Perawat Lansia Bantu Suntik Insulin Diabetes di Rumah

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Perawat Lansia Bantu Suntik Insulin Diabetes di Rumah

Suntik insulin pada penyakit diabetes yang dialami lansia tidak bisa disuntikkan di sembarang tempat. Perlu pendampingan perawat lansia untuk melakukan penyuntikan. Hormon pengendali gula darah ini hanya bisa terserap dengan maksimal di bagian-bagian tubuh tertentu. Lokasi suntik insulin yang paling tepat yaitu di lapisan lemak bawah kulit yang disebut dengan nama jaringan subkutan dengan sebuah alat yang berisi jarum kecil.

Baca juga : Pencegahan Diabetes Kronis Pada Lansia, Panggil Jasa Perawat Untuk Mendampingi

Bagaimana Perawat Lansia Melakukan Suntik Insulin?

Berikut penjelasan bagaimana perawat lansia menyuntik insulin yang biasanya disarankan oleh dokter, yaitu:

Perut

Perut merupakan lokasi suntik insulin yang paling banyak dituju oleh para lansia yang mengidap diabetes. Di bagian tubuh yang satu ini insulin paling cepat diserap untuk masuk ke dalam aliran darah. Selain itu, perut juga menjadi bagian tubuh yang mudah dijangkau sehingga memudahkan proses penyuntikkan.

Untuk menyuntikkan insulin di bagian tubuh yang satu ini, perawat lansia memilih area di bawah tulang rusuk. Kemudian, ambil jaringan lemak di antara kedua sisi pinggang dan pinggul. Perawat lansia mengambil jaringan lemak yang berjarak sekitar 5 sampai 6 cm dari pusar.

Selain itu, perawat lansia menghindari bagian perut yang memiliki bekas luka, tahi lalat, atau cacat kulit. Hal ini karena berbagai kondisi tersebut bisa mengganggu penyerapan insulin. Agar penyerapannya lebih efektif, perawat lansia menyuntikkan setelah lansia makan.

Lengan bagian atas

Selain perut, lengan bagian atas menjadi salah satu lokasi suntik insulin lainnya. Tidak seperti perut, suntikan insulin di bagian ini memiliki kecepatan penyerapan yang lebih rendah. Nantinya, perawat lansia akan menyuntikkan insulin ke area berlemak di bagian belakang lengan (daerah trisep), yaitu di antara bahu dan siku.

Sebaiknya, suntikkan ke bagian lengan yang tidak digunakan dengan dominan misalnya lengan kiri untuk orang yang tidak kidal dan lengan kanan pada orang kidal. Salah satu kekurangan menyuntikkan ke bagian yang satu ini yaitu tidak bisa dilakukan sendiri. Oleh karena itu, Anda butuh bantuan perawat lansia untuk menyuntikkannya.

Paha

Paha menjadi salah satu lokasi suntik insulin yang sangat mudah dijangkau. Namun, tingkat penyerapan insulin di paha merupakan yang paling lambat dibandingkan dengan bagian yang lain. Selain itu, meski mudah dijangkau biasanya suntik insulin di paha membuat Anda merasa tak nyaman saat berlari atau berjalan.

Sebaiknya, suntikkan di bagian depan paha di tengah-tengah antara lutut dan paha bagian atas. Untuk menyuntikkannya, ambil bagian depan paha yang berlemak sekitar 2,5 sampai 5 cm.

Baca juga : 5 Cara Perawat Home Care Membersihkan Luka Agar Terhindar dari Infeksi

Punggung bawah atau pinggul

Bagian punggung bawah atau pinggul menjadi alternatif lokasi suntik insulin lainnya. Akan tetapi, sama dengan paha bagian pinggul, lokasi ini menjadi area yang penyerapannya paling lambat. Selain itu, Anda juga membutuhkan bantuan perawat lansia untuk menyuntikkannya karena lokasinya yang berada di belakang tubuh.

Posisi jarum nantinya ada di sekitar bagian atas bokong di antara pinggul. Persisnya, pada jarak antara tulang belakang dan samping di bawah pinggang.

Jika Anda membutuhkan jasa perawat lansia untuk membantu menyuntik insulin, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...