Perbedaan Terapi Fisik dengan Tukang Pijat

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Perbedaan Terapi Fisik dengan Tukang Pijat

Seorang ahli terapi fisik di sebuah tim sepakbola sepertinya sering disimpulkan banyak orang sebagai tukang pijat. Ini anggapan yang salah. Jadi, apa itu ahli terapi fisik itu?

Bagi orang awam, cedera dalam berolahraga bisa disembuhkan dengan memanggil tukang pijat. Banyak yang memandang ahli terapi fisik disamaratakan dengan tukang pijat. Misalkan dalam kasus orang yang mengalami cedera, sebagian orang langsung melarikan diri dan memulihkannya dengan tukang pijat. Namun, hal ini sangat berbeda jika cedera dipulihkan dengan terapi fisik. Ahli terapi fisik memiliki ilmu tentang cedera pada anggota tubuh dan Anda akan dibantu dalam proses penyembuhan secara bertahap.

Baca juga : 3 Kondisi Anda Membutuhkan Terapi FisikPerbedaan Terapi Fisik dengan Tukang Pijat

Definisi Terapi Fisik

Terapi fisik atau physical therapist berasal dari dua kata, yaitu terapi (therapy)  dan fisik (physic). Fisik adalah tubuh, sementara terapi adalah perawatan. Kalau dijadikan satu, artinya perawatan tubuh atau fisik.

Di Indonesia, ahli terapi fisik bisa dikatakan satu profesi baru. Tapi, di negara-negara barat, pekerjaan ini sudah jadi bagian dari keseharian masyarakat. Profesi ini bekerja secara independen di samping dokter, spesialis, dan paramedik yang lain untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Jadi, ia tak melulu mengurusi pasien dari bidang olahraga.

Sebagaimana dokter spesialis, setelah mendapat gelar BA (Bachelor of Arts) seorang ahli terapi fisik pun menempuh jalur khusus lagi yaitu terapi fisik anak, terapi fisik olahraga, terapi fisik manual, terapi fisik syaraf, dan spesialisasi-spesialisasi lainnya.

Baca juga : Ini 4 Fungsi Terapi Fisik yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan Terapi Fisik dengan Tukang Pijat

Terapi Fisik di Bidang Olahraga

Pekerjaan utama dari ahli terapi fisik olahraga memiliki konsentrasi bermacam-macam. Mulai dari membuat program-program latihan untuk atlet yang cedera, membuat penilaian terhadap cedera-cedera yang terjadi, membuat program latihan spesifik yang sesuai dengan jenis olahraga, atau memberi nasehat mengenai makanan yang konsumsi.

Lebih spesifiknya lagi, dalam sebuah tim olahraga, seorang ahli terapi fisik akan memberi masukan kepada pelatih mengenai situasi dan kondisi dari seorang pemain. Apakah pemain bersangkutan siap untuk bermain dalam sebuah pertandingan, apakah dia fit, dan berapa menit kira-kira waktu bermainnya. Di dalam tim, ahli terapi fisik juga menyiapkan porsi latihan khusus dan terpisah untuk pemain yang cedera.

Pijat tentu saja sangat penting buat seorang atlet, karena otot yang pegal dan capai harus dilemaskan lagi. Hanya saja, pemijatan dilakukan terhadap pemain yang sedang tidak cedera. Hal ini juga dilakukan oleh ahli terapi fisik dengan proses terbaik sesuai dengan ilmu yang didapat.

Apalagi, melakukan pijat terhadap olahragawan berbeda dengan melakukan pijat terhadap non olahragawan. Perawatannya harus spesifik agar kepegalannya cepat hilang.

Jadi, tugas seorang ahli terapi fisik untuk mengkaji sebuah cedera, melakukan tes & prosedur yang sudah ditentukan, dan menarik kesimpulan dari cedera yang dialami pemain. Barulah sebuah program latihan disusun dan diberikan. Keahlian ini  ini tidak dimiliki tukang pijat saat memulihkan cedera.

Sayang sekali, hal ini belum dipahami oleh banyak orang. Jadi, kesimpulannya yaitu ahli terapi fisik adalah seseorang yang memberikan program latihan kepada seorang yang cedera. Ahli terapi fisik juga membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang, dengan membantu meningkatkan performa fisiknya dari cedera ke kondisi fisik yang bugar dan sehat lagi.

Jika Anda membutuhkan layanan terapi fisik bersertifikasi silahkan menghubungi (021) 2789 9963 dan whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Anda dapat menanyakan beragam program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Anda merasa nyaman saat tetap berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail