Fisioterapi, Okupasi Terapi dan Terapi Wicara membantu Kemandirian Pasca Stroke

New Life New Hope  Promotion: A Healthy New Life For You

 Promosi Paket  Terapi Pasca Stroke

Konsultasi Untuk Program Terapi Rehabilitasi Pasca Stroke Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda Anda

Call Us : 021-2789 9963

Klik Disini Untuk Konsultasi Gratis

 

PAKET:  A HEALTHY NEW LIFE FOR YOU:

Fisioterapi 12 Sesi + Terapi Okupasi 8 sesi : Rp. 6.200.000,-

Terapi Wicara 12 sesi                                           : Rp. 3.800.000,-

 

Tujuan rehabilitasi adalah untuk membantu pasien pasca stroke menjadi semandiri mungkin dan bila memungkinkan agar mandiri seperti sebelum terserang stroke dan untuk mencapai kualitas hidup sebaik mungkin. Meskipun rehabilitasi tidak “menyembuhkan” efek stroke karena tidak membalikkan kerusakan otak, rehabilitasi secara substansial dapat membantu orang mencapai hasil jangka panjang terbaik yang mungkin.

Apa itu rehabilitasi pasca stroke?

Rehabilitasi membantu penderita stroke mempelajari kembali keterampilan yang hilang ketika bagian otak rusak. Misalnya, keterampilan ini dapat mencakup koordinasi gerakan kaki untuk berjalan atau melakukan langkah-langkah yang terlibat dalam aktivitas kompleks dan juga kemampuan berbicara dan mengeri bahasa kembali.

Ada konsensus yang kuat di antara para ahli rehabilitasi bahwa elemen terpenting dalam program rehabilitasi adalah praktik yang berulang-ulang, fokus, dan berulang — latihan yang sama yang digunakan oleh semua orang ketika mereka mempelajari keterampilan baru, seperti bermain piano.

Kecacatan apa yang bisa terjadi akibat stroke?

Jenis dan derajat kecacatan yang terjadi setelah stroke bergantung pada area otak mana yang rusak. Secara umum, stroke dapat menyebabkan lima jenis kecacatan:

  • Lumpuh atau masalah mengendalikan gerakan
  • Gangguan sensorik termasuk rasa sakit
  • Masalah menggunakan atau memahami bahasa
  • Masalah dengan pemikiran dan ingatan
  • Gangguan emosional

 

Apa Yang Dilakukan Ketika Rehabilitasi?

Apa yang dilakukan saat rehabilitasi tergantung pada latihan apa yang dibutuhkan agar pasien menjadi independen. Area yang perlu dan dapat di tingkatkan tergantung area otak yang mana yang rusak meliputi:

  • Keterampilan perawatan diri seperti memberi makan, merawat,mandi, mandi dan berpakaian
  • Keterampilan mobilitas seperti entransfer (dari kursi ke tempat tidur atau tempat tidur ke kursi, dll), berjalan atau self-propelling kursi roda
  • Keterampilan berkomunikasi dalam berbicara dan bahasa
  • Keterampilan kognitif seperti memori atau pemecahan masalah
  • Keterampilan sosial untuk berinteraksi dengan orang lain

Rehabilitasi Pasca Stroke Meliputi:

  • Pelatihan untuk meningkatkan mobilitas dan kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari
  • Program latihan pasca stroke yang disesuaikan
  • Melakukan kegiatan kognitif
  • Terapi wicara, jika stroke menyebabkan kesulitan berbicara atau menelan
  • Latihan mata, jika stroke menyebabkan kehilangan penglihatan
  • Pelatihan yang seimbang untuk mereka yang terbatas dalam menyeimbangkan diri atau dengan risiko jatuh
  • Strategi adaptif untuk membantu Anda berfungsi dalam “normal baru”

Call Us : 021-2789 9963

Klik Disini Untuk Konsultasi Gratis

Fisioterapi

Fisioterapi berspesialisasi dalam mengatasi kecacatan yang berkaitan dengan gangguan motorik dan sensorik. fisioterapi dilatih dalam semua aspek anatomi dan fisiologi yang terkait dengan fungsi normal, dengan penekanan pada gerakan. Fisioterapi menilai kekuatan penderita stroke, daya tahan, rentang gerak, kelainan gaya berjalan, dan defisit sensorik untuk merancang program rehabilitasi individual yang bertujuan mendapatkan kembali kendali atas fungsi motorik.

Terapi Wicara

Ahli patologi wicara-bahasa membantu penderita stroke dengan afasia mempelajari kembali cara menggunakan bahasa atau mengembangkan cara komunikasi alternatif. Terapi wicara juga membantu orang meningkatkan kemampuan menelannya, dan bekerja dengan pasien untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan sosial yang diperlukan untuk mengatasi dampak setelah stroke.

Banyak teknik terapi wicara khusus telah dikembangkan untuk membantu orang dengan afasia ( gangguan fungsi bicara yang disebabkan oleh adanya kelainan pada otak misalkan karena stroke). Beberapa bentuk terapi jangka pendek dapat meningkatkan pemahaman dengan cepat.

Latihan intensif seperti mengulangi kata-kata terapis, berlatih mengikuti arahan, dan melakukan latihan membaca atau menulis membentuk landasan rehabilitasi bahasa. Pembinaan dan latihan percakapan, serta pengembangan bisikan atau isyarat untuk membantu pasien mengingat kata-kata tertentu yang bermanfaat.

Ahli terapi wicara juga membantu para pasca stroke mengembangkan strategi untuk menghindari kecacatan bahasa

Terapi Okupasi

Pelatihan Okupasi terapi penderita stroke sangat lah penting karena merupakan salah satu penyebab utama kecacatan orang dewasa. Hasil penelitian banyak penderita stroke yang menerima terapi dari terapis okupasi mempunyai kemajuan dan mendapatkan kembali independensi mereka

Salah satu cara Okupasi Terapi dapat membantu seseorang pulih dari stroke adalah dengan meningkatkan kemampuan mereka untuk melakukan tugas sehari-hari. Okupasi Terapi melatih kemampuan penderita stroke dalam melaksanakan kegiatan kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat mencakup hal-hal seperti mandi, menggunakan toilet, berpakaian, makan, memasak, perawatan, menyisir rambut, dan bahkan mengemudi. Tentu saja, kegiatan ini biasanya merupakan bagian penting dari peran hidup pasien yang lebih besar, seperti menjadi orang tua, pemilik rumah, pelajar, atau karyawan agar mampu melakukan pekerjaan mereka kembali

Hubungi MyNurz untuk mendapatkan konsultasi Gratis tentang Rehabilitasi sesuai dengan kebutuhan Anda

Call Us : 021-2789 9963

Klik Disini Untuk Konsultasi Gratis