Perawat Berikan Latihan Otak Agar Lansia Tidak Mudah Pikun

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Perawat Berikan Latihan Otak Agar Lansia Tidak Mudah Pikun

Perawat lansia mendampingi orang tua dengan pelatihan-pelatihan dalam menjalani aktivitas keseharian. Data Badan Kesehatan Dunia menunjukkan bahwa sekitar 50 juta orang di dunia mengalami pikun, atau secara medis disebut sebagai demensia. Kondisi ini kerap dialami oleh para lansia. Pikun sendiri merupakan suatu kondisi otak yang tak dapat disembuhkan tetapi dapat diperlambat dan dicegah dengan latihan otak.

Macam-macam Pelatihan

Mengasah otak tak membutuhkan peralatan atau perlengkapan yang kompleks. Dengan latihan otak yang sederhana saja, perawat lansia bisa membantu mencegah pikun pada orang tua. Berbagai pelatihan yang bisa dilakukan oleh lansia seperti :

Baca juga : Penanganan Orang Tua Depresi dengan Perawat Lansia

Hafalkan lirik lagu

Biasanya lansia senang menyanyikan tembang kenangan di masa lampau. Mendengarkan musik dan menyanyikan liriknya bisa jadi cara yang sangat efektif untuk melatih daya ingat. Perawat lansia bisa memilihkan lagu sesuai kesukaan orang tua. Lalu mereka mendengarkan dan lantunkan berulang-ulang.

Setelah itu, perawat lansia memberikan latihan untuk orang tua dengan menulis liriknya di secarik kertas. Hal tersebut dapat menstimulasi otak lansia untuk bertanggung jawab atas kemampuan memori, motorik, dan seni.

Menggambar peta

Dengan menggambar peta sederhana lingkungan rumah atau menggambar jalan yang dilewati dari rumah ke sebuah pusat perbelanjaan saja, sudah sangat efektif untuk melatih otak lansia. Dengan menerapkannya, lansia telah melatih memori dan kemampuan visuospasial.

Hafalkan daftar belanja

Saat akan melakukan belanja mingguan atau bulanan, banyak orang yang memiliki kebiasaan menulis barang-barang apa saja yang akan dibelanjakan atau mencatatnya di telpon selular. Jika orang tua Anda juga melakukannya, mulailah tantang otak mereka lebih lanjut dengan menghafalkan daftar belanja tersebut setelah mencatatnya. Ciptakan teknik cerdik untuk menghafalkannya dengan efektif.

Mempelajari bahasa baru

Beberapa studi membuktikan bahwa mempelajari bahasa baru dan menggunakannya untuk percakapan sehari-hari dapat memperlambat terjadinya demensia dan memperlambat proses penuaan pada otak.

Selain itu, mempelajari bahasa baru tentu akan membantu memperluas pergaulan atau mempermudah orang tua berkomunikasi jika bepergian ke luar negeri.

Baca juga : Perawat Lansia untuk Solusi Perawatan Orang Tua di Rumah

Modifikasi kebiasaan Anda

Kebiasaan apa yang rutin orang tua Anda lakukan sehari-hari? Cobalah memodifikasi kebiasaan tersebut. Misalnya, orang tua membuat teh setiap pagi dan mengaduk teh tersebut menggunakan tangan kanan. Modifikasi kebiasaan tersebut dengan tetap membuat teh tetapi mengaduknya dengan tangan kiri.

Belajar bermain musik

Belajar bermain musik memang punya banyak manfaat. Siapa sangka salah satu manfaatnya adalah dapat membantu mencegah gangguan daya ingat dan pikun.

Studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan bermain musik memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami demensia dan gangguan memori.

Bermain board games

Board games selalu menyenangkan untuk dimainkan, terutama jika dimainkan bersama-sama dengan keluarga.

Siapa yang tak kenal catur, puzzle, sudoku, atau teka-teki silang? Permainan tersebut baik untuk mengasah memori, konsentrasi, logika, serta koordinasi tangan dan mata.

Selain melakukan latihan otak di atas, ingatkan orang tua untuk menjaga gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang dan berolahraga. Hindari asap rokok dan pastikan tidur dalam jumlah yang cukup. Semua usaha tersebut akan membantu lansia tetap sehat dan otak pun tetap terasah hingga bebas pikun.

Jika Anda membutuhkan layanan perawat lansia, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail