Tips Membawa Orang Tua Pergi Berlibur

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Orang Tua Pergi Berlibur

 

Apakah Anda berencana untuk pergi liburan atau pulang ke kampung halaman suami dengan mengajak orang tua untuk ikut serta? Pastinya akan menjadi libur lebaran yang menyenangkan bagi keluarga, namun dibutuhkan usaha ekstra untuk menjaga kesehatan orang tua Anda selama perjalanan mengingat umur mereka yang sudah memasuki masa lanjut usia.

Salah satu solusi agar perjalanan Anda berlangsung lancar dan tetap menyenangkan, Anda bisa menggunakan bantuan dari perawat yang menjaga orang tua Anda untuk menjamin kesehatan orang tua Anda selama liburan. Dengan mengajak orang tua pergi liburan atau pulang kampung saat lebaran pun bisa mengurangi kekhawatiran Anda yang harus meninggalkan mereka sendirian di rumah.

Bagaimana pun juga, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan mengajak kedua orang tua Anda ikut pergi keluar rumah. Hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya pemeriksaan kesehatan sebelum perjalanan, pengobatan reguler yang biasa dilakukan, dan kondisi tertentu yang membutuhkan perhatian khusus (memiliki riwayat penyakit jantung atau yang lainnya).

Pemeriksaan kesehatan sebelum perjalanan

Beberapa pemeriksaan kesehatan untuk lansia yang disarankan diantaranya:

  • Konsultasi dengan dokter mengenai pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan. Terutama jika orang tua Anda memiliki penyakit jantung koroner, hipertensi atau kondisi kronis lainnya, atau jika orang tua Anda baru saja menjalani operasi atau mengalami serangan jantung.
  • Jika orang tua Anda menderita diabetes, maka mereka akan membutuhkan nasihat medis dan biasanya akan diberikan obat-obatan khusus karena mereka sering mengalami sempoyongan.
  • Pertimbangkan untuk mendapatkan vaksin flu dan pneumonia sebelum berangkat.
  • Jika Anda hendak pergi ke daerah yang terdapat oenyakit menular, pastikan Anda dan keluarga mendapatkan vaksin seutuhnya.
  • Kunjungi dokter gigi Anda untuk pemeriksaan.
  • Konsultasikan dengan perawat orang tua Anda mengenai pengobatan atau perawatan rutin yang harus dijalani orang tua Anda.

Pengobatan reguler untuk lansia

Beberapa pengobatan reguler untuk lansia yang disarankan diantaranya:

  • Bawa obat yang cukup selama perjalanan, karena beberapa obat tidak bisa dibawa keluar negeri.
  • Sebaiknya Anda membawakan resep atau catatan dari dokter mengenai pengobatan yang dijalani orang tua untuk berjaga-jaga.
  • Jika Anda membeli obat-obatan di luar negeri, ingatlah bahwa dosisnya akan berbeda sesuai dengan brand obat-obatan yang ada di luar negei.
  • Jika pengobatan orang tua Anda menggunakan jarum suntik (seperti suntik insulin untuk penderita diabetes), bawa jarum suntik yang cukup untuk persediaan selama perjalanan.

Kondisi tertentu yang perlu diingat

Penyakit jantung koroner, obesitas, dan duduk dalam waktu yang lama bisa meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah di daerah kaki. Kondisi ini dikenal dengan Deep Vein Thrombosis (DVT). Para peneliti percaya bahwa perjalanan panjang bisa meningkatkan risiko DVT orang-orang yang rentan.

Beberapa hal yang disarankan untuk mencegah DVT pada lansia diantaranya:

  • Konsultasi dengan dokter sebelum melakukan perjalanan udara. Kemungkinan besar dokter akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi aspirin 150 mg saat hari penerbangan.
  • Gunakan baju yang longgar untuk semua perjalanan.
  • Jangan merokok
  • Hindari konsumsi alkohol dan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.
  • Jika memungkinkan, sesekali berhenti untuk meregangkan tubuh dan berjalan kaki.
  • Hindari duduk dengan menumpang kaki.
  • Saat duduk, usahakan untuk tetap menggerak-gerakan atau melakukan peregangan ringan untuk kaki.

Itulah tips yang bisa Anda aplikasikan saat mengajak orang tua ikut dalam perjalanan panjang. Yang perlu diingat adalah penting untuk menemui dokter untuk pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, apalagi jika orang tua Anda memiliki kondisi kesehatan kronik. Jika orang tua Anda butuh banyak obat-obatan, jangan lupa untuk selalu membawa surat keterangan dari dokter.

Kunjungi MyNurz.com atau hubungi 021-2205-7505 / 0811-8199-119 untuk menemukan perawat, fisioterapis, terapis okupasi, dan terapis wicara sesuai kebutuhan Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...