Musim Hujan Tiba, Ini Panduan Merawat Pasien Demam Berdarah dengan Perawat Home Care

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai merebak di sejumlah daerah, terutama saat memasuki musim hujan seperti saat ini. Demam berdarah dengue adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Penyakit demam berdarah yang ringan dapat menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot serta sendi. Sedangkan penyakit demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba drastis dan bahkan bisa berujung kematian.

Baca juga : Hati-Hati! Luka Pasca Operasi Bisa Terbuka Kembali, Panggil Perawat Home Care Untuk Merawatnya

Gejala Demam Berdarah

Gejala demam berdarah dimulai sekitar empat sampai sepuluh hari setelah pasien mendapat gigitan dari nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus. Pada anak-anak yang sebelumnya tidak pernah terinfeksi, gejala demam berdarah yang dialami cenderung lebih parah dibanding dengan orang dewasa. Berikut beberapa gejala demam berdarah yang sebaiknya tidak boleh diabaikan oleh pasien :

Demam tinggi secara tiba-tiba

Demam mungkin sering terjadi pada banyak penyakit. Namun pada gejala demam berdarah, demam terjadi secara tiba-tiba dan banyak orang yang tidak tahu perbedaan demam biasa dengan demam yang disebabkan oleh DBD.

Perbedaan yang kontras antara gejala demam berdarah dengan  gejala demam lainnya adalah demam DBD bisa mencapai 40 Celcius. Demam pada DBD bisa terjadi selama dua sampai tujuh hari.

Nyeri pada otot

Di awal sebelum menemukan bahwa pasien terjangkit demam berdarah, pasien akan merasakan nyeri pada bagian otot dan sendi. Gejala demam berdarah ini disertai dengan tubuh menggigil dan berkeringat.

Sakit kepala

Gejala selanjutnya yang akan muncul adalah sakit kepala. Biasanya rasa sakit terjadi di sekitar dahi. Sakit kepala juga disertai dengan sakit pada bagian belakang mata.

Mual dan muntah

Pada beberapa orang, masalah pencernaan juga bisa terjadi, seperti mual dan muntah. Selain itu, bagian perut atau punggung terasa tidak nyaman. Gejala ini bisa terjadi selama dua sampai empat hari.

Kelelahan

Demam disertai nyeri otot dan masalah pencernaan yang terjadi pada pasien DBD dapat menurunkan nafsu makan. Tentu hal ini menyebabkan tubuh menjadi kelelahan karena kurangnya asupan makanan dan sistem imun tubuh yang melemah.

Baca juga : Harga Lebih Terjangkau dengan Pembelian Layanan Home Care Jangka Panjang

Perawatan Home Care Demam Berdarah

Jika Anda atau keluarga terinfeksi virus dengue, maka melakukan pengobatan di rumah untuk menggantikan perawatan di rumah sakit bisa menjadi alternatif untuk pemulihan yang cepat dan mengurangi gejalanya. Hal ini dikarenakan tidak ada penanganan spesifik untuk DBD, kebanyakan pasien biasanya pulih dalam 2 minggu.

Jika Anda atau keluarga mengalami gejala demam berdarah ringan maka ada baiknya mengonsumsi asupan cairan mulai dari air putih hingga jus buah. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah dehidrasi karena demam, serta membantu menurunkan demam.

Selain itu, konsumsi paracetamol untuk meringankan nyeri dan menurunkan demam. Lebih baik konsultasikan perawatan kesehatan ke dokter untuk mengetahui obat mana yang sebaiknya dikonsumsi. Lakukan juga istirahat secara total sebagai cara untuk mempercepat pemulihan.

Perawatan home care untuk pasien demam berdarah bisa dengan memanggil perawat yang bisa standby 24 jam di rumah untuk mengatur minum obat dan memasangkan infus. Hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus ditangani dengan perawat home care profesional.

Jika Anda membutuhkan perawat home care untuk penyakit demam berdarah, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2205 7505 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...