5 Tanda Anda Membutuhkan Terapi Okupasi

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan sehingga tidak mampu melakukan hal-hal penting dengan sendirinya, bisa mempertimbangkan terapi okupasi sebagai jalur pengobatan. Melalui terapi ini, Anda akan dibuat lebih mandiri dalam menjalani keseharian.

Sebelum diputuskan mendapatkan terapi okupasi, dokter akan mengidentifikasi dahulu sejauh mana kesulitan pasien dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Jika berbicara mengenai kegiatan sehari-hari seperti halnya berpakaian atau pergi berbelanja, maka terapi ini bisa dijadikan jalan keluar yang tepat. Pada dasarnya, terapi okupasi ini dilakukan untuk memberikan solusi praktis untuk kesulitan-kesulitan lain yang mungkin akan dialami.

Baca juga : Fisioterapi: Penting bagi Lansia, Baik Juga untuk Kita

Seperti Apa Layanan Terapi Okupasi?

Terapi okupasi digunakan sebagai bagian dari program pengobatan untuk orang-orang yang mengidap suatu penyakit, seperti keterlambatan perkembangan sejak lahir, masalah psikologis, atau cedera jangka panjang. Tujuan utama terapi okupasi adalah untuk membantu meningkatkan kualitas hidup Anda dalam memaksimalkan kemandirian. Hal ini membantu Anda mendapatkan harapan positif dan tujuan hidup.

Terapis okupasi membantu pasien dari semua kalangan umur, dari anak hingga lansia. Pada pasien anak, perhatian lebih diberikan untuk perkembangan kemampuan konsentrasi dan bersosialisasi.

Pemberlakuan terapi okupasi akan diterapkan sesuai dengan kebutuhan orang itu sendiri. Hal ini memang bertujuan agar seseorang merasa lebih baik dalam menjalani kehidupannya sendiri. Adapun jenis layanan terapi okupasi ini biasanya mencakup ketiga hal di bawah ini :

Evaluasi yang bersifat individual

Layanan evaluasi individual merupakan pemberlakuan terapi okupasi yang mana pasien, keluarga pasien, dan dokter spesialis akan bersama-sama menentukan apa yang hendak dicapai melalui terapi okupasi.

Bantuan dokter

Layanan terapi okupasi yang kedua biasanya berupa campur tangan dari dokter (intervensi) yang disusun khusus untuk pasien dengan tujuan meningkatkan kemampuan seseorang. Peningkatan kemampuan ini diperlukan guna memperlancar kegiatan pasien di dalam kesehariannya.

Evaluasi hasil

Evaluasi hasil dilakukan untuk memastikan bahwa tujuan terapi okupasi yang dijalani telah sesuai dengan tujuan. Evaluasi ini juga dibutuhkan guna membuat rencana apa saja yang bisa dilakukan agar tujuan atau hasil terapi okupasi bisa menjadi lebih baik.

Baca juga : Anak Alami Autisme, Terapi Okupasi di Rumah Solusinya

Panggil Terapi Okupasi Jika Anda Alami 4 Hal Ini

Penerapan terapi okupasi sebaiknya harus melalui pertimbangan secara matang. Setidaknya, lakukanlah evaluasi menyeluruh yang valid bersama dokter sebelum Anda menjalani terapi ini. Berikut 5 hal yang menjadi tanda dibutuhkannya terapi okupasi :

  1. Jika Anda sedang menjalani pemulihan dan kembali bekerja setelah mengalami cedera yang berhubungan dengan pekerjaan.
  2. Orang yang menderita gangguan mental dan fisik sejak lahir. Mereka yang secara tiba-tiba menderita kondisi kesehatan serius, seperti stroke, serangan jantung, cedera otak, atau amputasi.
  3. Orang-orang yang menderita penyakit kronis, seperti arthritis, multiple sclerosis, atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
  4. Orang dengan masalah kesehatan mental atau masalah perilaku, seperti penyakit Alzheimer, stres pasca trauma, penyalahgunaan obat-obatan, atau gangguan makan.
  5. Orang yang mengalami ketidakmampuan belajar atau mengalami perkembangan yang tidak normal.

Pesan Terapi Okupasi ke Rumah

Terapi okupasi saat ini banyak tersedia dan mudah dijangkau. Jika terapi ini merupakan bagian dari rencana pengobatan untuk kondisi kesehatan Anda, dokter Anda akan mengarahkan Anda ke seorang ahli terapi okupasi. Jika Anda baru menjalani operasi, ahli terapi okupasi dapat Anda cari di jasa layanan home care MyNurz yang bisa datang ke rumah sakit atau ke rumah Anda sesuai kebutuhan.

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai masalah kesehatan silahkan menghubungi kami melalui telp  (021) 2205 7505 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Anda dapat menanyakan beragam program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Anda merasa nyaman saat tetap berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...