Waspada, 5 Penyakit Telinga Ini Bisa Menyerang Lansia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Waspada, 5 Penyakit Telinga Ini Bisa Menyerang LansiaLansia memiliki resiko yang besar terhadap penyakit. Hal ini tidak bisa dianggap remeh karena penyakit telinga sudah menjadi masalah kesehatan ketiga terbanyak yang terjadi. Tidak menutup kemungkinan kita juga bisa mengalami hal yang sama jika kita tidak merawat kesehatan telinga kita.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang penyakit telinga tersebut, mari ketahui dulu penyebab umum penyakit telinga yang sering terjadi pada lansia. Secara umum penyakit telinga bisa disebabkan oleh infeksi seperti amandel, rahang atau sinus. Cairan telinga juga jadi penyebab penyakit telinga lainnya yang dapat mengganggu keseharian Anda. Selain infeksi, masalah kulit juga mempengaruhi kesehatan telinga Anda, seperti alergi perhiasan, kosmetik atau penutup telinga metakrilat.

Baca juga : Perawat Lansia, Jasa Untuk Merawat Khusus Orang Tua Anda

Ada 5 Penyakit Telinga yang Menyerang Lansia

Setelah mengetahui penyebab umum penyakit telinga, mari bahas satu per satu 5 jenis penyakit telinga beserta gejalanya.

Penyakit Meniere

Penyakit meniere adalah penyakit yang menyerang bagian telinga dalam yang mempengaruhi pendengaran dan keseimbangan Anda. Penyakit ini biasanya menyerang seseorang yang berusia 40-60 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan siapa pun bisa mengalaminya.

Penyakit Swimmer’s Ear

Penyakit swimmer’s ear atau otitis eksternal adalah penyakit yang terjadi pada telinga bagian luar. Biasanya, penyakit ini dialami orang yang sering berenang karena masuknya air ke dalam telinga menimbulkan pertumbuhan organisme jamur di dalam telinga. Orang yang terkena penyakit ini biasanya mengalami rasa gatal, telinga kemerahan, dan rasa berair pada telinga.

Tinnitus

Jika Anda sering merasakan berdengung pada telinga, artinya Anda mengalami kondisi tinnitus. Sebenarnya ini bukanlah sebuah peyakit, melainkan sebuah tanda bahwa adanya masalah pada telinga. Tinnitus akan hilang dengan sendirinya, tetapi jika hal tersebut berlangsung terus-menerus maka Anda harus segera memeriksakannya.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh jamur yang menyerang saluran telinga eksternal. Gejala yang muncul dari penyakit ini diantaranya peradangan, kulit bersisik, dan ketidaknyamanan di lubang telinga.

Baca juga : Hipertensi Memicu Penyakit Jantung, Panggil Perawat Lansia untuk Dampingi Orang Tua

Neuronitis Vestibularis

Neuronitis Vestibularis atau yang juga biasa disebut neuronitis merupakan peradangan telinga dalam yang disebabkan oleh infeksi virus. Seseorang yang terkena neuronitis biasanya mengalami kehilangan pendengaran, sakit telinga hingga mengalami vertigo, pusing ringan, dan di beberapa kasus juga disertai dengan muntah.

Penyakit telinga menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, bahkan sampai menurunkan kualitas gaya hidup Anda. Dengan mengetahui berbagai penyakit telinga ini, Anda dapat melakukan tindakan preventif yang sesuai dengan gejala yang Anda alami. Rawatlah telinga Anda dengan baik, karena telinga merupakan salah satu indera utama yang bisa menunjang kualitas hidup Anda.

Jika Anda membutuhkan perawat home care untuk lansia, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail