Perawat ke Rumah Khusus Pemulihan Pasca Operasi Usus Buntu

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Perawat ke Rumah Khusus Pemulihan Pasca Operasi Usus Buntu

Perawatan penyembuhan dan pemulihan pasca operasi usus buntu umumnya berlangsung selama dua sampai enam minggu. Selama masa penyembuhan dan pemulihan, dokter akan menjadwalkan pemeriksaan rutin bagi pasien. Anda juga bisa memanggil perawat yang bisa datang ke rumah untuk perawatan luka pasca operasi. Selain itu, diperlukan kesadaran Anda untuk membantu pemulihan lebih cepat. Berbagai tips bisa dilakukan seperti tidak memakai pakaian ketat dan menghindari makanan berlemak.

Baca juga : Butuh Bantuan untuk Suntik Diabetes? Panggil Perawat Home Harian Visit ke Rumah

Tips Pemulihan Pasca Operasi Usus Buntu

Kebanyakan pasien pasca operasi usus buntu biasanya masih butuh obat penghilang rasa sakit. Sebagian lainnya mungkin hanya cukup minum antibiotik saja. Selain obat-obatan, berikut terdapat beberapa cara agar pemulihan pasca operasi usus buntu :

Olahraga ringan

Setelah 1 minggu operasi usus buntu, Anda akan merasa sangat lelah. Oleh karena itu, mengonsumsi obat secara rutin memang diperlukan agar dapat beraktivitas secara aktif, tetapi tentu harus beristirahat yang banyak. Cobalah untuk berjalan 2-3 kali perhari, tidak perlu lama-lama. Hal ini bisa mengurangi risiko pembekuan darah setelah operasi dan membantu proses pemulihan.

Menghindari makanan berlemak

Setelah operasi usus buntu, kemungkinan besar harus membatasi makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Hindari makanan berlemak selama beberapa hari pertama karena dapat menyebabkan diare atau mual seusai operasi.

Perawat ke Rumah Khusus Pemulihan Pasca Operasi Usus Buntu

Kurangi batuk dan angkat beban

Mulailah untuk berlatih pernapasan dalam 10 kali setiap jam dan setidaknya 2 kali batuk setiap 12 jam per hari. Hal ini dianjurkan untuk dilakukan seminggu pertama setelah operasi usus buntu, sehingga mampu mengurangi risiko terkait paru dan pneumonia.

Usahakan untuk meletakkan bantal di atas jahitan operasi dan menekannya dengan lembut ketika batuk. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi tekanan pada bekas jahitan. Selain itu, Anda juga tidak dianjurkan untuk mengangkat beban yang berat, sehingga tidak menganggu bekas jahitan di perut Anda.

Jangan pakai pakaian ketat

Usahakan untuk tidak memakai pakaian yang ketat setelah operasi dilakukan. Hal tersebut dapat menyebabkan gesekan antara pakaian dengan bekas jahitan, sehingga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit. Oleh karena itu, pakai pakaian yang cukup longgar agar Anda lebih nyaman, jadi bisa mempercepat pemulihan setelah operasi usus buntu.

Alihkan pikiran dari rasa sakit

Istirahat yang cukup memang penting, tetapi terkadang pada saat-saat tertentu timbul rasa sakit setelah operasi. Walaupun memang hal tersebut wajar, usahakan untuk beristirahat sambil melakukan aktivitas yang dapat mengalihkan rasa tersebut. Misalnya, mendengarkan lagu atau membaca buku, setidaknya kegiatan yang tidak membutuhkan tenaga besar.

Baca juga : Pencegahan Diabetes Kronis Pada Lansia, Panggil Jasa Perawat Untuk Mendampingi

Mudahnya Panggil Perawat ke Rumah

Tanpa perlu datang ke rumah sakit atau klinik, dengan kecanggihan teknologi membuat kita memiliki kemudahan untuk memanggil tenaga medis seperti dokter, perawat, dan terapis untuk datang ke rumah. Tugas yang bisa dilakukan oleh perawat di rumah yaitu sebagai berikut :

Menjaga jahitan tetap bersih

Perawat di rumah memastikan menjaga area bekas jahitan tetap bersih pasca operasi usus buntu. Selain itu, perawat selalu memperhatikan apakah ada tanda-tanda infeksi yang dapat terjadi jika Anda merasakan sakit atau demam lebih dari 38°C.

Rutin memberikan obat

Rutin memberikan obat yang diberikan oleh dokter adalah sebuah kewajiban perawat di rumah yang tidak boleh dilewatkan. Perawat akan mengatur Anda untuk makan terlebih dahulu dan setelah itu memberikan obat.

Proses pemulihan pasca operasi usus buntu membutuhkan waktu yang cukup lama. Tidak ada yang instan untuk menghindari rasa sakit yang dirasakan pasca operasi. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan layanan home care untuk perawatan pasca operasi, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail