Nutrisi Yang dibutuhkan Lansia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

nutrisi yang dibutuhkan bagi lansiaBanyak nutrisi yang dibutuhkan lansia dan tentunya berbagai macam nutrisi tersebut harus diberikan kepada orang yang lanjut usia supaya orang yang sudah lanjut usia ini bisa tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan baik meski usianya sudah mulai tua. Berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh orang lanjut usia ini bisa kita dapat dari berbagai macam makanan dan minuman yang tentunya bisa dikonsumsi setiap hari oleh lansia tersebut.

Akan tetapi, meskipun bisa didapat dari banyak makanan yang minuman yang anda, para lansia atau orang yang menjaga lansia ini harus memperhatikan setiap konsumsi makanan dan minuman yang diberikan kepada lansia tersebut. Dan untuk mengetahui pola makan yang sehat untuk orang lanjut usia. Berikut kami sajikan beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam pola makan orang lanjut usia tersebut.

1. Perhatikan Konsumsi Asam Lemak Omega 3

Asam Lemak Omega 3 merupakan nutrisi yang dibutuhkan lansia, dan Asam Lemak Omega 3 ini bisa anda dapat didalam ikan dan minyak biji rami yang tentu saja anda pun bisa mencarinya dengan mudah di daerah sekitar anda. Menurut para ahli, setidaknya orang lanjut usia ini harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan Omega 3 dua kali dalam jangka waktu satu minggu.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Nutrisi yang dibutuhkan lansia juga terdapat didalam air putih yang sedianya air tersebut dapat membuat kita menjadi lebih segar dan tidak mudah haus. Untuk lansia disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 10 gelas setiap harinya.

3. Perhatikan Konsumsi Garam Setiap Harinya

Kebanyakan orang tua/lansia menderita Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Maka dari itu, lansia ini harus mengurangi makanan berkadar garam tinggi seperti berbagai macam makanan yang diproses, makanan cepat saji, dan makanan yang dibekukan.

Happy extended family having family lunch on a Thanksgiving day. [url=http://www.istockphoto.com/search/lightbox/9786778][img]http://dl.dropbox.com/u/40117171/family.jpg[/img][/url]

4. Perbanyak Asupan Vitamin D dan Kalsium

Seiring bertambahnya usia, maka asupan Vitamin D dan Kalsium pun harus ditingkatkan supaya kesehatan tulang tetap terjaga meski sudah lanjut usia. Salah satu manfaat yang bisa didapat dari tambahan kalsium adalah, untuk menurunkan tekanan darah, dan untuk orang lanjut usia diatas 50 tahun harus mengkonsumsi setidaknya 1.200 miligram per-hari, atau setara dengan meminum susu sekitar 4 cankir susu per-hari.

5. Cobalah Membuat Smoothies Jika Lansia Susah Untuk Makan

Terkadang orang yang berada di usia 50 tahun lebih sering kali mengalami kesulitan untuk mengunyah makanan sampai benar-benar hancur dan diproses dengan baik oleh organ dalam tubuh lansia tersebut. Maka dari itu, untuk membantu Lansia atau anda yang sudah berada di umur 50 tahun lebih, cobalah untuk melakukan Smoothies (menghaluskan makanan dengan cara diblender) supaya makanan tersebut lebih mudah untuk dikonsumsi.

Itulah daftar nutrisi yang dibutuhkan lansia dan sedikit cara yang tepat untuk membantu lansia dalam mengkonsumsi makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Semoga dengan adanya informasi kesehatan ini anda bisa mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh lansia dan bagaimana cara membuat lansia supaya bisa tetap menjaga pola makan sehatnya setiap hari supaya lansia tersebut tetap sehat dan dapat menjalani aktivitasnya dengan baik.

Kunjungi MyNurz.Com untuk menemukan Perawat lansia, Fisioterapis, Terapis Wicara & Terapis Okupasi.
Email: Support@MyNurz.com

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...