roda miliknya.

Pengoperasian yang praktis hanya menggunakan remote, serta dilengkapi juga dengan pengait yang mengunci kursi roda untuk faktor keselamatan.

MotionAid, Teknologi Canggih Mudahkan Lansia Beraktivitas

Kendaraan yang satu ini diadaptasi oleh berbagai macam alat meliputi Swivel Seat Lift, Wheelchair Transfer, dan Portable Ramp; yang dapat menjadi alat aksesibilitas pendukung untuk masuk dan keluar dari mobil

“Motion Aid dapat memodifkasi mobil agar menjadi lebih aksesibel, contohnya kami memiliki armada Nissan Evalia yang dilengkapi dengan Swivel Seat Lift  dan Wheelchair Lift. Armada ini bisa menjadi mobil demo, dan juga disewakan untuk membantu lansia dan penyandang disabilitas. Ini adalah wujud nyata MotionAid dalam menghadirkan solusi bagi less abled untuk memperoleh aksesibilitas mereka kembali,” jelas Richie.

“Motion Aid dapat memodifkasi mobil agar menjadi lebih aksesibel, contohnya kami memiliki armada Nissan Evalia yang dilengkapi dengan Swivel Seat Lift, dan Wheelchair Lift. Armada ini bisa menjadi mobil demo, dan juga di sewakan untuk membantu lansia dan penyandang disabilitas. Ini adalah wujud nyata MotionAid dalam menghadirkan solusi bagi less abled untuk memperoleh aksesibilitas mereka kembali dalam mewujudkan mobil difabel dan lansia yang ramah. Adaptasi ini juga dapat dilakukan pada berbagai macam jenis kendaraan, dengan demikian Anda pun dapat mengubah kendaraan Anda untuk orang-orang  yang Anda cintai,” jelas Richie

Salah satu produk unik yang dimiliki MotionAid adalah Wheel Chair Lift. Ini merupakan cara untuk membantu memindahkan lansia dari satu lantai ke lantai lain dengan posisi duduk. Secara sederhana stair lift ini akan membantu pengguna yang mengalami kesulitan ketika ingin naik atau turun tangga.

Di sini lansia dapat pindah mudah dari lantai atas ke bawah atau sebaliknya. Active Wheel Chair yang dapat disesuaikan dengan kondisi seseorang, yang ringan dan memudahkan gerak seseorang lainnya.

Stair lift sudah cukup familiar di luar negeri dan digunakan oleh lansia atau warga senior untuk melancarkan mobilitas mereka ketika di rumah. Stair lift ini sudah diuji dan memiliki life cylce hingga lebih dari 36.000 kali, yang berarti dapat digunakan lebih dari puluhan tahun,” tambah Richie lagi.

Cara Mudah Dapatkan Produk MotionAid

Melihat teknologi tinggi dan kualitas beragam vehicle di MotionAid memang tidak dapat terbilang murah. “Kami mendatangkan produk yang terbaik tidak terbilang murah. Namun, begitu adanya produk seperti ini merupakan cara baru untuk memberi yang terbaik untuk orang tua. Paling penting membuat mereka senang berada di rumah dan tetap dapat melakukan aktivitas di rumah.  Selain itu,  sebagai tanda peduli pada orang tua untuk menjaga mereka  tetap bergerak dengan aman di rumah,” jelas Richie lagi.

Untuk itu saat ini MotionAid menyewakan kendaraan yang memiliki Swivel Seat Lifts yang memudahkan lansia bepergian. “Jadi kami bisa menyewakan per hari atau beberapa hari. Selain itu untuk memudahkan pembayaran, kami sedang menjajaki kerjasama dengan salah satu perusahaan peer to peer landing yang memungkinkan pembayaran dengan cara angsuran. Dengan senang hati kami membantu siapa pun yang membutuhkan beragam informasi seputar produk-produk ini.  Untuk memperluas pasar saya juga berencana membuka cabang di kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Medan, Surabaya, dan lainnya,” jelas  Richie menutup pembicaran dengan MyNurz.

Jika Anda membutuhkan layanan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...