Peringati Hari HIV/AIDS, Ini Peran Perawat Medis Selama Dampingi Pasien

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. Alasan diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah HIV/AIDS di seluruh dunia. Peringatan pada tahun ini merupakan yang ke-30. Pada tahun ini tema peringatan Hari HIV/AIDS Sedunia yakni ‘kenali statusmu’. Tujuan tema tersebut untuk mencapai dua hal yakni mendorong semua orang untuk mengetahui status infeksi HIV/AIDS melalui pemeriksaan di laboratorium klinik. Kedua, mendesak pembuat kebijakan kesehatan untuk membentuk agenda ‘sehat untuk semua’. Peluang penularan HIV/AIDS cukup tinggi khususnya penularan dari ibu ke anak yakni 20-45 persen. Perawat medis sangat berperan dalam mendampingi pasien HIV/AIDS. Kenali lebih luas mengenai peran perawat medis saat merawat pasien.

Baca juga : Waspada Penyakit Autoimun, Begini Perawat Medis Memulihkannya

Perawat Medis Ajak Pasien HIV/AIDS Bersosialisasi

Tidak benar jika perawat medis memilih merawat pasien HIV/AIDS dengan mengurung dalam suatu ruangan tertutup. Walaupun terjangkit oleh penyakit yang dapat menyebabkan kematian, secara mental pasien juga membutuhkan interaksi sosial dengan orang lain karena mereka juga tetaplah mahluk sosial.

Pasien HIV/AIDS ketika megetahui jika tubuhnya memiliki penyakit berbahaya secara tidak langsung hal ini akan mengguncang mental yang dimilikinya, hal ini akan diperparah dengan sikap orang disekitarnya yang seolah memandang HIV/AIDS sebagai sebuah aib ditengah masyarakat. Perawat medis akan mengajak pasien untuk berbincang dan berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya di rumah yang dapat membantu kesehatan mental pasien.

Selain itu, banyak persepsi yang salah dan keliru mengenai penularan virus HIV/AIDS sehingga membuat orang-orang di sekitarnya enggan untuk mendekati bahkan untuk berada di dekat pasien karena takut akan penularan HIV/AIDS melalui pakaian. Namun perlu diketahui bahwa virus HIV/AIDS hanya dapat di tularkan melalui cairan tubuh manusia yang didalamnya terkandung sel CD4 atau sel sistem kekebalan tubuh manusia  dan tidak akan mungkin terjadi penularan HIV/AIDS melalui keringat.

Oleh karena itu tidak ada salahnya perawat medis mengajak pasien untuk terlibat dalam berbagai aktivitas, selain dapat membuat kesehatan pasien menjadi lebih baik juga dapat membantu membuka perasaannya terhadap sekitar bahwa masih banyak orang disekitarnya yang peduli dan mengerti.

Baca juga : Yuk, Jeli dalam Memilih Jasa Home Care

Tugas Perawat Medis Merawat Pasien HIV/AIDS

Terdapat berbagai macam cara dalam merawat seorang pasien HIV/AIDS di rumah. Pasien membutuhkan dukungan tak hanya berasal dari dalam dirinya namun juga memerlukan dorongan dari luar yang dapat berasal dari perhatian dan dukungan keluarga dan sahabat.

Hal terpenting dalam memperjuangkan hidup dari pasien HIV/AIDS adalah perawat medis selalu membantu untuk menjalani hidup sehat serta rajin dalam mengonsumsi obat yang telah diberikan sebagai cara menjaga kesehatan pasien HIV/AIDS. Dengan demikian gejala dan tanda akibat virus HIV/AIDS dapat berkurang kemunculannya.

Saat merawat pasien HIV/AIDS, perawat medis memberikan obat secara oral maupun suntikan. Dalam hal ini, perawat medis menggunakan jarum suntik dengan sangat berhati-hati untuk menghindari penularan yang tidak diinginkan. Selain itu, perawat medis akan membersihkan permukaan segera setelah terkena darah atau cairan tubuh seperti sperma, cairan vagina, dll. Perawat medis menerapkan tindakan keselamatan saat membersihkan. Dengan begitu, apa yang dilakukan perawat medis dapat membunuh virus pada permukaan dan mengurangi risiko terkena infeksi.

Jika Anda membutuhkan perawat medis untuk mendampingi serta merawat pasien HIV/AIDS dengan baik, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2205 7505 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...