Terapi Wicara di Rumah Khusus untuk Anak Anda

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Terapi Wicara di Rumah Khusus untuk Anak Anda

Terapi wicara memberikan terapi pada penderita gangguan perilaku komunikasi, yaitu kelainan kemampuan bahasa, bicara, suara, irama/kelancaran, sehingga penderita mampu berinteraksi dengan lingkungan secara wajar. Keterlambatan dalam berbicara biasa dialami oleh anak-anak.

Anak terlambat berbicara bisa disebabkan karena berbagai faktor termasuk faktor keturunan, faktor kelainan pada anggota atau organ tubuh, serta faktor lingkungan. Jika Anda menjumpai gejala-gejala keterlambatan bicara pada anak, segera konsultasikan pada dokter spesialis anak. Bila perlu, dokter akan merujuk anak Anda untuk menjalani terapi wicara agar dapat diberi perawatan yang sesuai.

Baca juga : Begini Cara Memilih Terapi Wicara yang Tepat Untuk Pasca Stroke

Kegiatan Terapi Wicara di Rumah

Orang tua dapat membantu perawatan gangguan bicara anak dengan cara melakukan beberapa kegiatan terapi wicara di rumah. Beberapa kegiatan terapi wicara yang dapat dilakukan sebagai berikut :

Batasi penggunaan televisi atau perangkat elektronik lainnya seperti gadget

Penelitian yang dilakukan JAMA Pediatrics menunjukkan bahwa anak-anak yang sering menonton televisi lebih berpotensi mengalami keterlambatan dalam berbicara. Aktivitas menonton televisi mengurangi stimulan untuk melakukan komunikasi secara dua arah. Suara yang dihasilkan oleh televisi juga dapat menyebabkan anak kurang fokus menyimpan informasi.

Ajari anak bahasa tubuh atau bahasa isyarat sederhana

Anak-anak yang tidak dapat menyampaikan informasi secara penuh bisa merasa frustrasi. Hal tersebut terkadang mengarahkan anak untuk mengungkapkan emosi berlebihan (tantrum). Bahasa isyarat dapat membantu anak berkomunikasi dengan orang lain. Pertama-tama, ajarkan bahasa isyarat dengan kata-kata termudah dan paling sering digunakan.

Tempelkan magnet dan beberapa gambar makanan atau benda kesayangan anak di pintu kulkas

Hal ini dapat membantu anak saat meminta tolong untuk mengambilkan benda-benda tersebut dengan cara mengambil magnet di kulkas.

Terapi Wicara di Rumah Khusus untuk Anak Anda

 

Bermain bersama anak minilam selama 40 menit

Bawalah ke luar ruangan seperti taman bermain atau lapangan agar dia dapat mengekspresikan diri dan mempelajari hal-hal baru. Bila perlu, gunakan kartu flash bayi (flashcards baby) sebagai alat bantu belajar kosakata baru.

Berikan sedotan saat anak minum

Menggunakan sedotan untuk meminum bukan hanya air putih melainkan juga susu, jus, dan milkshake. Sedotan dapat membantu memperkuat otot mulut dan mempermudah anak berbicara.

Gunakan sedotan dengan berbagai macam bentuk terutama sedotan melingkar atau berombak. Sedotan jenis ini dapat melatih otot mulut lebih kuat. Sedotan bentuk tersebut juga diketahui lebih baik daripada sedotan biasanya.

Baca juga : Lebih Efisien dengan Promo Terapi 16, Dapatkan 2 Sesi Gratis Terapi Sesuai Kebutuhan Anda

Latih anak meniup

Latih anak untuk meniup dengan cara menaruh bola kapas di atas meja dan memintanya meniup bola kapas dengan sedotan sejauh mungkin. Latihan meniup dapat memperkuat otot mulut sehingga mempermudah anak bicara.

Taruh benda di luar jangkauan tetapi masih dapat dia lihat

Lakukan menaruh benda dengan sengaja yang jauh dari anak agar mereka berusaha meminta tolong kepada Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengajarkan bahasa isyarat meminta tolong sambil mengucapkan kata “tolong” ketika memintanya.

Berikan pujian!

Ucapan pujian sangat berpengaruh pada keberhasilan anak dengan kebutuhan khusus. Mereka akan merasa harga diri mereka meningkat sehingga akan berusaha lebih lagi untuk belajar.

Jika Anda membutuhkan terapi wicara untuk anak, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...