Tekanan Darah Tinggi? Waspada Penyakit Ini!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

1

Tekanan berlebihan pada dinding arteri disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang dapat merusak pembuluh darah, serta organ tubuh Anda. Semakin tinggi tekanan darah Anda dan semakin lama hal ini berlangsung, semakin besar kerusakan yang dialami organ tubuh Anda.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali dapat mengarahkan Anda pada penyakit-penyakit berikut:

  1. Serangan jantung atau stroke. Hipertensi dapat menyebabkan pengerasan dan penebalan pada pembuluh darah (aterosklerosis), yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke atau komplikasi lainnya.
  2. Aneurisma. Peningkatan tekanan darah dapat melemahkan pembuluh darah, membuat pembuluh darah menggumpal, dan membentuk aneurisma. Jika aneurisma pecah bisa mengancam kehidupan seseorang.
  3. Gagal jantung. Untuk memompa darah dengan tekanan yang lebih tinggi dalam pembuluh darah Anda, otot jantung Anda menebal. Akhirnya, otot menebal  itu kesulitan memompa darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda, yang dapat menyebabkan gagal jantung.
  4. Melemahkan dan menyempitkan pembuluh darah ginjal. Hal ini dapat merusak fungsi ginjal.
  5. Penebalan, penyempitan atau perobekan pembuluh darah mata. Hal ini dapat mengakibatkan seseorang kehilangan penglihatan.
  6. Sindrom metabolik. Merupakan gabungan dari beberapa kondisi dalam tubuh yang terjadi, seperti, peningkatan jumlah lemak di pinggang, peningkatan gula darah dan kekurangan HDL (kolesterol baik). Kondisi ini juga bisa menimbulkan penyakit lain seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke.
  7. Kesulitan mengingat atau memahami. Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali bisa mempengaruhi kemampuan Anda untuk berfikir, mengingat, dan belajar. Masalah dalam memori atau pemahaman ini sering terjadi pada seseorang dengan tekanan darah tinggi.

Risiko tekanan darah tinggi ini juga bisa dipengaruhi oleh usia seseorang. Banyak lansia yang mengalami penyakit-penyakit yang tadi telah disebutkan, itu adalah akibat dari darah tinggi. Penyakit yang mereka alami tersebut membutuhkan perawatan intensif. Salah satu kasus yang paling banyak terjadi pada lansia akibat hipertensi adalah penyakit stroke. Jika Anda memiliki keluarga atau kerabat yang sudah lanjut usia mengalami stroke, maka mereka memerlukan perawatan yang intensif. Pasalnya obat untuk penyakit komplikasi hipertensi hanya bisa meredakan keluhan agar mereka bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Pasien stroke biasanya membutuhkan perawatan khusus di rumah. Apalagi jika mereka sudah harus menggunakan alat-alat bantu medis untuk menunjang kehidupan mereka seperti keteter, selang sonde, dll. Jika Anda membutuhkan perawat untuk datang ke rumah Anda bisa pesan di sini. Memberikan perawatan yang terbaik bisa membantu mereka mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.  

Kunjungi MyNurz.com atau hubungi 021-2205-7505 / 0811-8199-119 untuk menemukan perawat, fisioterapis, terapis okupasi, dan terapis wicara sesuai kebutuhan Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...