Penanganan Orang Tua Depresi dengan Perawat Lansia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Penanganan Orang Tua Depresi dengan Perawat Lansia

Depresi pada lansia adalah hal yang cukup sering ditemukan, namun bukan berarti hal ini termasuk normal. Diperlukan jasa perawat lansia untuk perawatan pemulihan depresi. Menurut data WHO, terdapat sekitar 7% dari populasi lansia di dunia yang mengalami gangguan depresi.

Depresi pada lansia menunjukkan gejala yang berbeda-beda, sehingga sering disalahpahami sebagai efek dari penyakit atau pengobatan tertentu. Tidak hanya itu, depresi yang dialami oleh orang dewasa dan lansia juga relatif berbeda.

Baca juga : Cara Perawat Lansia Mengontrol Diabetes Agar Tak Meningkat

Penyebab Depresi Pada Lansia

Depresi pada lansia berbeda dengan depresi pada orang dewasa atau yang berusia lebih muda. Depresi yang dialami oleh lansia kerap muncul dengan penyakit lain atau cacat, dan biasanya berlangsung lebih lama. Depresi pada kaum lansia juga dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung dan kematian akibat penyakit. Selain itu, depresi juga mengurangi kemampuan rehabilitasi lansia.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa dan merawat depresi dengan perawat lansia walaupun hanya depresi ringan. Banyak hal yang membuat lansia depresi seperti kematian pasangan hidup atau saudara, pensiun, relokasi, dan sebagainya.

Dokter dan keluarga mungkin saja tidak menyadari tanda-tanda depresi pada lansia. Akibatnya, penanganan yang tepat sering terlambat, sehingga para lansia harus menghadapi penyakit depresi yang seharusnya bisa dicegah. Berikan pendampingan perawat lansia untuk mengurangi depresinya.

Dokter sangat dianjurkan untuk mengevaluasi potensi depresi pada lansia secara rutin, baik pada kunjungan berobat atau pemeriksaan rutin. Ini bisa dilakukan dengan tanya jawab standar selama konsultasi atau evaluasi lebih lanjut untuk diagnosis dan perawatan lansia lebih cepat.

Perawat Lansia Bisa Cegah Insomnia Penyebab Depresi

Insomnia biasanya termasuk salah satu gejala depresi. Sebuah studi terbaru juga menunjukkan bahwa insomnia merupakan faktor penyebab awal depresi, terutama pada lansia.

Untuk menyembuhkan insomnia, dokter bisa merekomendasikan pendampingan perawat lansia untuk mengontrol pemakaian obat-obatan tertentu yang dinilai dapat meningkatkan risiko turunnya ketajaman otak, depresi pernapasan, dan potensi terjatuh.

Para ahli umumnya lebih merekomendasikan obat antidepresan yang bersifat ringan untuk penderita lansia dengan keluhan insomnia, yang bisa juga dikombinasikan dengan terapi oleh psikiater termasuk memberikan resep obat, psikoterapi, atau keduanya.

Baca juga : Jeli Dalam Memilih Perawat Lansia, Ini Tips untuk Mendapatkannya

Kondisi yang Menimbulkan Lansia Depresi

Meningkatnya risiko depresi pada lansia, terutama dapat ditemukan pada kondisi-kondisi berikut :

  • Kehilangan orang tercinta
  • Kurangnya pergaulan atau kehidupan sosial
  • Mengalami peristiwa hidup yang penuh stres/trauma
  • Pengaruh obat-obatan atau kombinasi obat-obatan tertentu
  • Cacat tubuh, misalnya amputasi, kanker, bekas operasi atau penyakit jantung
  • Riwayat keluarga yang memiliki catatan depresi
  • Takut akan kematian
  • Tinggal sendiri, terisolasi secara sosial
  • Memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes, demensia, hipertensi, serta stroke
  • Pernah ingin mencoba bunuh diri
  • Riwayat depresi sebelumnya

Pengobatan & Pendampingan Perawat Lansia untuk Depresi

Tersedia beberapa pilihan pengobatan depresi pada lansia. Mulai dari pendampingan perawat lansia, pemberian obat-obatan, psikoterapi, konseling atau terapi elektrokonvulsif, dan prosedur stimulasi otak.

Jika Anda membutuhkan jasa perawat lansia, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...