Selamat Hari Kesehatan Sedunia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

WhatsApp Image 2017-04-06 at 11.20.50 AM (1)Hari Kesehatan Dunia diperingati setiap tanggal 7 April. Hari Kesehatan Dunia juga diperingati di dalam naungan pemerintah dan non-pemerintah yang berfokus pada mempromosikan kebiasaan hidup sehat yang meningkatkan angka harapan hidup orang di seluruh dunia. Sejak tahun 1995, tema tahunan yang dipilih yang menyoroti area prioritas masalah kesehatan. Salah satu tema hari dunia kesehatan yang paling efektif adalah Pemberantasan Polio Global pada tahun 1995. Berkat upaya tahun itu, tingkat kesadaran polio telah meningkat jauh dan sekarang di banyak masyarakat di seluruh bagian dunia dibebaskan dari penyakit yang ditakuti ini.

Tema kampanye Hari Kesehatan Dunia 2017 adalah depresi. Depresi mempengaruhi orang-orang dari segala usia, dari semua lapisan masyarakat, di semua negara. Hal ini menyebabkan penderitaan mental dan berdampak pada kemampuan masyarakat dalam melakukan tugas sehari-hari. Bahkan bisa berisiko untuk hubungan dengan keluarga dan teman-teman serta kemampuan seseorang untuk mencari nafkah. Paling buruknya, depresi dapat mengakibatkan bunuh diri, seperti kasus yang baru-baru ini heboh terjadi di Jakarta.

Hari Kesehatan Dunia atau World Health Day yang dikampanyekan oleh WHO mengusung tema “Depression: Let’s Talk” dengan mengharapkan hasil pengurangan angka depresi seluruh masyarakat di dunia dari semua usia. Tahukah Anda, depresi juga sering terjadi pada lansia? Bahkan depresi bisa datang bersamaan dengan penyakit lain yang dialami lansia. Hal ini disebabkan oleh obat tertentu dengan efek samping yang dapat mempengaruhi tingkat depresi. Maka dari itu, penting bagi kita menyadarkan diri kita akan bahaya depresi pada lansia. 

Bantu para lansia menghindari depresi dengan berbicara dengan mereka secara teratur dan mendengarkan secara seksama apa yang mereka keluhkan. Beri mereka dukungan dan hadapi mereka dengan kesabaran dan pengertian. Jadilah teman mereka dan ajak mereka menghabiskan waktu bersama Anda secara rutin. Terus ingatkan mereka bahwa, dengan waktu dan perawatan yang tepat, depresi mereka akan berkurang. Mari dukung kampanye Hari Kesehatan Dunia demi meningkatkan angka harapan hidup orang di seluruh dunia. Happy World Health Day!

(Baca juga: Menangani Stress Pada Lansia)

Kunjungi MyNurz.com untuk menemukan perawat, fisioterapis, terapis okupasi, dan terapis wicara sesuai kebutuhan Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...