Ortu Pensiun? Ajak Liburan Ke 5 Tempat Paling Tenang Berikut

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

wisata untuk lansiaIngin menghibur orang tua yang telah pensiun? Jika memiliki tabungan lebih, coba ajak mereka berlibur ke kota surganya para pensiunan. Dijamin tenang dan menyenangkan. Sindrom pasca pensiun kadang menyerang orang tua yang baru menjadi pensiunan. Perubahan sikap dari ceria menjadi diam pun susah dielakkan. Jika orangtua Anda mengalami hal ini. Cobalah untuk mengajaknya liburan di tempat yang menjadi surganya bagi para pensiun. Ajak mereka menikmati masa-masa pensiunnya, di 5 kota ini:

1. Tomohon, Sulawesi Utara

Bepergian ke kota yang menyuguhkan ketenangan dan keasrian sangat cocok untuk para pensiunan. Di sana mereka bisa menghilangkan sindrom paska pensiun dengan menyibukkan diri lewat berbagai aktivitas di pedesaan. Salah satunya adalah Desa Tomohon di Sulawesi Utara.

Kota Tomohon sangat terkenal sebagai kota bunga. Di sini, para pensiunan bisa menghabiskan waktu dengan mengunjungi perkebunan bunga yang ada di sana. Cocok untuk para orang tua yang hobi bercocok tanam. Ajaklah ayah Anda untuk membelikan bunga-bunga cantik yang bisa dihadiahkan untuk sang istri terkasih. Bunga-bunga ini bisa dibeli di kios-kios yang bertebaran di sisi kanan-kiri jalan. Waktu paling baik untuk mengunjungi Tomohon adalah pada bulan Juli. Di bulan ini rutin diadakan festival bunga. Pasti menarik untuk disaksikan.

2. Ciwidey, Jawa Barat

Bandung masih menjadi pilihan untuk berlibur setiap orang, tak terkecuali para pensiunan. Udaranya yang sejuk dan keasrian alamnya berhasil mengundang banyak orang untuk datang berlibur. Jika ingin mengajak orangtua berlibur pasca pensiun, ajak saja ke daerah Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Lepas kepenatan dan kegelisahan orangtua pasca pensiun.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan para pensiun di Ciwidey. Untuk orangtua yang senang dengan berkebun, perkebunan teh Rancabali pasti cocok untuk didatangi. Jalan di Tea Walk sambil menghirup udara segar perkebunan bisa menyegarkan tubuh para pensiunan. Puas ke perkebunan teh, ajak mereka memetik stroberi langsung dari kebunnya. Stress yang melanda pasca pensiun bisa dihilangkan dengan memanjakan diri di kolam pemandian air panas Cimanggu.

3. Gunung Kidul, Yogyakarta

Tempat lain yang cocok untuk dikunjungi para pensiunan adalah kawasan wisata di Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Kawasan wisata Gunung Kidul baru-baru ini dikenal karena keindahan alamnya. Salah satu objek yang bisa dikunjungi adalah Pantai Sundak.

wisata untuk lansia

Pantai Sundak terletak di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Desa Sidoharjo. Pantai ini masih sedikit dikunjungi wisatawan. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Pantai Sundak memiliki pasir putih dan ditumbuhi pandan di sekeliling pantainya. Bermain-main di pantai bersama anak dan cucu, ditambah suasananya yang tenang, cocok untuk dipilih sebagai destinasi liburan untuk menghibur para pensiunan. Jangan lupa untuk menyiapkan pesta barbeque. Pasti menghibur orangtua pasca pensiun.

4. Batu, Jawa Timur

Kota Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur. Kota ini memang sudah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi orang-orang Jawa Timur maupun yang di luar Jawa Timur. Keindahan panorama yang dikombinasikan dengan kesejukan udara dan hamparan hijau sayur mayur asyik, untuk dinikmati pensiunan yang ingin menghilangkan penat.

Anda bisa mengajak orangtua pensiunan berwisata agro bunga, apel, stroberi, dan sayur mayur. Wisata petik apel langsung dari pohon menjadi pilihan utama yang tak boleh dilewatkan. Di Kecamatan Bumiaji, Anda bisa mengajak ibu menghilangkan jenuh pasca pensiun dengan wisata bunga mawar. Sedangkan, di Desa Sumberbrantas Kawasan Cangar, Anda bisa menemui hasil pertanian dan perkebunan sayur. Memetik langsung dari kebun bisa membawa orangtua seolah-olah berada di kebun sendiri. Asyik kan?

5. Bukittinggi, Sumatera Barat

Nah, jika bosan mengajak liburan di Pulau Jawa, tak ada salahnya menyeberang ke Pulau Sumatera. Salah satu kota yang banyak dipilih para pensiunan untuk berlibur adalah Bukittinggi di Sumatera Barat.

Bisa dibilang Bukittinggi adalah puncaknya Sumatera Barat karena udaranya yang sejuk. Jalan-jalan di kota ini bersama orangtua pensiunan pasti asyik. Mulai dari wisata belanja sampai jalan-jalan malam di pelataran Jam Gadang. Di siang hari, Anda bisa mengajak bapak menikmati aneka nasi kapau dan jajanan khas Sumatera Barat di Pasar Lereng. Anda juga bisa mengajak ibu berbelanja tenun khas Sumbar yang ada di Pasar Atas Bukittinggi. Jangan lupa untuk membelikan tenun untuk ibunda, ya!

Kunjungi MyNurz.Com untuk menemukan Perawat lansia, Fisioterapis, Terapis Wicara & Terapis Okupasi.

Email: Support@MyNurz.com

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...