Panduan Yoga untuk Mengisi Liburan

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Article 1 (11)

Bosan berdiam diri di rumah? Terlalu lelah untuk keluar rumah? Mungkin sebaiknya Anda mencoba yoga untuk mengisi waktu libur Anda di rumah. Selain bisa mengurangi rasa bosan, dengan membuka tubuh dan pikiran secara konsisten melalui yoga, tubuh bisa menjadi lebih bugar dan Anda akan merasakan kedamaian dalam diri. Jika Anda belum tahu bagaimana cara memulai yoga, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Cari tempat yang nyaman untuk melakukan yoga

Jika Anda memiliki ruangan ekstra di rumah, gunakanlah ruang tersebut untuk menggelar tikar yoga. Dibutuhkan ruang yang sedikit luas untuk melakukan yoga. Coba cari tempat yang damai dan tenang. Jika Anda suka, simpan lilin aromaterapi atau tongkat dupa di dekat Anda untuk menambah suasana tenang.

Hindari segala kemungkinan cedera

Tips yang satu ini tidak bisa Anda hindari. Perhatikan batas-batas kemampuan Anda terutama pada bagian-bagian tubuh yang rentan. Bagian tubuh tersebut diantaranya lutut, pinggul, tulang belakang dan leher. Jika Anda merasakan sensasi nyeri, sesuaikan gerakan yoga yang Anda lakukan. Jangan paksakan gerakan yoga tersebut jika Anda tidak bisa melakukannya.

Pilih gerakan yoga yang Anda sukai

Untuk memilihnya, Anda bisa harus mengetahui dulu apa yang tubuh dan pikiran Anda butuhkan. Berikut ini adalah beberapa pose yoga yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Warrior

Pose warrior ini bisa membantu Anda menambah kekuatan tulang dan kekuatan tubuh. Tidak hanya itu, pose ini juga bisa membuat betis Anda terlihat lebih kencang.

  • Buka kaki, simpan tangan di samping tubuh Anda.
  • Hadapkan tubuh Anda ke kanan dan langkahkan kaki kanan Anda sekitar 1 meter dengan tumit masih menempel di lantai. Tekuk kaki kanan Anda 90 derajat.
  • Tarik napas dan angkat tangan Anda sejajar dengan bahu.
  • Sambil Anda buang napas, tekuk kaki kanan sampai paha Anda sejajar dengan lantai. Kaki kiri Anda harus tetap lurus.
  • Tahan pose ini sampai 30 detik sambil terus mengatur napas Anda.
  • Ulangi pose dengan kaki kiri Anda.
  1. Bridge

Bridge pose baik untuk pinggul dan bisa membantu menguatkan punggung bagian bawah. Jika Anda jarang bergerak aktif, pose ini cocok untuk Anda lakukan.

  • Mulai dengan berbaring di lantai dengan kaki ditekuk dan tangan berada di samping Anda.
  • Ambil napas sambil menekan tangan Anda ke lantai
  • Buang napas dan kencangkan otot perut Anda sambil angkat panggul dan tulang belakang hingga membentuk seperti jembatan. Tahan selama 30 detik dan kemudian turunkan tubuh Anda perlahan dimulai dari tulang belakang hingga bahu Anda kembali ke lantai. Anda juga bisa menggunakan selimut atau handuk yang dilipat untuk menopang bahu.
  1. Viparita Karani

Pose ini bisa juga disebut dengan Legs Up the Wall. Pose restorative ini bisa membantu melancarkan sirkulasi darah kembali ke jantung.

  • Duduk dengan satu sisi tubuh Anda menghadap dinding. Perlahan-lahan turunkan tubuh Anda ke lantai. Geser kaki Anda sampai menaiki dinding dan punggung kaki Anda menempel pada dinding.
  • Jika Anda tidak bisa meratakan kaki Anda terhadap dinding, mundurkan sedikit tubuh Anda dari dinding dan tekuk lutut sedikit. Posisi lengan tetap datar di samping Anda.
  • Atur napas Anda sambil melakukan peregangan ini selama 30-60 detik

Itulah beberapa langkah dan pose yoga yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda juga bisa mengajak orang tua Anda melakukan yoga bersama karena gerakan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan lansia, agar mereka mendapatkan tubuh yang lebih bugar. Selamat mencoba!

Kunjungi MyNurz.com untuk menemukan perawat, fisioterapis, terapis okupasi, dan terapis wicara sesuai kebutuhan Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...