Senior Club Indonesia, Saat Lansia Tak Merasa Kesepian Lagi

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Senior Club Indonesia, Saat Lansia Tak Merasa Kesepian Lagi

Menjalani masa senja bagi lansia sendirian bisa menjadi hal yang tidak diingini siapapun. Kini, Anda bisa menikmati kebersamaan, tetap aktif dan happy di Senior Club Indonesia.

Hari masih pagi, menunjukkan pukul 7.30 WIB. Terlihat beberapa lanjut usia  memasuki lobi Senior Club Indonesia (SCI) yang berlokasi di Jalan Pantai Indah Utara 3 (Pantai Indah Kapuk), Jakarta.  Wajah mereka  ceria menyapa satu sama lain. Tak beberapa lama jumlah mereka bertambah banyak.

Pagi itu hari cerah.  Hanya memang sedang memasuki masa liburan akhir tahun jadi tidak terlalu banyak yang datang. Namun begitu tak menyurutkan langkah para lansia datang ke Senior Club Indonesia. Mereka terlihat bergembira ketika bertemu dengan teman-temannya. Satu sama lain terlihat senang, gembira, akrab  ngobrol di antara mereka.

Ya, para lansia ini memang telah menjadi member Senior Club Indonesia. Apa yang yang dimaksud dengan Senior Club Indonesia (SCI)? “SCI merupakah wadah atau club khusus bagi para lanjut usia di atas 60 tahun.  SCI merupakan klub ekslusif pertama di Indonesia khusus bagi warga lanjut usia. Di sini, SCI memiliki beragam aktivitas menyenangkan bagi lansia mulai dari 07.30  hingga sore hari,” ungkap Lenny Widjaja, Pembina II  Senior Club Indonesia saat bertemu dengan MyNurz.

“Hadirnya SCI karena melihat banyaknya lansia yang memiliki masalah kesepian. Biasaya  lansia dilanda stres akibat aktivitas yang berkurang. Tak sedikit lansia merasa kurang berarti karena sudah pensiun, memiliki keterbatasan fisik dan mental. Stres yang berkepanjangan dan tidak diobati maka akan menjadi depresi,” kata Lenny lagi.

“Yang kami temui lansia merasa sendirian. Para lansia mengalami rasa kesendirian. Anak-anak sudah beranjak dewasa dan mempunyai tanggung jawab membangun keluarga sendiri. Kadang lansia hanya ditemani oleh perawat,” tambahnya.

“Di sinilah Senior Club Indonesia menawarkan kepada para warga senior dan keluarganya sebuah tempat khusus bagi para  warga senior dapat berkumpul, menghilangkan stres dengan bersosialisasi.  Mereka bisa menjadi sehat, ceria dan bahagia, tetap mengasah intelektualitas mereka. Setiap orang butuh interaksi dengan orang lain berapapun usianya, apalagi lansia,” tambah Lenny.

Karena itu SCI mempunyai visi yaitu:  “Anda adalah cahaya kehidupanku”Membantu warga senior meningkatkan nilai hidup dan kebahagiaan di usia emas mereka.

Sedangkan misi SCI  adalah : Menyediakan tempat, layanan, program dan kegiatan bagi komunitas warga senior secara teratur; Memberi kesempatan bagi warga senior untuk bersosialisasi, berinteraksi, mendukung kebebasan, menjaga martabat dan rasa kesejahteraan, meningkatkan keaktifan dan semangat serta mendorong keterlibatan warga senior dalam memperkaya kehidupan mereka; dan Memberikan kepuasan dalam berbagai keg iatan dan menyambut keterbukaan antar kebudayaan dengan menjalin kemitraan dengan organisasi sejenis lainnya.

Senior Club Indonesia, Saat Lansia Tak Merasa Kesepian Lagi

Aktivitas Menyenangkan Lansia

Di SCI  lansia dapat mengikuti berbagai aktivitas dalam beragam program, yaitu : Program Rutin, seperti: cek tensi darah/denyut nadi, olah raga pagi, minum teh pagi dan sore, makan siang bersama. Program Pilihan Program Kelas Hobi setiap hari pukul 10:00 – 12:00, seperti menyanyi, menari, memasak, merangkai bunga, kerajinan tangan, belajar bahasa asing, dan Kelas Hobi menarik lainnya. Ada juga Program Khusus Program 1 (satu) bulan sekali seperti Pertunjukan Tematik, Seminar Kesehatan, dan  Outing. Program Peduli Sosial Masyarakat, seperti bakti sosial ke panti asuhan, panti jompo atau ke tempat warga marginal lainnya.

