Terapi Okupasi Khusus untuk Lansia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Terapi Okupasi Khusus untuk Lansia

Terapi okupasi untuk lansia adalah mode perawatan yang dirancang untuk membantu individu menjalani kehidupan yang lebih produktif dan mandiri. Bentuk terapi berfokus pada meningkatkan keterampilan hidup yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Penyedia layanan kesehatan home care menyediakan jasa terapi okupasi untuk membantu pasien melakukan aktivitas selama di rumah seperti menyapu, merawat tanaman, memasak, dan menari.

Apa yang dilakukan terapis okupasi?

Sebagian besar lansia yang mendapatkan bantuan terapi okupasi memiliki penyakit demensia atau menderita cedera. Terapis okupasi memberikan pelatihan pada pasien secara keseluruhan seperti melatih tubuh dari gangguan kognitif, keterlambatan dalam perkembangan, mengontrol sistem motorik, kehilangan memori ingatan dan masalah emosi. Terapi okupasi membantu lansia dalam  melakukan kegiatan dasar kehidupan sehari-hari, seperti mandi, berpakaian, memasak, membersihkan, berjalan, dll. Mereka juga membantu lansia belajar bagaimana menyesuaikan diri dengan tantangan yang akan dihadapi karena cacat sementara atau permanen selama di rumah.

Baca juga : Atasi Anak Kecanduan Gadget dengan Terapi Okupasi

Terapis okupasi juga mengevaluasi kebutuhan perawatan jangka panjang dan berusaha untuk mengidentifikasi setiap faktor mengenai rumah atau individu yang dapat menghambat rutinitas normal mereka.

Manfaat Terapi Okupasi untuk Lansia

Banyak manfaat lansia saat menjalani terapi okupasi sebagai berikut :

Menghadapi tantangan

Terapi okupasi membantu lansia menghadapi dan mengatasi hambatan apapun yang mungkin mereka hadapi secara rutin saat mencoba untuk melakukan tugas sehari-hari. Apakah itu berjalan atau menyikat gigi, terapis okupasi membantu lansia mengimbangi tantangan sehingga mereka dapat hidup normal.

Mengontrol emosi

Banyak lansia mengalami depresi dan mulai merasakan kehilangan harapan ketika mereka memiliki keterbatasan secara fisik dalam menjalakan aktivitas sehari-hari. Saat menjalani terapi, lansia diberikan pelatihan secara emosional yang positif untuk fokus pada motivasi melakukan aktivitas.

Pencegahan terjatuh

Jatuh sering dialami oleh lansia dikarenakan masalah keseimbangan atau faktor lingkungan yang kurang memadai. Terapis okupasi dapat membantu memecahkan masalah dan memberikan solusi untuk membantu individu menghindari jatuh saat di rumah.

Mengurangi tingkat kehilangan memori

Terapi okupasi adalah kunci selama tahap awal hilangnya memori. Terapis menilai kemampuan kognitif pasien dan membantu mengatasi perubahan perilaku atau kepribadian mereka melalui modifikasi perilaku.

Terapis okupasi membantu pasien yang mengalami demensia dengan mengukur kekuatan dan kelemahan mereka, kemudian mengidentifikasi area kinerja yang perlu dilatih. Seorang terapis dapat mengajari pasien demensia untuk menggunakan daftar dan petunjuk lain untuk membantu mengembalikan ingatan.

Baca juga : Tak Perlu Antri, Terapi Okupasi Lebih Nyaman Dilakukan di Rumah

Pertimbangan dalam Mencari Jasa Terapi Okupasi

Terapis okupasi memiliki peran penting dalam membantu keluarga untuk mengatasi serta memahami kebutuhan lansia melalui penilaian dan solusi yang dapat diterapkan. Mereka dapat membantu meringankan kekhawatiran keluarga dalam proses perkembangan lansia. Dengan menjalankan terapi, keluarga dan pengasuh dapat membuat rencana yang memungkinkan lansia untuk mencapai tujuan kesehatan, keselamatan dan kebahagiaan.

Jika Anda membutuhkan jasa terapi okupasi, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...