Panduan Makanan Sehat Penderita Stroke

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Panduan Makanan Sehat Penderita Stroke

Pemulihan penderita stroke selain terapi fisik juga butuh makanan. Inilah  jenis makanan khusus penderita stroke untuk memperkuat otot, pemulihan pembuluh darah jantung dan otak.

Nutrisi penting bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, dan bisa berdampak baik pada pemulihan stroke maupun kesehatan setelah seseorang terserang stroke. Sementara beberapa orang yang sedang pemulihan  dari stroke mungkin harus mengikuti pedoman diet sehat. Namun, memilih makanan yang lebih sehat dapat membantu mencegah stroke berulang.

Pentingnya Diet Khusus Penderita Stroke

Orang yang mengalami stroke mungkin berisiko mengalami stroke kedua, terutama jika mereka belum melakukan perubahan gaya hidup sehat.  Selain olahraga yang cukup, menjaga berat badan ideal, dan menghindari tembakau dan alkohol, Klinik Cleveland merekomendasikan diet sehat untuk mengurangi risiko kondisi yang dapat mengakibatkan stroke kedua. Seseorang yang telah terkena stroke harus menghindari makanan tertentu termasuk makanan tinggi garam, gula, kolesterol dan lemak jenuh.

Rekomendasi Diet Umum

Untuk menjaga sirkulasi dan kesehatan jantung usai stroke, perlu pertimbangan makanan tertentu. Dalam hal ini  Klinik Cleveland merekomendasikan biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Tidak hanya seratnya tinggi, tapi juga dikemas dengan nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Lima porsi harian adalah minimum yang disarankan oleh National Stroke Association.

Vitamin dan Mineral Penting untuk Diet Stroke

Sementara nutrisi secara keseluruhan penting, beberapa nutrisi utama bermanfaat untuk pencegahan stroke berulang. Ini termasuk asam folat, kalsium, vitamin B6 dan B12, dan potasium. Meningkatnya jumlah buah, sayuran dan makanan yang diperkaya dalam diet pasca stroke bisa banyak membantu.

Namun, National Stroke Association melaporkan bahwa banyak orang tidak mendapatkan cukup asam folat atau vitamin B dari makanan mereka sendiri. Karena itu meningkatkan jenis kacang lentil, sereal, ikan, dan pisang menjadi makanan sehat dapat membantu kondisi pasien stroke.  Namun, bagi beberapa mungkin mendapat keuntungan dari mengonsumsi suplemen ekstra.

Diet Mediterania Cocok untuk Pasien Stroke 

Diet Mediterania telah lama dianggap sebagai rencana makan sehat jantung, dan juga bisa menguntungkan orang yang telah terkena stroke. Jurnal Stroke melaporkan bahwa dalam beberapa kasus, diet Mediterania dapat mengurangi risiko stroke seseorang sebanyak 60 persen. Diet ini  mencakup minyak sehat, seperti minyak zaitun dan ikan, lebih sedikit makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan lemak hewani jenuh.

Sayuran dan sayuran berwarna sangat tinggi menjadi bagian utama seperti wortel, anggur dan blueberry. Bagian penting lainnya dari diet Mediterania adalah ikan, balsamic vinegar, dan minyak kanola.

Diet Sehat untuk Penderita Stroke

Terkadang setelah terkena stroke, survivor membutuhkan konsistensi makanan yang berbeda. Banyak orang memiliki lebih banyak kesulitan mengunyah atau menelan setelah mengalami stroke. Mereka mungkin membutuhkan makanan cairan yang lebih banyak cairan yang lebih tebal dan  makanan yang lebih lembut.

Selain itu, Klinik Cleveland melaporkan bahwa beberapa orang, bahkan mereka yang dapat menelan, dapat mengambil manfaat dari perubahan konsistensi diet hanya untuk meningkatkan nafsu makan mereka. Mereka menyarankan makanan lembut, serta cairan yang memadai. Dalam beberapa kasus, mengonsumsi camilan berukuran kecil sepanjang hari mungkin lebih mudah bagi seseorang setelah terkena stroke.

Stroke adalah gangguan aliran darah ke sebagian otak Anda, yang disebabkan oleh penyumbatan atau pembukaan arteri atau pembuluh darah. Bergantung pada area otak yang terkena, stroke bisa menyebabkan masalah kognitif, gangguan fisik atau kesulitan berbicara.

Diet  berperan dalam meningkatkan atau menurunkan faktor risiko stroke dan dapat mempermudah kemampuan tubuh seseorang untuk sembuh setelah serangan stroke.  Selain itu, suplemen vitamin tertentu juga dapat membantu otak dan tubuh Anda sembuh setelah terkena stroke. Tanyakan kepada dokter Anda sebelum melakukan suatu diet tertentu atau menggunakan suplemen vitamin.