SCI memiliki kegiatan unik bagi para lansia. SCI mempunyai  beragam kegiatan rutin dan kegiatan khusus. Program Rutin, merupakan program yang dilakukan mulai dari Senin hingga Jumat seperti kegiatan senam pagi, taichi, jalan pagi, yoga, senam jantung sehat, berkebun, membaca diperpustakaan, menonton film/video, akses internet dan bertukar pengalaman.

Senior Club Indonesia, Saat Lansia Tak Merasa Kesepian Lagi

Selain itu ada juga Program Pilihan. Para members dapat mengikuti suatu kegiatan yang dapat disukai seperti :  musik (baik menyanyi maupun permainan alat musik), dansa, memasak, komputer, kerajinan tangan, kaligrafi, merajut, merangkai bunga, melukis, belajar bahasa asing, memancing, bertamasya bersama para anggota ke luar negeri maupun di dalam negeri, dan lainnya.

“Sejak pagi ada kegiatan pemeriksaan kesehatan,  olahraga peregangan, disambung dengan tea time, lalu dilanjutkan dengan mengikuti kelas memasak, melukis, menyanyi, menari, menanam beragam tumbuhan, memelihara hewan, dan lainnya. Siang hari lansia dapat tidur siang di kamar lantai atas,” ungkapnya.

“Banyak lansia yang di rumah dan hanya didampingi perawat. Mereka senang bisa ngobrol atau sharing dengan sesama members. Kami hadir sebagai wadah agar mereka para senior dapat menikmati hidup lebih baik. Agar lansia tidak bosan hanya sekadar di rumah saja. Mereka bisa happy. Kami ada wisuda bagi lansia dengan mereka memakai  toga,” jelas Lenny lagi.

Setiap bulan SCI mengadakan acara khusus tematik bagi para lansia mulai dari seminar kesehatan, diskusi, atau acara lainnya. Januari ini kami menggelar acara ‘Pesta Tahun Baru  Semangat Baru’ yang acaranya seru mulai dari menyanyi, tari-tarian, puisi, paduan suara, dan lainnya. Lansia boleh datang terbuka untuk member atau non-member pada saat kegiatan bulanan ini,” jelas Lenny.

Senior Club Indonesia, Saat Lansia Tak Merasa Kesepian Lagi

Fasilitas Lengkap untuk Lansia

Sebagai klub, maka SCI memiliki beragam fasilitas terhitung lengkap dan menyenangkan. Di antaranya : ruang karaoke, mini theater, ruang pijat refleksi kaki, ruang aktivitas (musik dan menari), salon kecantikan untuk keramas dan blow, ruang baca, ruang darurat (P3K), ruang santai, ruang tidur siang, jalur kursi roda, dan lift.

Ada juga fasilitas  luar gedung seperti area jogging, senam pagi, gazebo, air mancur, kolam ikan, area berkebun, kantin, dan keperluan tempat parkir. Fasilitas yang ada di SCI ini dapat disewa untuk berbagai kegiatan. Misalnya meeting, pesta ulang tahun, retreat, arisan, dan beragam kegiatan lainnya.

Syarat menjadi members di SCI apa saja? “Di sini kami menerima lansia dalam kondisi  mandiri. Tetapi pada lansia yang memiliki kondisi khusus bisa menjadi anggota didampingi perawat. Keanggotaan SCI masih relatif murah.  Kami dapat menampung  banyak lansia di sini dan menyesuaikan pembagian program kegiatan member mandiri dan berkebutuhan khusus sesuai kebutuhannya.  Kalau ada lansia yang bosan sendirian di rumah mengapa tidak bergabung saja dengan SCI?” jelas Lenny menutup pertemuan dengan MyNurz.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...