Tahapan Terapi Okupasi pada Anak Berkebutuhan Khusus

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Tahapan Terapi Okupasi pada Anak Berkebutuhan Khusus

Terapi Okupasi merupakan suatu terapi yang diberikan kepada seseorang yang menderita gangguan fisik maupun psikis dengan cara pelatihan-pelatihan yang sudah terstruktur. Umumnya, terapi ini diberikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus dan mengalami kelainan tertentu seperti kelainan pada tulang, cacat mental, autis, dan sebagainya. Bukan hanya mengalami gangguan, anak berkebutuhan khusus juga mengalami gangguan perkembangan, kesulitan akademis, keterampilan keseharian, dan kemandirian.

Baca juga : Terapi Okupasi untuk Penyakit Pompe

Penyakit yang Membutuhkan Layanan Terapi Okupasi

Terapi okupasi ini dapat dilakukan pada anak-anak yang mengidap kondisi tertentu, seperti :

  • Cerebral palsy, kelainan yang memengaruhi otot, saraf, gerakan, dan kemampuan motorik seseorang untuk bergerak secara terkoordinasi dan terarah.
  • Down Sindrom, yaitu kondisi genetik yang menyebabkan gangguan belajar dan ciri fisik tertentu.
  • Autisme, kelainan neurologis dan perkembangan yang dimulai pada masa kanak-kanak dan bertahan seumur hidup. Autisme dapat memengaruhi interaksi pengidap dengan orang lain serta cara pasien berkomunikasi dan belajar.
  • Dyspraxia, yaitu gangguan kemampuan motorik berupa gangguan koordinasi otak otot anggota gerak untuk melakukan kegiatan seperti berlari, melompat, atau menggunting.
  • Gangguan perkembangan yang membuat anak kesulitan memproses informasi dan berkomunikasi dengan orang lain.
  • Spina bifida, cacat lahir yang memengaruhi perkembangan tulang belakang dan sistem saraf.

Manfaat Terapi Okupasi

Terapi okupasi lebih mengarah pada pengobatan alami dengan pendekatan batin dan bukan menggunakan obat-obatan kimia. Salah satu manfaat umun dari terapi okupasi ialah mengembalikan fungsi fisik, meningkatkan ruang gerak sendi, kekuatan otot, dan koordinasi gerakan. Hal ini dikarenakan seorang pasien akan dilatih untuk mandiri dengan latihan-latihan yang terarah.

Manfaat lain dari terapi okupasi ialah untuk menciptakan hubungan yang lebih baik dan memuaskan pasien dengan pemberian motivasi-motivasi sebagai dorongan emosional. Bagi anak-anak yang mengalami keterlambatan perkembangan, terapi okupasi bermanfaat untuk mengajarkan aktivitas sehari-hari seperti makan, berpakainan, bermain dan berinteraksi dengan orang lain, mandi, dan sebagainya. 

Baca juga : Atasi Anak Kecanduan Gadget dengan Terapi Okupasi

Gambaran Layanan Terapi Okupasi

Jenis terapi okupasi yang diberikan akan disesuaikan dengan usia, pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, dan kebutuhan pengidap. Layanan terapi okupasi biasanya mencakup tiga hal berikut ini :

Evaluasi Bersifat Individu

Pada evaluasi individual, pengidap, keluarga pengidap, dan dokter akan bersama-sama menentukan apa yang ingin dicapai melalui terapi ini. Dokter juga akan menentukan diagnosis penyakit yang menyebabkan pengidap membutuhkan terapi okupasi.

Perencanaan Intervensi

Kemudian akan ditentukan jenis terapi dan latihan yang sesuai kebutuhan pengidap. Fokus terapi dan latihan yang diberikan adalah untuk memampukan pengidap kembali beraktivitas secara mandiri, misalnya mencuci, memasak, dan berpakaian tanpa bantuan orang lain.

Evaluasi Hasil

Evaluasi dilakukan untuk memastikan bahwa hasil terapi okupasi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan pada awal terapi. Evaluasi ini juga dibutuhkan untuk membuat rencana tindakan lain jika diperlukan, supaya hasil terapi dapat menjadi lebih baik.

Jika Anda membutuhkan layanan terapi okupasi, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...