Jangan Titipkan Orang Tua ke Panti Jompo, Rawatlah Bersama Perawat Lansia di Rumah

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Di Indonesia, panti jompo merupakan pilihan sebagian masyarakat untuk orang-orang lanjut usia (lansia) menjalani hari tua. Lansia yang masih aktif melakukan kegiatan sehari-hari maupun yang secara fisik sudah terbatas karena penyakit kronis akan membutuhkan pendampingan untuk dapat hidup sejahtera, nyaman, dan berkecukupan. Hal ini terjadi dikarenakan kesibukan sang anak dengan pekerjaan dan aktivitas setiap hari di luar rumah.

Ada cara untuk membantu orang tua menjalani hari-harinya selain menitipkannya ke panti jompo yaitu mencarikan perawat lansia untuk mendampingi aktivitas di dalam maupun luar rumah. Secara harfiah, perawatan lansia umumnya menjadi tanggung jawab keluarga, namun situasi ini dapat berbeda ataupun berubah di tempat-tempat yang mana keluarga inti terus disibukkan dengan rutinitas di luar rumah. Dalam situasi tersebut, mencarikan jasa perawat lansia bisa menjadi pilihan yang mudah dan tepat.

Biasanya di negara-negara Barat, panti jompo menjadi pilihan bagi para lansia karena memungkinkan mereka untuk tetap dapat mandiri tanpa harus menggantungkan hidup kepada anak. Sementara di Asia, termasuk Indonesia, sebagian besar lansia hingga sekitar 90 persen lebih memilih hidup di rumah sendiri atau bersama anak. Walau demikian tetap ada fasilitas perawat lansia untuk mendampinginya.

Baca juga : 4 Solusi Mudah Mencari Perawat Lansia

Perbedaan Jasa Perawat Lansia dengan Panti Jompo

Jika Anda akan memanggil perawat lansia, berbagai keuntungan bisa didapatkan yaitu Anda dapat menjumpai dan memberikan perhatian untuk orang tua setiap saat karena tinggal dirumah sendiri, selain itu Anda dapat terus memantau kesehatan orang tua dan dapat mengetahui kondisinya. Dengan tetap mendapatkan perawatan di rumah, kesempatan sangat besar bagi Anda untuk terus berbakti kepada orang tua dan membahagiakan orang tua di usia senjanya. Orang tua pun kebanyakan lebih ingin menghabiskan masa tuanya bersama dengan Anda dan anak Anda (cucu). Yang terpenting, orang tua Anda mendapatkan pendampingan dari perawat lansia selama 24 jam.

Namun, jika dibandingkan dengan menitipkan orang tua ke panti jompo, mereka akan merasa kesepian dan jauh dari keluarga. Anda juga tidak dapat setiap saat memantau kesehatan orang tua. Meski di panti jompo mendapatkan fasilitas dan banyak teman, kebanyakan orang tua merasa lebih nyaman tinggal di rumah sendiri atau tinggal satu atap bersama dengan keluarga mereka.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Anda Harus Memilih Perawat Lansia daripada Caregiver

Lansia Mandiri di Rumah

Sebagian lansia di Indonesia yang tidak tinggal bersama anak atau kerabat lain, lebih memilih untuk tinggal sendiri di rumah. Pada situasi tersebut, demi mengamankan dan membantu aktivitas mereka sehari-hari, penting untuk memanggil perawat lansia yang bertujuan untuk mendampingi selama di rumah. Selain itu juga penting untuk Anda mengubah dan menambahkan hal-hal tertentu di rumah seperti tempatkan pegangan di sisi kloset dan bak mandi untuk menghindari jatuh atau terpeleset. Selain itu, toilet jongkok mungkin bisa menyulitkan bagi lansia, sebaiknya mengganti dengan toilet duduk yang dapat jauh lebih membantu. Kemudian Anda bisa menata ulang furnitur atau perabot agar lebih sesuai kebutuhan dan tidak membahayakan lansia. Karena faktor usia, seringkali lansia suka lupa akan sesuatu hal, maka tempatkan tulisan atau peringatan untuk menandai lokasi atau kondisi tertentu.

Jika Anda ingin mencari perawat lansia silahkan konsultasikan kebutuhan Anda melalui telp  (021) 2205 7505 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Anda dapat menanyakan beragam program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...