Tak Perlu Antri, Terapi Okupasi Lebih Nyaman Dilakukan di Rumah

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Terapi Okupasi merupakan bentuk layanan jasa home care untuk pasien yang mengalami gangguan fisik atau mental dengan menggunakan latihan yang dapat meningkatkan kemandirian pasien pada area aktivitas kehidupan sehari-hari. Tujuan utama dari terapi okupasi adalah memungkinkan pasien untuk berperan serta dalam aktivitas keseharian. Seperti untuk anak berkebutuhan khusus yang pada umumnya memiliki kemampuan motorik halus yang perlu dilatih agar dapat mengerjakan berbagai aktifitas dengan mandiri seperti makan, minum, memakai dan melepas pakaian, memegang pensil, dan lain-lain.

Baca juga : 5 Tanda Anda Membutuhkan Terapi Okupasi

Pasien Terapi Okupasi

Terapi okupasi sangat dibutuhkan untuk anak berkebutuhan khusus. Diperlukan perhatian khusus dan energi ekstra untuk mempelajari keterampilan dasar dalam perawatan diri seperti makan, mandi dan sebagainya serta keterampilan akademik seperti membaca dan menulis. Melakukan aktivitas menulis memerlukan keterampilan yang komplek diantaranya integrasi visual motorik yang membutuhkan koordinasi mata dan tangan, kognitif perseptual, perencanaan gerak, kekuatan otot, hubungan ruang dan jarak, dan masih banyak komponen lain yang diperlukan di dalamnya. Di sini peran terapi okupasi yaitu mempersiapkan dan melatih anak agar siap melakukan berbagai kegiatan sehari-harinya dengan mandiri.

Untuk orang dewasa maupun lansia, yang biasa ditangani terapi okupasi diantaranya kondisi neurology dan ortopedi dengan penyakit stroke, bahu beku, cidera kepala, kondisi luka bakar, osteoarthritis, remathoid arthritis, fraktur / patah tulang, amputasi, dan sebagainya. Dengan menjalani terapi okupasi, dapat membantu proses penyembuhan pasien agar mandiri dan tidak bergantung pada orang lain dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.

Baca juga : Anak Alami Autisme, Terapi Okupasi di Rumah Solusinya

Terapi Okupasi di Rumah

Pada pasien anak-anak, terapi okupasi khusus di rumah bisa memudahkan untuk mengembalikan fungsi fisik, meningkatkan ruang gerak sendi, kekuatan otot dan koordinasi gerakan. Misalkan dengan kegiatan menggunting, menyobek, meronce, pasang puzzle, menempel, menjepit kertas, meremas, mengenal halus dan kasar dan kegiatan lain sebagainya. Selain itu juga terapi okupasi mengajarkan aktivitas kehidupan sehari-hari seperti makan, berpakaian, belajar menggunakan telepon, mandi yang bersih, dan lain-lain.

Sedangkan untuk pasien dewasa bahkan lansia, terapi okupasi bertujuan untuk meningkatkan toleransi kerja, memelihara dan meningkatkan kemampuan yang masih ada. Berikan perhatian dengan membantu pasien untuk menerima kenyataan dan menggunakan waktu selama masa rawat dengan sebaik-baiknya.

Materi yang didapatkan setiap anak atau orang dewasa serta lansia berbeda-beda sesuai kemampuan dan kebutuhan yang dilihat dari hasil asesmen pada awal terapi atau hasil rujukan dokter.

Jika Anda ingin mencari jasa terapi okupasi, silahkan konsultasikan kebutuhan Anda melalui telp  (021) 2205 7505 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Anda dapat menanyakan beragam program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...