Tips Pendampingan Untuk Mencegah Lansia Terjatuh

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Tips Pendampingan Untuk Mencegah Lansia TerjatuhSebagai pendamping, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu mencegah orang tua Anda dari jatuh. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan pendamping lansia untuk membantu mencegah jatuh.

  1. Berhati-hati terhadap obat dan efek sampingnya

Menangani kondisi kesehatan seseorang yang Anda cintai dengan benar dan memastikan bahwa mereka mengkonsumsi obat tepat pada waktunya dapat memberikan kontribusi untuk pencegahan dari terjatuh. Perhatikan juga obat atau kombinasi obat-obatan yang menyebabkan efek samping seperti pusing atau mengantuk. Memberikan lebih dari 4 obat menimbulkan risiko terjatuh untuk orang tua. Jika orang yang Anda cintai mengambil lebih dari 4 obat, pastikan mereka mendapatkan seorang dokter yang bertugas untuk meninjau obat.

(Baca juga: Tips Memilih Vitamin Untuk Lansia)

  1. Menjalankan gaya hidup sehat dan aktif

Mendorong orang tua untuk mempertahankan diet seimbang dan tetap aktif, karena hal ini dapat membantu memperkuat otot dan mengurangi risiko terjatuh. Latihan lembut yang aman untuk lansia termasuk berjalan, latihan air dan tai chi, tetapi berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu untuk olahraga paling cocok untuk orang tua Anda. Melakukan pemeriksaan mata secara teratur untuk kondisi medis seperti glaukoma atau katarak juga memainkan bagian penting dalam pencegahan jatuh.

  1. Pastikan penggunaan alas kaki yang tepat

Mengenakan alas kaki yang tepat dapat menjauhkan dari terjatuh. Sandal Floppy dan sepatu dengan sol licin yang pasti tidak aman. Sebaliknya, senior disarankan untuk memakai sepatu dengan tali atau pengencang Velcro. Carilah anti slip, sol bertekstur, luas, tumit rendah dan dukungan pergelangan kaki yang baik untuk stabilitas.

  1. Modifikasi rumah

Mengatur ulang furnitur dan membuat jalur yang jelas untuk berjalan. Hindari membiarkan kabel telepon dan kabel lainnya berserakan di lantai. Jauhkan benda-benda dari lantai dan segera membersihkan tumpahan untuk menjaga lantai tetap kering. tikar anti slip di lantai kamar mandi untuk menghindari tergelincir pada permukaan yang basah. Jauhkan barang yang sering digunakan di tempat-tempat yang mudah dijangkau untuk menghindari menaiki bangku atau permukaan yang mudah goyah.

  1. Mendorong penggunaan alat bantu

Senior yang memiliki kesulitan berjalan dapat menggunakan alat bantu berjalan seperti tongkat atau walker untuk membantu dalam pengurangan kemungkinan terjatuh. Namun, menggunakan bantuan yang salah dapat meningkatkan cedera karena jatuh. Konsultasikan dengan fisioterapis untuk penggunaan alat bantuan yang tepat untuk digunakan.

  1. Kunjungan ke dokter & fisioterapis

Jika Anda merasa bahwa orang tua Anda rawan jatuh, jangan menunggu kecelakaan terjadi sebelum bertindak. Dapatkan bantuan yang Anda butuhkan dengan mengkonsultasikan hal ini dengan dokter yang tepat. Fisioterapi juga dapat membantu tidak hanya meningkatkan kualitas hidup bagi manula yang rawan terjatuh, tetapi juga membantu pendamping agar merasa nyaman saat merawat. Pasien dinilai berdasarkan berbagai faktor risiko terjatuh seperti keseimbangan, mobilitas, kekuatan otot, waktu reaksi dan kemampuan untuk menggunakan kaki bantu yang aman.

Kunjungi MyNurz.Com untuk menemukan Perawat Homecare (Perawat Orang Tua, Perawat Lansia, Perawat Orang Sakit), Fisioterapis, Terapis Wicara & Terapis Okupasi yang sesuai kebutuhan Anda. Atau hubungi customer service kami melalui, Tlp: (021) 2205 7505| Mobile: 0811 8199 119 | Email: support@mynurz.com.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...