Tips Dari Perawat Lansia : Cara Memasak Daging Bebas Kolesterol

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Tips Dari Perawat Lansia : Cara Memasak Daging Bebas Kolesterol

Perawat lansia memberikan tips untuk mengolah daging agar terhindar dari kolesterol tinggi. Momen lebaran bisa jadi salah satu momen favorit Anda karena kebanyakan makanan lebaran berbahan utama daging. Sebenarnya mengonsumsi daging bagus untuk kesehatan, namun Anda juga harus perhatikan kandungan lemak yang terdapat pada masakan berbahan utama daging, terutama daging merah karena mengandung banyak lemak jenuh yang merupakan sumber utama kolesterol.

Lemak jenuh yang terkandung dalam daging merah bisa meningkatkan jumlah kolesterol jahat atau LDL yang bisa membawa Anda pada risiko penyakit jantung dan stroke. The American Heart Association  merekomendasikan bahwa jika Anda ingin menurunkan jumlah LDL maka jumlah lemak jenuh yang masuk ke tubuh tidak lebih dari 5-6% kalori. Artinya, jika kebutuhan kalori harian Anda 2000, maka tidak lebih dari 120 kalori didapatkan dari lemak jenuh atau sekitar 13 gram lemak jenuh sehari.

Baca juga : Hipertensi Memicu Penyakit Jantung, Panggil Perawat Lansia untuk Dampingi Orang Tua

Perawat Lansia : Kurangi Jumlah Lemak Jenuh

Sesekali Anda boleh memanjakan lidah dengan mengonsumsi daging, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, terutama dalam memasak daging, untuk mengurangi jumlah lemak jenuh yang Anda konsumsi:

  1. Jaga porsi yang akan Anda masak. Jika Anda memasak untuk diri sendiri, batasi konsumsi daging Anda maksimal 3 ons.
  2. Pilih potongan yang mengandung paling sedikit lemak. Daging sapi tanpa lemak biasanya ada di bagian ‘round’, ‘sirloin’, dan ‘loin.’
  3. Belilah daging yang berkualitas ‘choice’ atau ‘select’ daripada yang berkualitas ‘prime’. Pilih yang rendah lemak atau benar-benar tanpa lemak.
  4. Buang semua lemak yang terlihat dari daging sebelum dimasak dan buang semua lemak yang mencair setelah dimasak.
  5. Pilih metode memasak dengan memanggang daging tersebut.
  6. Gunakan rak untuk menyaring minyak yang keluar dari daging saat memanggang.
  7. Daripada memoles lagi dagingnya dengan tetesan minyak yang keluar dari daging, lebih baik Anda gunakan sari buah, kaldu rendah sodium, atau bumbu berbahan dasar minyak sayur (rendah kalori) untuk melembapkan daging.
  8. Rebus daging dengan panci dengan kaldu atau air agar lemaknya menyatu dan terbawa dengan cairan dan agar daging lebih empuk. Masak daging sehari setelah daging direbus, buang lemak-lemak yang mengeras di atas.
  9. Jika di resep meminta Anda untuk memasak daging hingga kecokelatan terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan pemanggangan daripada memasaknya di atas wajan. Buang minyak-minyak yang keluar setelahnya.

Itu dia 9 cara memasak daging agar Anda bisa tetap menikmati kelezatannya tanpa khawatir kolesterol naik. Selamat mencoba! 🙂

Jika Anda membutuhkan perawat lansia untuk mengontrol kolesterol, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...