7 Makanan Sehat untuk Penderita Stroke

Ada beberapa makanan untuk penderita stroke yang dapat membantu pemulihan kondisi stroke:  

Panduan Makanan Sehat Penderita Stroke

Bawang putih

National Center for Complimentary melaporkan bahwa bawang putih mungkin efektif dalam mengurangi perkembangan plak di arteri yang dapat menyebabkan stroke. Selain itu, mengonsumsi bawang putih secara teratur juga dapat menyebabkan sedikit tekanan darah rendah, yang juga dapat menjadi makanan untuk penyakit stroke.

Vitamin C

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, terutama dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa vitamin C dapat membantu melindungi arteri Anda dari kerusakan akibat stroke. Vitamin C, merupakan antioksidan alami yang bisa menurunkan akumulasi plak di arteri yang bisa menyebabkan stroke lainnya. Individu yang memiliki kadar vitamin C lebih rendah memiliki risiko terkena stroke lebih tinggi dan diet yang aya akan vitamin C cenderung mengandung makanan sehat jantung.

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 tersedia sebagai suplemen dan makanan seperti salmon, makarel dan  dan flaxseeds. Asam lemak omega-3, menurut University of Maryland Medical Center, membantu mengurangi risiko kematian setelah mengalami serangan jantung. Lemak ini juga mengurangi risiko terkena stroke lain dengan mengurangi dan mencegah pengembangan deposit plak baru. Asam lemak omega-3 juga dapat menurunkan peradangan yang dapat mengganggu proses penyembuhan setelah stroke. Tanyakan kepada dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 karena pada dosis tinggi, ini bisa mengganggu kemampuan penggumpalan darah Anda atau mengganggu beberapa obat yang diberikan pada pasien stroke.

Selenium

Selenium adalah mineral penting yang ditemukan di  ikan, kerang, dan bawang putih. University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa defisiensi selenium dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke akibat akumulasi plak. Studi mengenai asosiasi asupan selenium dan kejadian penyakit jantung dicampur namun mineral ini sangat dibutuhkan tubuh Anda untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Dengan jumlah selenium yang cukup, sistem kekebalan tubuh Anda dapat membantu tubuh dan otak pulih maksimal usai serangan stroke.

Tomat

Tomat memiliki senyawa licopene yang berguna untuk mencegah radikal bebas. Di samping itu licopene juga dapat mengontrol proses peradangan dan kolesterol buruk dalam tubuh. Suatu studi di Universitas Havard, melaporkan senyawa licopene dapat mencegah proses pembekuan darah yang sangat berbahaya pada penderita stroke.  Tomat penting untuk survivor stroke akibat adanya penggumpalan darah.Panduan Makanan Sehat Penderita Stroke

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran untuk lindungi jantung karena mengandung kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan serat. Selain itu kandungan antioksidan pada brokoli seperti karotenoid, zeaxantin, dan glukobrasin. Adanya anti oksidan dapat brokoli dapat mengurangi risiko kerusakan jantung akibat radikal bebas. Brokoli juga bagus untuk jantung karena dapat menjaga aliran dalam jantung, mencegah pembekuan darah sekaligus mengatasi infeksi.

Susu Rendah Lemak

Bagi survivor stroke disarankan tidak berhenti minum susu. Hanya saja Anda harus menggantinya dengan susu rendah lemak. Susu jenis ini mengandung lemak sedikit dan malah ada yang tidak mengandung lemak sama sekal. Susu mengandung magnesium, kalsium, dan potasium Kandungan ini penting untuk membantu kendalikan tekanan darah dan baik untuk penderita stroke yang memiliki tekanan darah tinggi.

Terapi untuk Penderita Stroke

Saat ini banyak pasien stroke yang membutuhkan perawatan lanjutan. Bila Anda memiliki anggota keluarga yang mengalami stroke dan membutuhkan pemulihan, kini ada paket stroke yang dapat membantu pemulihan pasien.

Oktober ini MyNurz memiliki paket kombinasi perawat dan fisioterapi untuk merawat pasien stroke.

  • Paket Stroke 1 Rp 8.500.000  (perawat 24 jam selama satu bulan, dan fisioterapis 5 sesi).
  • Paket Stroke 2 Rp 7.500.000 (perawat 12 jam selama satu bulan, dan fisioterapis 5 sesi).

Paket ini akan memudahkan Anda melakukan pemesanan perawat dan fisioterapi sekaligus dengan harga terjangkau. Bila Anda membutuhkan perawatan anggota keluarga yang mengalami stroke ada baiknya memanfaatkan paket ini.

Jika Anda membutuhkan jasa terapi untuk stroke, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...