Pemulihan Lutut Pasca Operasi Dengan Terapi Fisik

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Pemulihan Lutut Pasca Operasi Dengan Terapi Fisik

Setelah melakukan operasi pada lutut Anda, kemungkinan yang dirasakan kaku dan ngilu. Anda akan merasakan sakit dan susah untuk bergerak. Untuk memulihkannya, bisa dibantu dengan terapi fisik yang bisa datang ke rumah. Anda bisa pesan sesuai dengan kebutuhan, apakah membutuhkan alat kesehatan atau tidak dan kapan yang Anda bisa lakukan untuk menjalankan terapi fisik. Ahli terapi fisik akan memberikan program pemulihan untuk beberapa kali pertemuan dan mereka akan membuatkan laporan perkembangan selama terapi.

Untuk mempercepat penyembuhan tulang, selain mengonsumsi makanan untuk kepadatan tulang serta vitamin yang menguatkan tulang dan sendi serta melakukan terapi fisik pasca operasi lutut. Anda juga harus tetap melakukan olahraga. Selain itu, Anda harus banyak mengonsumsi makanan yang akan menghindarkan Anda dari penyebab tulang keropos. Minuman es dapat berpengaruh pada penyembuhan lutut dan menyebabkan rasa nyeri.

Baca juga : Menjalani Terapi Fisik Ternyata Bisa Bikin Pegal-Pegal Hilang Setelah Olahraga

Manfaat Terapi Fisik Pasca Operasi

Terapi fisik sangat berfungsi dalam mengembalikan organ tubuh pada bentuknya semula. Terapi fisik dapat dilakukan pada semua jenjang usia. Terapi fisik akan lebih cepat dilakukan bagi seseorang yang masih berusia muda. Karena tulang anak-anak lebih cepat untuk sembuh dan menyambung kembali dibandingkan dengan orang dewasa.

Terapi fisik memang kadang-kadang sangat melelahkan. Selain itu pelaksanaannya pun juga tak jarang sangat menyakitkan. Akan tetapi, dampak yang diberikan dari hasil terapi fisik akan dirasakan setelah lutut dinyatakan telah sembuh dari pasca operasi. Terapi fisik yang datang ke rumah Anda untuk memulihkan kekakuan pasca operasi lutut memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Mengurangi rasa nyeri
  2. Memperkuat kaki
  3. Mengembalikan gerakan lutut
  4. Mengaktifkan kembali untuk melakukan kegiatan sehari-hari

Baca juga : Fisioterapi Bantu Jaga Keseimbangan Pasca Stroke

Pemulihan Lutut Pasca Operasi Dengan Terapi Fisik

Perawatan Terapi Fisik di Rumah

Setelah menjalani operasi lutut, kebanyakan orang menghabiskan 1 sampai 4 malam untuk dirawat di rumah sakit. Setelah menjalani perawatan, Anda akan dianjurkan untuk menjalani terapi fisik. Di rumah sakit menyediakan layanan terapi fisik, namun tak jarang Anda yang sudah lama menjalani perawatan di rumah sakit merasakan kejenuhan. Namun, Anda tetap bisa menjalani terapi fisik dengan memanggil ahli terapi fisik ke rumah. Dengan berbagai paket latihan yang bisa Anda pilih dan menyesuaikan kebutuhan membuat Anda akan lebih nyaman untuk menjalani latihan pemulihan lutut pasca operasi. Terapi fisik yang bisa dijalankan biasanya 2 kali dalam seminggu selama 2 bulan. Dengan terapi fisik di rumah, Anda juga bisa diajarkan latihan dasar yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Jika Anda membutuhkan terapi fisik untuk pemulihan pasca operasi atau cedera, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...