Tips Ajak Anak Mudik Agar Tidak Rewel

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Tips Ajak Anak Mudik Agar Tidak Rewel

Mudik lebaran, saat mendengar kata ini langsung terbayang beragam keseruan yang akan dilakukan di kampung halaman bersama keluarga. Sudah mempersiapkan apa saja jelang mudik lebaran? Tentunya cukup banyak yang harus dipersiapkan, apalagi bila Anda memilih mengendarai mobil untuk berangkat mudik. Salah satu hal yang paling penting, adalah mengatur strategi agar si Kecil tidak rewel di mobil selama di perjalanan. Tenang saja, berikut tips agar Anda dapat dengan tenang dan menikmati momen mudik bersama si Kecil, salah satunya dengan pendampingan perawat profesional.

Istirahat Cukup

Lakukan apapun yang bisa membuat kondisi fisik dan stamina keluarga optimal. Mulai dari tidur dengan cukup hingga menyempatkan pijat refleksi jika badan terasa pegal-pegal. Karena, sama halnya seperti bepergian dengan bus atau kereta api, mengendarai mobil membutuhkan waktu yang lebih lama daripada naik pesawat. Dan perilaku anak-anak selama di perjalanan tidak dapat diprediksi. Ada anak yang nyaman tidur lama selama perjalanan. Ada pula anak yang rewel karena merasa momen tidurnya tidak senyaman di rumah. Oleh karena itu, sehari sebelum jadwal mudik, tambahkanlah waktu tidur si Kecil, agar tubuhnya terasa segar dan suasana hatinya pun baik.

Baca juga : Dengan Travel Nurse, Perawat Bisa Mengatur Menu Makan Saat Mudik Lebaran

Persiapkan Makanan Kesukaan si Kecil

Risiko rewel selalu rentan terjadi bila si Kecil merasa lapar. Menyajikan bekal dan camilan favorit bisa membuat suasana hatinya lebih nyaman di perjalanan. Atur tas atau kotak amunisi bekal si Kecil di tempat yang mudah terjangkau namun tidak menghabiskan banyak tempat, sehingga kebutuhan si Kecil pun gampang terpenuhi. Tidak kalah penting, bawalah camilan sehat. Jangan bebaskan si Kecil untuk makan terlalu banyak makanan manis, asin, dan dingin. Makanan-makanan tersebut bisa menstimulasi anak-anak menjadi terlalu aktif.

Persiapkan Mainan Seru

Agar terhindar dari bosan, siapkan beragam permainan untuk si Kecil. Anda bisa mengajaknya bermain tebak-tebakan, mulai dari tebak-tebakan suara hewan, angka, hingga bermain ABC lima dasar. Bila si Kecil sedang malas diajak berpikir, coba alihkan rasa bosannya dengan membuat origami, bernyanyi bersama, atau membaca buku dongeng kesukaan. Sisipkan candaan lucu yang bisa membuat seluruh keluarga tertawa. Penuhilah keinginan si Kecil bila ia ingin menonton dvd kartun edukatif atau memainkan games favoritnya. Namun jangan lupa, buatlah batasan waktu bagi si Kecil. Ajak si Kecil untuk menikmati pemandangan selama di perjalanan. Jangan sampai perjalanan mudik dihabiskan seluruhnya hanya dengan menonton film dan bermain gadget.

Baca juga : Menjaga Kesehatan Untuk Persiapan Mudik Lebaran

Perawat Khusus Dampingi Anak

Khusus untuk balita yang berusia kurang dari setahun, sebaiknya didampingi oleh perawat profesional selama perjalanan mudik. Karena pada rentang usia ini, si Kecil akan lebih merasa senang apabila diperhatikan dengan tepat. Bawalah bantal, guling, atau selimut favorit si Kecil.  Ia pun lebih mudah tidur dan risiko tantrum pun berkurang karena merasa dekat dengan barang-barang yang biasa ia pakai. Bila si Kecil telah berusia di atas 5 tahun dan sudah bisa bersikap aman juga nyaman selama di jalan, Anda bisa mengawasinya dari kursi depan. Sesekali pindahlah ke kursi tengah bila ia membutuhkan Anda.

Tips Ajak Anak Mudik Agar Tidak Rewel

Siapkan Kotak P3K

Bawalah obat-obatan secukupnya untuk persiapan jika si Kecil mengalami mabuk perjalanan. Sediakan plastik atau kantung kertas untuk muntah. Tempatkan kantung ini di tempat-tempat yang mudah dijangkau. Contohnya di samping pintu atau di kantong belakang kursi kemudi.

Buat Dokumentasi Perjalanan

Ajak si Kecil berfoto selfie atau rekamlah momen-momen lucu di perjalanan. Jangan ragu berhenti di destinasi unik yang jarang ditemui untuk mendokumentasikannya sambil beristirahat bersama si Kecil. Seluruh foto dan video ini bisa menjadi sesuatu yang pasti layak dikenang.

Mudik bisa menjadi agenda keluarga yang seru dan berkesan. Tidak hanya dapat mempererat ikatan keluarga, melainkan juga dapat mengajarkan pada si Kecil pentingnya menjaga silahturahim di momen Idul Fitri.

Jika Anda membutuhkan layanan perawat pendamping saat lebaran atau jasa inval, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail