Hipertensi Memicu Penyakit Jantung, Panggil Perawat Lansia untuk Dampingi Orang Tua

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Bagi para lansia, hipertensi merupakan salah satu masalah utama yang sering terjadi. Penyakit ini tergolong kronis, diperlukan perawat lansia untuk mendampingi orang tua yang bisa mengatur pola makan serta konsumsi obat secara baik dan benar dengan tujuan mengurangi hipertensi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong melawan dinding pembuluh darah alias arteri. Kekuatan tekanan darah ini lah yang dapat berubah dari waktu ke waktu, kemudian dipengaruhi oleh aktivitas yang sedang dilakukan oleh jantung dan daya tahan pembuluh darah tersebut. Tentu saja hipertensi menjadi masalah besar karena hal ini merupakan faktor utama terjadinya penyakit jantung dan koroner. Bahkan sebagaian besar kematian yang terjadi pada lansia disebabkan karena penyakit jantung dan serebrovaskuler.

Baca juga : Pentingnya Jasa Perawat Lansia untuk Pasien Alzheimer

Cara Perawat Lansia Mengatasi Hipertensi Pada Orang Tua

Perlu diketahui bahwa ada beberapa gejala tekanan darah tinggi yang bisa dialami oleh para lansia, antara lain peradangan pada hidung, sakit kepala, mual, muntah, vertigo, perubahan penglihatan, sesak nafas, kesemutan pada tangan dan kaki, nyeri dada, kejang hingga koma.

Tidak semua jenis tekanan darah alias hipertensi ini membutuhkan obat untuk sembuh. Apabila hipertensi yang dialami masih tergolong ringan, maka hipertensi tersebut dapat dikontrol melalui gaya hidup yang lebih sehat sehari-hari. Sebenarnya dengan mengotrol gaya hidup, maka orang tua Anda bisa selangkah lebih baik untuk mencegah terjadinya hipertensi pada masa lansia. Namun, jika sudah di level yang cukup parah, Anda harus secepatnya mencari pendamping orang tua dengan perawat lansia. Berikut cara perawat lansia untuk mengatasi hipertensi :

Mengatur Pola Makan

Bagi para orang tua yang sudah mengalami tekanan darah tinggi, perawat lansia bisa mendampingi untuk mengatur pola makan yang benar. Pasien dengan penyakit hipertensi diperlukan diet rendah lemak, maka perawat lansia bisa menentukan makanan apa yang baik untuk orang tua Anda konsumsi.

Peran Anda untuk mengatur pola makan juga sangat dianjurkan, sebaiknya jangan memberikan makanan untuk orang tua yang mengandung minyak-minyakan, daging dengan banyak kandungan lemak, telur, susu full cream, dan masih banyak lainnya.

Melakukan olahraga secara teratur

Selain mengatur pola makan, perawat lansia juga bisa mengajak dan memotivasi orang tua untuk berolahraga ringan. Olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki, berlari, bersepeda, dan berenang.

Perawat lansia akan mengatur jadwal berolahraga di pagi atau sore hari. Selain itu, perawat juga bisa membantu Anda untuk menentukan olahraga yang tidak perlu mengeluarkan biaya.

Baca juga : Perawat Lansia, Jasa Untuk Merawat Khusus Orang Tua Anda

Merubah gaya hidup

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu langkah tepat untuk mengatasi hipertensi ialah dengan cara merubah gaya hidup. Apabila orang tua Anda seorang perokok, perawat lansia bisa membantu untuk mengurangi bahkan menghentikan rokok.

Selain itu, menjaga postur tubuh juga dianjurkan. Berhubungan dengan mengatur pola makan, perawat lansia akan menjaga berat badan orang tua Anda di titik yang stabil.

Sebenarnya hal-hal yang dilakukan cukup sederhana, walau pasti tetap sulit dilakukan. Karena kunci utama untuk terhindar dari penyakit ini ialah dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat dan teratur.

Jika Anda membutuhkan perawat lansia untuk mengontrol tekanan darah tinggi / hipertensi pada orang tua, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2205 7505 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...