Kembalikan Kualitas Hidup dengan Terapi Fisik untuk Pasien Pasca Stroke

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Terapi fisik untuk pasien pasca stroke merupakan bagian dari perawatan penyakit yang penting didapatkan dengan tujuan memulihkan fungsi gerak tubuh. Latihan yang dilakukan dalam terapi fisik bisa membantu pasien menjalani rutinitas sehari-hari secara mandiri, dan membantu menjaga fungsi otak yang masih dapat dipertahankan.

Stroke merupakan kondisi serius yang terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah atau aliran darah ke bagian otak terhalang oleh pembekuan darah. Orang yang pernah terserang stroke sering kali mengalami penurunan fungsi otak, yang bisa berupa gangguan dalam berbicara, mengingat, bergerak, dan lain sebagainya. Mengembalikan kemampuan tubuh pada pasien pasca stroke merupakan proses panjang yang membutuhkan kesabaran, kerja keras, dan komitmen.

Baca juga : Pahami Perbedaan Terapi Fisik dengan Tukang Pijat untuk Penanganan Cedera Saat Olahraga

Kapan Terapi Fisik Pasca Stroke Dilakukan?

Waktu yang dirasa tepat untuk segera memulai terapi fisik untuk pasien pasca stroke adalah 24-48 jam setelah serangan, yang terpenting yaitu kondisi pasien sudah stabil. Dalam periode tersebut, penyedia layanan kesehatan akan membantu pasien pasca stroke agar bisa bergerak dari tempat tidur. Fungsi dari terapi fisik adalah memperkuat anggota gerak tubuh pasien, sehingga membantu pasien pasca stroke untuk mampu merawat diri sendiri dan kembali melakukan aktivitas secara mandiri. Namun, terapi fisik untuk pasca stroke sebaiknya dimulai sesuai dengan anjuran dokter dengan mempertimbangkan kondisi pasien.

Terapi fisik untuk pasien pasca stroke tidak dapat menyembuhkan kerusakan yang disebabkan oleh stroke. Untungnya, otak manusia mampu beradaptasi dengan cepat dan baik. Seiring berjalannya waktu, bagian otak yang berbeda dapat mengambil alih peran bagian otak lain. Sel-sel otak tertentu pun dapat pulih dari kerusakan sementara.

Terapi fisik berperan penting dalam menjaga kondisi pasien pasca stroke agar tetap baik dan membantu mencegah disabilitas lebih lanjut. Kerusakan otak akibat stroke bisa menyebar dan menjadi masalah jangka panjang. Agar kualitas hidup pasien pasca stroke dapat meningkat, maka diperlukan terapi fisik.

Stroke bisa menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan atau berkurangnya kemampuan fungsi tubuh. Meski ada yang bisa pulih sepenuhnya dalam waktu singkat, tapi umumnya pasien pasca stroke membutuhkan dukungan medis dan psikologis dalam jangka waktu yang cukup panjang untuk mengembalikan fungsi tubuhnya agar bisa lebih mandiri.

Baca juga : Ini 4 Fungsi Terapi Fisik yang Wajib Anda Ketahui

Pilih Terapi Fisik yang Tepat

Terapi fisik untuk pasien pasca stroke dengan tujuan agar dapat mengembalikan kualitas hidup para pasien. Serangan stroke bisa memperlemah otot-otot pada tubuh penderitanya. Hal ini membuat tubuh dan sendi susah bergerak. Efeknya koordinasi dan gerakan tubuh jadi berkurang sekaligus susah melakukan aktivitas fisik seperti berjalan dan berdiri.

Terapi fisik membantu memperkuat otot tubuh dan melatih pasien pasca stroke untuk bisa kembali beraktivitas setelah mengalami kerusakan otak. Terapi fisik atau fisioterapi adalah terapi yang dilakukan oleh dokter spesialis fisioterapi dan terapis, yang terlebih dahulu akan mengevaluasi masalah fisik pasien. Jika masalah fisik yang diderita terlalu parah, maka bisa dibantu dengan alat untuk mendukung pemulihan dari gangguan pergerakan tubuh pasien.

Jika Anda membutuhkan layanan terapi fisik, segera konsultasikan melalui telp (021) 2205 7505 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...