Sering Sakit Kepala? Inilah Cara Alami Mengatasinya

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

 

Sering Sakit Kepala? Inilah Cara Alami Mengatasinya

Anda termasuk  yang  sering sakit kepala?  Sakit kepala merupakan keluhan kesehatan yang paling banyak dialami masyarakat luas. Inilah cara alami mengatasinya.

Sakit kepala kadang akibat hal sederhana, seperti dehidrasi atau karena merasa kelelahan. Namun begitu, ada juga sakit kepala yang menunjukkan adanya masalah kesehatan serius.

Sakit kepala dapat menjadi ‘sinyal peringatan lampu merah’ masalah kesehatan seseorang, jelas Dr Sakib Qureshi MD, ahli saraf terkenal. “Karena itu penting sekali untuk mengetahui alasan sebenarnya mengapa Anda mengalami sakit kepala. Seseorang harus dapat membedakan antara sakit kepala yang umum (biasa) atau tanda-tanda masalah kesehatan,” tambahnya.

Tidak sedikit orang yang mengatasi sakit kepala dengan obat penghilang rasa sakit. Memang obat itu dapat menghilangkan sakit kepala,  namun itu tanpa disadari memberi banyak efek samping.

Berikut ini ada empat jenis sakit kepala paling yang paling banyak dialami berikut cara menghilangkannya:

Sering Sakit Kepala? Inilah Cara Alami Mengatasinya

Tension Headache

Ini adalah jenis sakit kepala yang paling umum, diyakini sebagai akibat stres yang berkontraksi otot-otot kulit kepala dan leher.

Sakit kepala ini dimanifestasikan adanya tekanan atau rasa sakit yang konstan di pelipis, atau di belakang kepala dan leher. Anda mungkin juga mengalami nyeri yang meluas di atas atau di bawah mata yang menyebabkan Anda ingin muntah dan mual.

Solusi: Campur minyak peppermint dan teh jahe untuk meredakan sakit kepala tegang. Tambahkan minyak peppermint ke garis rambut untuk menenangkan otot kepala dan leher, sementara teh jahe akan meredakan peradangan.

Cluster Headache

Faktanya, perempuan ternyata lebih rentan pada  sakit kepala cluster.  Jenis sakit kepala yang dirasakan berada di atas satu mata, dan terjadi dalam siklus atau dalam kelompok. Rasa sakit yang mereka derita tiba-tiba dan intens, sering disertai dengan hidung tersumbat, mata berair atau hidung yang hujan.

Penyebabnya masih belum ditentukan, namun cluster headache adalah jalur saraf yang teraktivasi di dasar otak.

Solusi: Oleskan sedikit krim capsaicin ke lubang hidung untuk menciptakan penghalang sinyal rasa sakit saraf. Capsaicin cream  adalah krim yang terbuat dalam cabai yang terasa pedas. Namun, ternyata cabai memiliki manfaat medis sebagai bahan membuat krim yang dapat menghilangkan rasa sakit.

Sering Sakit Kepala? Inilah Cara Alami Mengatasinya

Sinus Headache

Sakit kepala jenis ini disebabkan oleh infeksi dan menyebabkan rasa sakit dan adanya tekanan hebat di area pipi, mata dan dahi, dan demam.

Solusi : Cobalah minum banyak cairan, termasuk air hangat, untuk  mengurangi peradangan dan membuka sinus.

Selain itu, Anda harus banyak  mengonsumsi jeruk, dan makanan tinggi vitamin C, karena kaya akan antioksidan dan melawan infeksi. Jahe memiliki rasa menyegarkan jahe karena sifat anti-inflamasinya yang kuat.  Anda perlu melakukan kompres dingin dan panas yang sangat membantu mengurangi sakit kepala akibat sinus.

Migrain

Migrain merupakan salah satu penyakit paling banyak dialami orang di seluruh dunia. Migrain dialami oleh orang-orang dari segala umur, namun yang paling rentan termasuk orang-orang berusia antara 25 dan 55 tahun.

Migrain adalah tipe sakit kepala yang rumit, yang dimanifestasikan oleh rasa sakit yang hebat, begitu kuat, hingga berdenyut hanya di bagian satu sisi kepala,  kadang muncul  rasa mual, mati rasa dan kesemutan di  bagian wajah, pusing, muntah, gangguan penglihatan, kepekaan ekstrem terhadap cahaya, bau, sentuhan, dan suara. Gejala ini terasa mulai  dari bagian atas kepala hingga bawah kepala.

Solusi: Anda harus mengoptimalkan kadar magnesium, asam lemak omega-3, dan vitamin B12 (riboflavin), dan latihan aerobik, karena para ilmuwan telah menemukan bahwa hal itu dapat memberikan efek yang lebih baik dalam mencegah serangan migrain daripada obat-obatan migrain pencegahan topiramate.

Sakit Kepala dan Stroke

Yang perlu diperhatikan adalah bila Anda mengalami sakit kepala  terkait dengan kondisi tertentu seperti darah tinggi, kolesterol, dan lainnya. Ada baiknya Anda melakukan medical check-up untuk mengetahui kondisi Anda.  Misalnya, Anda diketahui mengidap hipertensi, maka Anda harus mengikuti pengobatan dan mengubah pola hidup sehat, untuk menjaga kondisi tensi darah Anda tetap normal.

Hipertensi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan beragam penyakit lainnya seperti jantung atau stroke. Ini menjadi ancaman berbahaya kesehatan seseorang. Karena stroke umumnya menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bicara, berjalan dan sebagainya.  Banyak pasien-pasien stroke membutuhkan waktu lama untuk pemulihannya dan memerlukan fisioterapi, terapi okupasi, dan terapi bicara.

Karena itu, bila Anda memiliki sakit kepala yang cukup sering dan menganggu, sudah saatnya Anda harus menemui dokter untuk mengetahui serta mencari solusinya.

Bila Anda,  membutuhkan perawat atau terapis (fisioterapi, okupasi, dan wicara) , segera  buka website www.mynurz.com atau hubungi telepon (021) 2789 9963 atau  0811 1929 119.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...