Pencegahan Diabetes Kronis Pada Lansia, Panggil Jasa Perawat Untuk Mendampingi

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Pencegahan Diabetes Kronis Pada Lansia, Panggil Jasa Perawat Untuk Mendampingi

Lansia memiliki sistem kekebalan tubuh yang akan menurun. Kondisi ini akan mengakibatkan kerentanan tubuh terhadap serangan penyakit, termasuk diabetes melitus (DM).

Pada lansia, mengontrol diabetes sangatlah penting agar terhindar dari komplikasi akut (hipoglikemia, dehidrasi ringan) maupun komplikasi kronis (stroke, penyakit jantung koroner, kebutaan, impotensi).

Baca juga : 5 Cara Perawat Home Care Membersihkan Luka Agar Terhindar dari Infeksi

Pencegahan Diabetes Kronis Pada Lansia

Untuk mencegah terjadinya komplikasi kronis, berikut adalah penanganan yang perlu dilakukan oleh para lansia yang memiliki diabetes :

Mengontrol Gula Darah

Dengan kontrol gula darah yang baik, risiko komplikasi makrovaskular dapat dikurangi. Kontrol gula darah ini tidak perlu terlalu ketat pada lansia mengingat risiko hipoglikemia pada lansia penderita DM. Target kontrol gula darah ditentukan oleh status kesehatan serta kemampuan fisik  dan mental.

Mengontrol Tekanan Darah

Hipertensi merupakan salah satu faktor yang berperan dalam terjadinya komplikasi makrovaskular dan mikrovaskular pada DM. Studi The UK Prospective Diabetes Study menunjukkan bahwa kontrol tekanan darah yang baik dengan antihipertensi manapun dapat menurunkan risiko komplikasi makrovaskular dan mikrovaskular.

Mengontrol Lemak Darah

DM dianggap sebagai faktor risiko yang setara dengan penyakit jantung koroner, sehingga penanganan DM harus dikelola secara disiplin, yaitu harus mencapai target kadar kolesterol LDL <100 mg/dl. Pada pasien yang juga menderita penyakit pembuluh koroner atau mempunyai komponen sindrom metabolis lain, maka dianjurkan kadar kolesterol LDL <70 mg/dl. Banyak studi memperlihatkan bahwa penurunan kadar kolesterol dapat mengurangi kejadian kardiovaskular pada lansia dengan DM.

Baca juga : Perawat Dampingi Anak Memulihkan Penyakit Stroke

Jasa Perawat Khusus Lansia Diabetes

Tantangan terberat pengobatan diabetes pada lansia adalah sifatnya yang jangka panjang dan diperlukan kedisiplinan pada si lansia itu sendiri. Para ahli mengatakan bahwa para pasien diabetes perlu untuk selalu berusaha menjaga agar kadar gula didalam darahnya mendekati kadar gula darah Non-diabetes. Hal ini mungkin akan terdengar mustahil untuk para pasien diabetes itu sendiri.

Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan memanggil jasa perawat untuk melakukan tes kadar gula dalam darah. Jika  darah mengandung terlalu sedikit atau terlalu banyak gula didalamnya maka perawat pada umumnya akan menyarankan perubahan menu makanan sehat yang lansia konsumsi selama ini. Bukan hanya itu, perawat juga akan menyarankan lansia untuk melakukan olahraga ringan dan memeriksa kembali obat-obatan yang dikonsumsi.

Jika Anda membutuhkan jasa perawat untuk lansia dengan penyakit diabetes, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...